Kuliner Dekat Tugu Jogja yang Wajib Dicoba

febri rama

febri rama

On Indonesia
Kuliner Jogja Kuliner Jogja

Tugu Jogja adalah bangunan bersejarah yang menjadi saksi perjalanan Kota Gudeg dari masa ke masa. Lebih dari itu, monumen ini juga menjadi spot foto yang akan membuat liburanmu semakin lengkap. Puas mengaguminya, kamu bisa sekalian kulineran. Ada beberapa pilihan tempat makan untuk kamu coba. Lokasinya dekat Tugu dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

1. Soto Sampah

Soto Sampah
Soto Sampah Instagram/@prabandhini

Lokasinya berada di Jalan Kranggan atau 200 meter dari Tugu Jogja. Disebut Soto Sampah karena menunya memang unik. Dimasak dengan bumbu-bumbu penyedap seperti daun jeruk dan salam, makanan ini disajikan dengan porsinya besar namun dijual dengan harga murah. Itulah mengapa menu ini adalah favorit para mahasiswa dana anak muda lainnya.

Soto Sampah
Soto Sampah Via Instagram/@beritalaper_id

2. Gudeg Mercon Mbak Yuni

Gudeg Mbak Yuni
Gudeg Mbak Yuni Via Isnaeni Budiono

Dengan berjalan sejauh 550 meter dari Tugu Jogja ke arah Jalan Pangeran Diponegoro, kamu bisa menikmati gudeg mercon olahan Warung Mbak Yuni. Hidangan di sini terkenal dengan rasanya yang pas, cocok untuk orang yang tidak suka dengan makanan terlalu manis. Bagi penyuka makanan pedas, gudeg mercon Mbak Yuni adalah pilihan yang tepat.

Gudeg Mbak Yuni
Gudeg Mbak Yuni Via Willyanto Wardhana

3. Mi Lethek Mbah Mendes

Mie Lethek Pak Mendes
Mie Lethek Pak Mendes Via Instagram/@sulistio13

Mie Lethek Mbah Mendes cukup terkenal di Jogja dan hadir dengan berbagai menu nikmat. Beberapa di antaranya adalah mi lethek godog, mi lethek goreng, plencing godog, hingga plencing goreng. Tentu saja yang jadi andalan adalah mie letheknya. Semua menu dibuat dengan cara yang sehat tanpa menggunakan penyedap rasa atau MSG. Letak tempat ini ada di Jalan Margo Utomo No.22 atau sekitar 500 meter dari Tugu Jogja.

Mie Lethek Pak Mendes
Mie Lethek Pak Mendes Via Instagram/@mustfree

4. Soto Ayam Lenthok Pak Gareng

Soto Pak Gareng
Soto Pak Gareng Via Instagram/@novaryani

Soto Ayam Pak Gareng memiliki kuah bening dengan rasa nikmat dan segar. Apalagi dengan tambahan lenthoknya, yaitu makanan yang terbuat dari ketela. Karena buka dari pagi buta, kamu bisa menjadikan soto ini sebagai pilihan menu sarapan. Kamu tinggal pergi ke Tugu Jogja dan setelah itu ke Jalan Mangkubumi. Tepatnya 170 meter dari Mi Lethek Mbah Mendes.

Soto Pak Gareng
Soto Pak Gareng Via Instagram/@soto_ayam_pak_gareng

Itulah beberapa kuliner Jogja yang bisa kamu temukan di sekitar tugu yang membentuk garus lurus dengan Jalan Malioboro, keraton, Gunung Merapi, hingga Pantai Parangtritis ini. Rasanya tentu nikmat dan wajib kamu coba.