Keindahan Wakatobi yang Jadi Surga Para Penyelam Dunia

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Sebagai salah satu dari 50 Taman Nasional yang ada di Indonesia, Wakatobi memiliki kekayaan bahari yang sangat memukau. Tak heran tempat yang memiliki titik terdalam yang mencapai 1.044 meter di bawah permukaan laut ini menjadi destinasi untuk para diver. Keragaman makhluk hidup di dalamnya mencapai 93 spesies ikan, baik untuk konsumsi maupun hias. Sudah tahu di mana saja spot diving paling indah di sini?

1. Pulau Tomia

Sekumpulan ikan di Pulau Tomia [image source]
Di sini kamu tak perlu takut tidak puas menjelajah alam bawah lautnya, karena terdapat dive center beserta guide yang akan menemani berwisata bahari. Hamparan terumbu karang di Pulau Tomia bisa mencapai 1,2 km dengan kondisi terumbu karang yang sehat dan terjaga baik juga aneka ragam ikan berwarna-warni.

Taman bawah laut Pulau Tomia [image source]

2. Pulau Hoga

Dinding koral di Pulau Hoga [image source]
Terletak di timur Pulau Kaledupa, di Pulau Hoga kamu dapat menyelam sambil melihat 750 spesies koral serta beragam jenis ikan. Tak hanya menyelam di bawah laut, duduk di tepi pantai dengan pasir lembut serta pepohonan kelapa yang rindang juga dapat menjadi kegiatan yang tepat di sore hari. Kamu juga bisa menemukan beberapa gazebo di tepian yang menjajakan kelapa muda segar.

3. Pulau Wangi-Wangi

Ragam ikan di Pulau Wangi-wangi [image source]
Sebagai pusat administrasi Wakatobi, Pulau Wangi-wangi juga memiliki alam bawah laut yang tak kalah indah. Sejumlah 35 persen dari spesies ikan di dunia dapat ditemukan di sini, begitu pun dengan ragam batu karang dan koral yang terhampar di bawah perairannya. Sombu Jetty adalah salah satu spot menyelam yang paling terkenal di sini.

Keindahan bawah laut Pulau Wangi-Wangi [image source]

4. Pulau Binongko

Dinding karang di Binongko [image source]
Alam bawah laut Binongko tergolong kaya dan murni, bagian barat pulau didominasi oleh karang-karang keras namun tetap memiliki keindahan. Sementara itu di bagian timur kamu akan jarang mendapati koral, sebagai gantinya kamu akan bertemu dengan banyak kura-kura yang berhabitat di sana. Karena airnya yang begitu jernih, bahkan keindahan bawah laut ini dapat kamu lihat dari atas permukaan laut.

Warna warni koral Pulau Binongko [image source]
Diving memang memerlukan lisensi tersendiri sebelum kamu dapat melakukan penyelaman. Namun, keindahan bawah laut di sini juga dapat kamu temukan walaupun tak menyelam terlalu dalam. Tertarik untuk kursus menyelam dan segera berangkat ke Wakatobi?