Inilah 3 Spot Melihat Indahnya Raja Ampat dari Ketinggian, Buruan Nabung dari Sekarang!

Helga Christina

Helga Christina

On Indonesia
Spot Jawa Dore di Raja Ampat Spot Jawa Dore di Raja Ampat

Berkunjung ke Raja Ampat di Papua, mungkin masih jadi sekedar mimpi bagi sebagian orang. Lingkungannya yang masih begitu alami dan indah membuat destinasi ini jadi salah satu dambaan banyak traveler. Namun jarak dan biaya perjalanan yang tak murah membuat kawasan ini jadi terkesan ekslusif.

Terlepas dari hal tersebut, liburan di Raja Ampat bukan hanya melulu soal
mengagumi keindahan bawah laut. Kawasan ini juga menyimpan luar biasa yang bisa dinikmati dari atas bukit. Penasaran? Berikut adalah daftar spot melihat indahnya Raja Ampat dari ketinggian.

Jawa Dore

Spot Jawa Dore (c) Helga Christina/Travelingyuk

Jawa dore merupakan destinasi anyar di Pulau Gam, Raja Ampat. Butuh perjuangan untuk mencapai tempat ini karena pengunjung harus mendaki tebing sehingga. Harus ekstra hati-hati agar tidak sampai terpeleset.

Berfoto di atas spot cantik (c) Paul Fakdawer/Travelingyuk

Terlepas dari medan yang cukup sulit, Jawa Dore sangat menarik karena
bentuknya menyerupai tangan. Sangat unik dan fotogenik, cocok buat Teman Traveler yang haus akan konten apik untuk dibagikan di media sosial. Dari atas spot berfoto ini, kalian juga bisa melihat pemandangan di sekitar Pulau Gam.

Telaga Bintang

Telaga Bintang (c) Helga Christina/Travelingyuk
Dermaga di dekat Telaga Bintang (c) Helga Christina/Travelingyuk

Telaga Bintang berada di sekitar deretan tebing tajam Raja Ampat. Warga sekitar sudah melakukan sedikit renovasi dengan dihadirkannya fasilitas tangga. Hal tersebut sangat membantu karena saat berkunjung ke sana, saya masih masih harus memanjat sendiri bebatuan karang yang cukup tajam.

Berfoto di sekitar Telaga Bintang (c) Helga Christina/Travelingyuk

Dari atas tebing Teman Traveler bisa melihat pemandangan indah berupa gugusan tebing membentuk formasi menyerupai bintang. Hal ini pula yang menginspirasi tempat ini dinamai Telaga Bintang.

Phianemo

Pemandangan di sekitar Phianemo (c) Helga Christina/Travelingyuk
Berfoto di gardu pandang sekitar Phianemo (c) Helga Christina/Travelingyuk

Phianemo bisa dibilang merupakan replika Wayag karena kedua wilayah tersebut memiliki gundukan pulau dengan bentuk mirip satu sama lain. Akses menuju pulau ini jauh lebih mudah dibanding dua spot sebelumnya. Sudah ada fasilitas tangga kayu hingga puncak. Teman Traveler juga akan menemukan orang-orang berjualan di kaki bukit, serta bilik-bilik toilet portable.

Pemandangan dari Phianemo sangatlah indah. Pantang dilewatkan jika sedang berkunjung ke Raja Ampat. Bagi Teman Traveler yang membawa orang tua, tidak usah khawatir. Permukaan tanah di bagian puncak sudah dialasin papan kayu agar pengunjung lebih gampang mendaki dan tidak mudah tergelincir.

Wayag

Panorama di sekitar Wayag (c) Paul Fakdawer/Travelingyuk

Wayag merupakan ikon Raja Ampat yang sangat terkenal. Sayangnya, akses menuju puncaknya masih cukup sulit. Pengunjung harus bersusah payah mendaki medan berat terlebih dahulu.

Namun semua rasa lelah dan perjuangan keras tersebut akan terbayarkan
dengan pemandangan luar biasa indah. Dibandingkan dengan Phianemo, gundukan pulau di Wayag jauh lebih banyak dan menjulang lebih tinggi.

Jika Teman Traveler berangkat dari Phianemo, bakal butuh perjalanan selama kurang lebih tiga jam sebelum sampai di tujuan. Sangat tidak dianjurkan pergi saat ombak kencang karena sangat berbahaya.

Selain pemandangannya, ada satu lagi yang membuat Wayag terasa begitu spesial. Pengunjung bisa mencoba merasakan sensasi berenang bersama kawanan hiu jinak di sekitar pantainya. Seru bukan, Teman Traveler?

Tips Melihat Indahnya Raja Ampat dari Ketinggian

Ada beberapa hal yang wajib Teman Traveler perhatikan sebelum menikmati indahnya Raja Ampat dari ketinggian. Pertama, sebaiknya kalian membawa sepatu cadangan. Akan sangat berguna dan lebih aman ketika melalui medan berat dan berbahaya.

Kedua, jangan membawa terlalu banyak barang bawaan ketika berangkat menuju puncak. Hal ini beresiko membuat Teman Traveler jadi semakin sulit menjaga keseimbangan kala berada di ketinggian.

Terakhir, sebaiknya hindari mengunjungi Raja Ampat saat musim hujan dan angin kencang. Dua hal tersebut akan membuat perjalanan mengarungi lautan jadi lebih berbahaya. Sebaiknya tentukan jadwal liburan saat cuaca sedang bersahabat.

Itulah sederet ulasan singkat mengenai tiga spot menarik untuk menikmati indahnya panorama Raja Ampat dari ketinggian. Bagaimana Teman Traveler, semakin ngiler untuk ingin segera mengunjungi permata indah di Papua ini?