Soto Madura Tapak Siring, Kamu Wajib Coba

Advertisement
Advertisement

Surabaya tidak hanya dikenal sebagai Kota Pahlawan. Ibukota dari Jawa Timur ini juga populer dengan berbagai makanan yang enak dan mengenyangkan. Bahkan, beberapa di antaranya sudah puluhan tahun ada dan masih dicintai. Sebut saja Sate Klopo Ondomohen Ibu Asih, Nasi Krawu Mbak Su hingga Lontong Kupang Artomoro. Selain itu, ada satu lagi kuliner Surabaya yang juga cukup legendaris. Penasaran kan?

Soto Madura Legendaris Se-Surabaya

Soto Tapak Siring Surabaya
Soto Tapak Siring Surabaya [image source]
Kuliner legendaris yang cukup digemari ole penduduk setempat bahkan wisatawan luar kota ini adalah Soto Tapak Siring. Menu makanan yang lezat dan menggoda, dijual di sebuah depot sederhana yang terletak di sekitar Universitas Airlangga. Uniknya, pemilik kedai tidak menggunakan kompor untuk memasak makanannya, tapi mengandalkan kayu bakar yang asapnya mengepul di depan warung. Pun terlihat sederhana, jumlah pengunjung yang datang cukup banyak. Kamu pun harus antri panjang untuk dapat menikmati sajian kuliner berkuah bening ini.

Soto Daging Sapi
Soto Daging Sapi [image source]

Soto Sapi dengan Dagingnya yang Empuk

Daging Sapi Empuk di Surabaya
Daging Sapi Empuk di Surabaya [image source]
Biasanya, soto terdiri dari suwiran ayam dan mie bihun yang disiram dengan kuah kaldu yang sedap. Namun, menu di Depot Tapak Siring menggunakan daging sapi sebagai isinya. Dengan taburan bawang goreng, seledri dan perasan jeruk nipis, sajian tersebut makin nikmat dan nendang di lidah. Sebenarnya, kuah soto yang berada di panci besar hanya berupa kaldu dan aneka bumbu tanpa garam. Baru ketika pembeli memesan, taburan perasa akan langsung dicampur dengan kuah serta daging empuk di dalam mangkuk. Wah, mantap kan?

Kuah Gurih Soto Tapak Siring
Kuah Gurih Soto Tapak Siring [image source]

Pelengkap Soto Tapak Siring yang Bikin Lidah Makin Bergoyang

Kuliner Legendaris Surabaya
Kuliner Legendaris Surabaya [image source]
Selain daging empuk dan kuah gurihnya, Soto Tapak Siring ditambah dengan satu buah telur matang. Beberapa orang yang berkunjung juga biasa meminta porsi yang dicampur dengan jeroan. Sementara nasi dibungkus terpisah menggunakan daun pisang agar lebih harum. Dengan begitu, rasa lezat dari kuliner berkuah ini makin terasa dan pastinya menggoyang lidah.

Racikan Soto Tapak Siring
Racikan Soto Tapak Siring [image source]

Liburan Seru Di Sekitar Depot Soto Tapak Siring

Objek Wisata di Kenjeran Park
Objek Wisata di Kenjeran Park [image source]
Seporsi Soto Tapak Siring sendiri dipatok dengan harga Rp26.000,- belum termasuk nasi. Setelah kenyang kamu bisa melanjutkan perjalanan untuk liburan. Nah, sekadar rekomendasi, lebih baik berkunjung ke Kenjeran Park yang terbilang dekat dari Depot Tapak Siring. Jaraknya sendiri hanya 6 km atau bisa ditempuh selama 19 menit dari Jl. Dharmahusada. Tenang, objek wisata Surabaya ini makin lengkap loh. Selain keindahan pantai, ada beberapa spot asik untuk foto mulai dari replika Temple of Heaven (Tian Tan) di Tiongkok hingga Waterpark Kenjeran. Nah, menyenangkan bukan?

Atlantis Land
Atlantis Land [image source]

Akomodasi Dekat Soto Tapak Siring

Soto Daging Madura
Soto Daging Madura [image source]
Berburu kuliner di Depot Soto Tapak Siring tidak hanya bisa dilakukan saat berangkat liburan, kamu juga dapat mampir sepulang dari jalan-jalan. Ya, kedainya buka sejak jam 07.00 hingga jam 21.00 WIB. Nah, jika kamu dari luar kota, ada baiknya untuk bermalam di hotel terdekat. Salah satunya Hotel Maxone Dharmahusada yang bisa di tempuh dengan jalan kaki dari depot soto dalam waktu 7 menit saja. Nah, untuk biaya sewanya mulai dari Rp300.000,- per malam.

Maxone Hotel Surabaya
Maxone Hotel Surabaya [image source]
Nama : Depot Soto Tapak Siring
Alamat: Jalan Dharmahusada No.14 Gubeng, Mojo, Surabaya, Kota SBY, Jawa Timur
Telepon: (031) 5966993
Jam buka : 07.00–21.00
Harga : Mulai dari Rp26.000,- per porsi

Wah, liburan ke Surabaya pasti tidak puas jika belum menyantap nikmatnya Soto Madura Tapak Siring. Apalagi untuk kamu yang tingga di Kota Pahlawan. Sudah pernah coba belum?

Advertisement
Tags
kuliner kuliner surabaya wisata surabaya
Share