Spot Foto Alun-Alun Bandung, Puasin Hobi Narsismu

Berfoto seolah sudah jadi rutinitas wajib ketika mengunjungi suatu tempat wisata. Bahkan tak jarang ada destinasi yang khusus menyediakan beberapa spot menarik. Hal tersebut lantas diikuti pemerintah Kota Bandung, yang sengaja hadirkan sejumlah spot foto Alun-alun Bandung.

spot foto alun-alun bandung
Alun-alun Bandung (c) Listya Prabawa/Travelingyuk

Semuanya bisa diakses gratis oleh pengunjung. Jika belum puas, Teman Traveler juga bisa manfaatkan deretan bangunan keren di sepanjang Jalan
Asia Afrika sebagai spot foto Alun-alun Bandung nan Instagramable. Yuk, kita simak ulasannya satu-persatu.

Lapangan Rumput Depan Masjid Raya

spot foto alun-alun bandung
Lapangan rumput sintetis depan masjid (c) Listya Prabawa/Travelingyuk

Pertama masuk ke kawasan alun-alun, Teman Traveler bakal disambut hamparan rumput sintetis luas. Area ini kerap jadi favorit pengunjung kala berkunjung ke sini. Anak-anak bakal nampak bermain dan berlarian, sementara yang dewasa lebih memilih duduk-duduk sambil mengobrol dan
berfoto. Paduan rumput berwarna hijau segar dan megahnya Masjid Raya Bandung memang bisa jadi latar cocok untuk berpose.

Tulisan Bandung

spot foto alun-alun bandung
Tulisan Bandung dekat lapangan rumput (c) Listya Prabawa/Travelingyuk

Di sisi timur lapangan rumput, terdapat satu ruangan yang konon bakal dijadikan perpustakaan. Bagian depannya ditutupi tiang-tiang kecil yang lumayan tinggi. Jika Teman Traveler melihat dari kejauhan dengan sudut tepat, cat putih pada tiang-tiang tersebut akan membentuk tulisan ‘BANDUNG’. Spot ini kerap dimanfaatkan para pengunjung untuk berfoto.

Tulisan di Bawah Jembatan Penyebrangan

jembatan_AoD.jpg
Jembatan penyebrangan di Jalan Asia Afrika (c) Listya Prabawa/Travelingyuk

Di sisi timur, tak jauh dari alun-alun, ada sebuah jembatan penyebrangan besar. Di kedua dindingnya tercantum kalimat kutipan dari dua tokoh terkenal.

Pertama datang dari Pidi Baiq, yang berbunyi, “Dan Bandung bagiku bukan cuma masalah geografis, lebih dari itu melibatkan perasaan yang bersamaku ketika sunyi.” Sementara tepat di seberangnya, ada kutipan M.A.W Brouwer yang berbunyi, “Bumi Pasundan lahir ketika Tuhan sedang tersenyum”.

Kedua kutipan tersebut benar-benar menggambarkan suasana Bandung. Pesonanya memang kerap bikin orang rindu. Siapapun yang pernah mampir pasti bakal rindu ingin kembali lagi.

Tugu Asia Afrika

monumen_BDP.jpg
Tugu Asia Afrika (c) Listya Prabawa/Travelingyuk

Nama jalan di alun-alun Bandung diberi nama Asia Afrika bukan tanpa alasan. Daerah ini merupakan merupakan tempat diselenggarakannya Konferensi Asia Afrika pertama pada 1955 silam. Tak heran jika di dekat sini Teman Traveler bisa temukan Tugu Asia Afrika yang berbentuk bola dunia besar. Di bawahnya tercantum nama negara-negara yang dulu hadir sebagai peserta konferensi.

Palestine Walk

spot foto alun-alun bandung
Palestine Walk (c) Listya Prabawa/Travelingyuk

Palestine Walk merupakan jalan di sisi timur alun-alun Bandung. Kawasan ini tercipta sebagai bentuk solidaritas Bandung terhadap Palestina, yang hingga kini terus berjuang meraih kedamaian. Diresmikan pada 2018 silam, tempat ini juga bisa jadi spot foto Bandung bagus buat Teman Traveler.

Photo booth di Timur Alun-Alun

spot foto alun-alun bandung
Photo Booth dekat alun-alun (c) Listya Prabawa/Travelingyuk

Teman travel juga bisa berpose di photo booth yang ada di seberang Palestine Walk dan sisi timur jembatan penyebrangan. Spot ini tercipta berkat kerja sama pemerintah Bandung dengan perusahaan swasta. Jadi jangan heran jika latarnya kadang berganti dalam kurun waktu tertentu.

Depan Bangunan Tua

gedung_merdeka_5Y1.jpg
Tiang bendera di samping Gedung Merdeka (c) Listya Prabawa/Travelingyuk

Teman Traveler ingin berfoto OOTD dengan latar klasik? Di sepanjang Asia Afrika terdapat banyak bangunan tua yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Deretan gedung putih dengan arsitektur lawas di sini bakal bikin foto kalian nampak makin elegan.

Tugu Nol Km Bandung

spot foto alun-alun bandung
Tugu Nol Kilometer Bandung (c) Listya Prabawa/Travelingyuk

Pergi ke arah timur lagi, Teman Traveler akan temukan Tugu Nol Kilometer Bandung. Inilah titik yang menjadi pusat kota. Selain tugu, di sini kalian juga bisa melihat patung empat tokoh penting, yakni Ir. Soekarno, Mas Soetardjo Kartohadikusumo, H.W. Daendels, dan R.A Wiranatakusumah II.

Itulah beberapa spot foto Alun-alun Bandung yang bisa Teman Traveler kunjungi. Jangan lupa pakai outfit terbaik agar hasil foto kalian makin kece. Jika sedang mampir ke wisata Bandung, jangan lupa menyambangi semuanya ya.

Tags
Bandung Indonesia Jawa Barat kontributor spot foto alun-alun bandung Travelingyuk wisata bandung
Share