Karimun Jawa, Kepulauan dengan Beragam Spot Menyelam

Tak jauh dari Jepara, terdapat sebuah kepulauan yang menjadi destinasi wisata andalan di Jawa Tengah. Tempat ini memiliki berbagai pulau-pulau kecil yang bersih dan eksotis. Baik pesisir pantainya ataupun pemandangan bawah lautnya. Karena itu tak sedikit pelancong yang melakukan island-hopping di Karimun Jawa. Selain berjemur dan bermain air, Teman Traveler dapat menemukan beberapa spot menyelam di Karimun Jawa.

1. Menjangan Kecil

Wisatawan bersiap untuk menyela di Perairan Pulau Cemara via instagram/aydindap

Jernihnya air laut dan keelokan terumbu karang adalah daya tarik utama dari Pulau Menjangan Kecil. Perairannya jernih disertai dengan ikan dan beragam biota laut yang berenang bebas. Selain itu, tempat ini juga memiliki kawasan penangkaran hiu dan kamu dapat berenang di antara mereka. Karena hiu yang ada di sini masih tergolong jinak. Untuk mencapai pulau ini, Teman Traveler dapat menyeberang dari Pelabuhan Jepara dengan menggunakan Kapal Feri Muria.

2. Pulau Cemara Besar

Penyelam di Pulau Cemara Besar via instagram/flc.dy

Pulau Cemara besar juga dikenal dengan keindahan bawah lautnya yang indah. Titik snorkelingnya berada di sisi selatan pulau. Banyak terumbu karang yang tersebar di sini, begitu juga dengan anemon lautnya. Pasir putih dan pulau yang dipenuhi oleh pohon cemara juga menjadi salah satu daya tarik pulau ini. Pulau seluas 3,5 hektar ini memiliki endapan pasir yang sedikit menjorok ke tengah laut.

3. Pulau Kecil

Wisatawan yang sedang snorkeling via instagram/nabilardo.aldi

Pulau yang berada di bagian timur Karimun Jawa ini juga memiliki taman laut yang indah. Beragam ikan hias serta terumbu karang masih terlihat asri dan bersih. Kerennya lagi, kamu tak perlu jauh-jauh ke tengah laut untuk menikmati pemandangan ini. Dekat dari dermaga, kamu telah dapat melakukan kegiatan snorkeling dan menikmati taman bawah lautnya.

4. Pulau Tengah

Pesisir Pulau Tengah via instagram/hungrymaz

Mirip dengan Pulau Menjangan, tempat ini juga memiliki penangkaran hiu. Hanya saja, jumlahnya lebih sedikit dan yang hidup di Pulau Tengah adalah hiu berjenis black tip. Selain penangkaran hiu, taman bawah lautnya juga dapat menjadi spot snorkeling ataupun diving. Gugusan wall reef yang menjadi habitat berbagai macam biota laut adalah pemandangan bawah air yang dapat kamu temukan di tempat ini.

Dengan perairan yang jernih dan masih terawat, membuat Karimun Jawa memiliki kawasan air yang jernih. Selain itu melakukan island hopping dan menyelam juga dapat menjadi kegiatan yang tepat untuk dilakukan di Karimun Jawa.

Tags
Indonesia Jawa Tengah Jepara Karimun Jawa
Share