Spot Foto Gratis Palembang untuk Bikin Feed IG Semarak, Intip Yuk

Tri Vevandi

Tri Vevandi

On Indonesia
Jembatan Ampera saat malam Jembatan Ampera saat malam

Palembang miliki banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Mulai dari yang bertema alam, hingga religi dan budaya. Sebagai salah satu kota tertua di Indonesia, Kota Pempek juga miliki sejumlah wisata sejarah. Berkunjung ke sini, Teman Traveler akan temukan banyak spot foto gratis Palembang menarik.

Paling tidak Teman Traveler harus menyempatkan datang ke enam tempat berbeda. Semuanya bisa diakses gratis dan pastinya bakal membuat feed Instagram kalian makin semarak. Yuk, kita intip beberapa rekomendasi spot foto gratis Palembang berikut ini.

Jembatan Ampera

Jembatan Ampera (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Jembatan Ampera merupakan salah satu bangunan ikonik di Palembang. Dibangun pada 1962, jembatan ini dengan lebar 22 meter dan panjang total 1117 meter ini melintas di atas Sungai Musi. Ampera termasuk jalur aktif dan ramai dilewati lalu lintas. Beragam acara hiburan biasanya digelar di seputaran tempat ini.

Kesibukan di Jembatan Ampera (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Dulunya Jembatan Ampera dirancang agar bagian tengahnya bisa diangkat, sehingga kapal-kapal besar dapat melintasi Sungai Musi. Sistem ini dirancang untuk bekerja dengan bandul pemberat di kedua menaranya.

Namun kini hal tersebut tak lagi dilakukan lantaran sudah tidak ada kapal besar melintasi Musi. Selain itu, butuh waktu sekitar 30 menit untuk mengangkat jembatan secara utuh sehingga dapat mengganggu aktivitas penggunanya.

Gemerlap Jembatan Ampera (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Jika Teman Traveler berkunjung ke Palembang, sempatkanlah melihat Jembatan Ampera saat malam hari. Pemandangan akan makin indah dengan gemerlap nyala lampunya. Bisa dibilang hampir mirip seperti di Venesia, Italia!

Tepian Sungai Musi

Anak-anak berenang di tepi Sungai Musi (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Satu lagi yang menarik perhatian di tepian Sungai Musi. Ada banyak anak kecil dan orang dewasa berenang disana. Mereka terlihat senang bisa bermain air, seolah tidak ada beban sama sekali. Pemandangan ini tentunya menarik untuk diabadikan lewat lensa kamera.

Perahu ‘Ketek’ di tepi Sungai Musi (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Jika tertarik menyusuri Sungai Musi, Teman Traveler bisa menumpang perahu ketek. Disebut demikian lantaran ketika mesinnya dinyalakan, akan keluar bunyi ‘tek-tek-tek’. Perahu ini bisa menampung hingga 20 orang dan bisa kalian tumpangi dengan tarif Rp25.000 per orang. Bagaimana, tertarik mencoba?

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I

Masjid Agung (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I juga dikenal warga sekitar sebagai Masjid Agung Palembang. Eksterior serta interiornya merupakan perpaduan dari tiga kebudayaan, yakni Indonesia, Tiongkok dan Eropa. Hal ini nampak di tiap sudut masjid, mulai dari pintu, atap, hingga menaranya.

Interior Masjid Agung (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Di bagian dalam masjid, nampak jelas sentuhan arsitektur Tiongkok dengan struktur menyerupai klenteng. Sementara gaya Eropa terlihat di bagian pintu utama masjid. Untuk gaya ala Indonesia, bisa Teman Traveler lihat dari bentuk menara masjid. Indah bukan? Jangan lupa sempatkan mengunjungi masjid ini ya Teman Traveler!

Kampung Arab Al Munawar

Desain bangunan di Kampung Arab Al Munawar (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Di tepian Sungai Musi, Teman Traveler bisa menemukan sebuah kampung wisata lho. Kampung Arab Al Munawar, demikian sebutannya. Nama tersebut diberikan lantaran seluruh warganya merupakan keturunan Ahmad Al Munawar, seorang kapten Arab dari masa pemerintahan Belanda. Beliau tercatat wafat pada 1970 silam.

Di kampung ini terdapat deretan rumah tua dari kayu. Usia bangunannya beragam, bahkan ada yang mencapai 300 tahun. Beberapa di antaranya sudah ditetapkan sebagai cagar budaya, sehingga terus dirawat agar tetap bersih dan kokoh. Nuansa tradisonal terasa sangat kental di tiap sudut Kampung Arab Al Munawar.

Berfoto di Kampung Arab Al Munawar (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Bangunan tua di kampung ini memang punya desain menarik minat. Tak heran ada banyak wisatawan berkunjung untuk sekedar berfoto di sini. Pemandangan semacamm ini memang jarang ditemukan di tempat lain. Bisa banget jadi alternatif untuk bikin feed Instagram Teman Traveler makin kekinian.

Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera)

Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Seperti yang saya bilang di awal, Palembang memang sarat akan wisata sejarah. Salah satunya adalah Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera). Bentuknya menyerupai bunga melati bermahkota lima, melambangkan kesucian hati para pejuang. Bangunannya simetris dan terlihat makin kokoh dengan adanya prasasti gading gajah dan lambang garuda.

Itulah beberapa rekomendasi spot foto gratis Palembang dari saya Teman Traveler. Jadi kalau kalian liburan ke Kota Pempek, jangan lupa sempatkan datang ke sana. Dijamin bakal dapat banyak foto keren!