Soto Kudus di Jogja, Tak Perlu Jauh-jauh untuk Cicipi Kuliner Khas Kota Kretek

Advertisement

Indonesia memiliki beragam soto dari berbagai tempat di Tanah Air. Salah satunya adalah Soto Kudus. Ciri khas kuliner ini adalah penambahan bawang putih goreng sebagai taburannya. Ditambah lagi dengan penyajiannya yang menggunakan mangkok kecil untuk satu porsi soto. Tidak hanya ditemukan di Kudus, kuliner ini juga ada di kota lain. Inilah rekomendasi soto Kudus di Jogja.

Soto Kudus Kang Miun

Soto Kudus Kang Miun, via Instagram/foodjogja
Soto Kudus Kang Miun, via Instagram/foodjogja

Soto Kudus Kang Miun merupakan salah satu yang paling kondang jika berbicara kuliner dari Kota Kretek ini. Keberadaanya di Jogja sudah sejak tahun 1990-an. Lokasinya sangat strategis, berada di Pasar Wangi, atau di Jl. C. Simanjuntak, Kios Pasar Terban, Jogja.

Bukanya mulai dari jam 17:00 hingga 23:00 WIB. Tambahan lauknya cukup beragam, tapi salah satu yang paling banyak dipilih adalah sate kerangnya. Satu porsi soto dipatok Rp10.000-an.

Soto Kudus Pak Oent

Soto Kudus Pak Oent, via Instagram/sotokuduspakoent
Soto Kudus Pak Oent, via Instagram/sotokuduspakoent

Soto Kudus di Jogja lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Soto Kudus Pak Oent. Tempat ini baru saja buka pada tanggal 5 Desember 2018 yang lalu. Siap melayani setiap hari, mulai jam 07:00 hingga habis.

Di sini juga menyuguhkan beragam sate sebagai lauk tambahannya, ada sate paru, sate kerang, sate usus, dan lain sebagainya. Berada di Cebongan, Jogja, soto Kudus di Jogja ini dibanderol Rp8.000 saja.

Soto Kudus Gajah Mada

Soto Kudus Gajah Mada, via Instagram/indonesiafoodtraveller
Soto Kudus Gajah Mada, via Instagram/indonesiafoodtraveller

Ada tempat lainnya yang kondang bernama Soto Kudus Gajah Mada. Tempat makan di Jogja ini terkenal memiliki cabang yang menggurita. Salah satu berada di Jl Kaliurang KM.9, Jogja. Bukanya mulai dari jam 09:00 hingga 22:00 WIB.

Dalam satu porsi soto kudus akan ada nasi, taoge, suwiran daging ayam, bumbu pelengkap dan tak lupa bawang putih goreng. Harganya di bawah Rp10.000. Murah meriah bukan?

Soto Kudus Pak Dewo

Soto Kudus Pak Dewo, via Instagram/gembulfoodie
Soto Kudus Pak Dewo, via Instagram/gembulfoodie

Pilihan enak lainnya adalah Soto Kudus Pak Dewo. Kuahnya sedikit kental dengan ada minyak-minyaknya. Paling spesial adalah soto kudus ayam. Ditambah dengan kecap makin istimewa saja. Ada menu soto daging dan rawon juga ya.

Soto Kudus Pak Dewo ini berada di Jl. C. Simanjuntak, Jogja, tepat di seberang MAN 1 Jogja. Bukanya mulai dari jam 07:00 hingga 17:00. Murah meriah, soto kudusnya mulai dari Rp12.000-Rp14.000.

Jika sedang menginginkan soto Kudus di Jogja, sempatkan mampir di salah satu lokasi yang sudah disebutkan di atas ya. Cocok banget untuk menu makan siangmu setelah keliling kota. Setuju, kan?

Advertisement
Tags
Indonesia Jogja kuliner Jogja kuliner kudus soto kudus di jogja
Share