5 Spot Diving di Lombok yang Masih Tersembunyi

Melisa

Melisa

On Indonesia
Spot Diving di Lombok Spot Diving di Lombok

Bagi pecinta wisata bahari dan olahraga air seperti snorkeling dan menyelam, Lombok memang destinasi liburan yang sempurna. Daerah ini memiliki banyak pulau-pulau kecil yang semuanya indah. Nah, ini dia rekomendasi dari Travelingyuk, 5 spot diving cantik dan yang paling penting masih sepi. Serasa sedang berada di pulau pribadi. Di mana saja, sih?

Gili Kondo

Gili kondo
Gili kondo [image source]
Nama Gili Trawangan sudah tak asing lagi bagi traveler yang punya hobi berenang di laut lepas. Namun yang satu ini sepi dan bisa dibilang masih perawan. Yaitu Gili Kondo yang berlokasi di Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat dan berdampingan dengan Gili Bindara. Ditambah lagi, akses menuju spot ini tidak susah. Kamu bisa menuju Sambelia, lalu menyanyakan lokasi Gili Kondo pada warga setempat. Perjalanan daratmu pun akan berkesan dengan pemandangan hutan asri hingga Gunung Rinjani.

Diving di Lombok
Diving di Lombok [image source]

Gili Petelu

Gili Petelu
Gili Petelu [image source]
Berkunjung ke Lombok, pastikan untuk mampir ke Gili Patelu. Kata ‘telu’ artinya tiga dalam bahasa Jawa. Yap, karena di gili ini ada 3 pulau-pulau kecil. Untuk sampai di sini, kamu cukup menyeberang dari Mataram dengan menyewa kapal dengan tarif Rp450 ribu dan dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam. Karang di bawah perairan Gili Patelu sangat indah dan mempunyai kontur yang berbukit-bukit, juga ikan-ikan kecil cantik sangat menakjubkan saat dilihat dari dekat. Lokasi Gili Patelu berada di¬†Jerowaru, Lombok Timur dan bersebelahan dengan Pantai Pink yang terkenal itu.

Diving di Gili Petelu
Diving di Gili Petelu [image source]

Gili Bidara

Gili Bidara
Gili Bidara [image source]
Kecil-kecil tapi cabe rawit, istilah ini bisa diterapkan pada Gili Bidara yang tak terlalu luas namun memiliki keindahan luar biasa. Lokasinya berada di satu kawasan dengan Gili Kondo dan juga Gili Petagan, jika ada waktu pastikan juga mampir ke kedua spot tersebut. Kamu hanya butuh waktu 40 menit untuk berkeliling pulau. Setelah lelah snorkeling atau menyelam, kamu akan disambut dengan gagahnya Gunung Rinjani sebagai panorama saat kamu kembali muncul ke permukaan. Super keren!

Bawah laut Gili Bidara
Bawah laut Gili Bidara [image source]

Gili Asahan

Gili Asahan
Gili Asahan [image source]
Pecinta tantangan wajib berkunjung dan mencoba menyelam di Gili Asahan. Arus di gili ini terkenal deras, maka butuh perjuangan untuk bisa sampai ke dasar untuk menikmati keindahan bawah lautnya. Gili Asahan sendiri memiliki beberapa spot favorit, di antaranya Secret Garden, Sanking Point, dan Belongan. Dengan arus yang keras, ada baiknya kamu menyelam didampingi guide yang lebih kenal dengan medan setempat. Di kawasan ini tak susah menemukan akomodasi, hotel dan resort pun sudah menyediakan ala untuk snorkeling dan diving, lho.

Ilustrasi diving di Gili Asahan
Ilustrasi diving di Gili Asahan [image source]

Meno Wall

Gili Meno
Gili Meno [image source]
Jika kamu lebih suka keheningan, maka Gili Meno adalah lokasi yang cocok. Pulau ini jarang dikunjungi, dan pamornya kalah dengan para tetangganya seperti Gili Trawangan dan Gili Air. Namun, keindahannya tak perlu dipertanyakan lagi. Ditambah lagi, kealamian dari tempat ini masih sangat terjaga. Pulau ini hanya dihuni oleh sedikit warga lokal, kamu bahkan tidak akan menemukan kendaraan bermotor. Diving di sini sangat seru, akan ada penyu-penyu yang menemanimu di bawah sana.

Diving di Gili Meno
Diving di Gili Meno [image source]
Nah, itu tadi 5 spot menyelam paling keren dan masih sepi di Lombok. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner legendaris yang ada di pulau ini. Segera ajak sahabat dan rencanakan perjalananmu dari sekarang. Bagaimana, sudah tak sabar untuk nyebur, kan?