Soto Legendaris di Jogja, Kelezatan Turun Temurun dengan Resep yang Terjaga

Jogja memang menyuguhkan beragam hal yang membuat para traveler betah. Harga-harga yang bisa dibilang murah meriah, destinasi wisata yang jumlahnya sangat wah, menjadi sebagian kecil alasan Jogja sampai detik ini masih istimewa di hati. Selain itu, Jogja juga memiliki ragam kuliner yang enaknya benar-benar bisa bikin tergila-gila. Salah satu yang bisa dicoba adalah soto legendaris di Jogja.

Meskipun memiliki julukan sebagai Kota Gudeg, Jogja juga menyuguhkan banyak kuliner lain yang rasanya tak kalah mak nyus. Berikut ini Travelingyuk bakal memberikan 5 list soto legendaris di Jogja yang bisa dicoba.

Soto Kadipiro, 1921

Soto Kadipiro, Via Instagram kulineran_yk
Soto Kadipiro, Via Instagram kulineran_yk

Soto yang sudah sangat populer dan terkenal kelezatannya sejak tahun 1921 yang lalu adalah Soto Kadipiro. Lokasinya berada di Jl. Wates No. 33, Jogjakarta. Tempatnya masih berada di tengah kota, jadi kamu tak akan susah mencarinya.

Lauk Soto Kadipiro, Via Instagram micronmaniac
Lauk Soto Kadipiro, Via Instagram micronmaniac

Soto di sini tidak jauh beda dengan yang lainnya. Dalam seporsi soto biasanya akan ada ayam kampung suwir, tahu, tempe bace, perkedel, dan juga sate. Citarasanya gurih dan memiliki kuah segar yang begitu khas.

Soto Pak Sholeh Al Barokah, 1952

Soto Pak Sholeh, Via instagram sotopaksholehyk
Soto Pak Sholeh, Via instagram sotopaksholehyk

Tidak kalah legendaris dari yang sebelumnya ada Soto Pak Sholeh Al-Barokah. Kekondangan soto satu ini sudah mulai sejak tahun 1952. Soto di sini memiliki citarasa yang sangat khas lantaran tidak menggunakan gas untuk memasak. Mereka masih memanfaatkan arang yang memberikan rasa sedap tersendiri pada semangkuk soto. Soto Pak Sholeh ini bertempat di Jl. Wiratama No. 84, Telagrejo, Jogjakarta. Sekitar 1,6 km dari Malioboro.

Soto Pak Marto, 1960

Soto Pak Marto, Via Instagram surabayafoodies
Soto Pak Marto, Via Instagram surabayafoodies

Soto Pak Marto atau juga disebut sebagai Soto Pak Marto Taman Sari juga masuk dalam jajaran yang legendaris. Lokasinya hampir tidak pernah sepi dari para pengunjung. Para pemburu kuliner soto di Jogja pastinya sudah sangat familiar dengan tempat satu ini. Bagaimana tidak familiar, tempat kuliner Jogja satu ini sudah ada sejak tahun 1960 yang lalu.

Salah satu yang cukup difavoritkan para pengunjung yang datang adalah babat sapi yang diberi bumbu manis. Soto Pak Marto ini berada di Jl. Mayor Jenderal S. Parman No. 44, Jogjakarta. Sekitar 200 meter bagian barat lampu merah Plengkung Taman Sari.

Soto Sulung Stasiun Tugu, 1968

Soto Sulung Stasiun Tugu, Via Instagram nyonyokecil
Soto Sulung Stasiun Tugu, Via Instagram nyonyokecil

Soto Sulung Stasiun Tugu sudah didirkan oleh (alm) Bapak Marjuddin sejak tahun 1968 yang lalu. Tempat ini menyuguhkan soto khas Madura yang sangat nikmat. Racikan bumbu yang pas dan tekstur daging yang empuk tak pelak membuat Soto Sulung Stasiun selalu diserbu pembeli. Soto ini sudah memiliki beberapa cabang. Tapi yang cukup terkenal berada di parkiran selatan dari Stasiun Tugu, Jogja.

Soto Pak Gimin, 1992

Soto Pak Gimin, Via Instagram steakaddict
Soto Pak Gimin, Via Instagram steakaddict

Sedikit melipir ke Bantul, ada kuliner soto legendaris yang bisa dicoba, namanya adalah Soto Pak Gimin. Lokasi tepatnya berada di Jl. Bantul Km 7,5. Awalnya pada tahun 1992, mereka menjual di daerah Kaliputih hingga 2003 lalu pindah ke daerah tersebut. Warungya memang cukup sedehana, tapi rasa soto yang disajikan benar-benar menyihir pengunjung yang datang. Terbukti, banyak pelanggan dari berbagai daerah setia untuk berkunjung ke Soto Pak Gimin jika sedang berada di Jogja, khusunya Bantul.

Soto memang bisa menjadi alternatif lain yang bisa kamu cicipi jika bosan dengan gudeg ataupun juga pecel jika sedang jalan-jalan di Jogja. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat buatmu ya.

Tags
Indonesia Jogja soto legendari di Jogja
Share