Soto Kudus di Jakarta yang Pas Jadi Menu Buka Puasa, Bikin Rela Habiskan Dua Porsi

Mirip dengan soto Lamongan, Soto Kudus juga berisi suwiran ayam dan taoge. Perbedannya terkadang terdapat daging kerbau dan memiliki kuah yang lebih bening. Bagi Teman Traveler yang ingin mencicipinya nggak perlu jauh-jauh ke Jawa Tengah karena pilihan soto kudus di Jakarta berikut nggak kalah enak, lho. Apa saja? Yuk intip!

Soto Kudus Blok M

Soto Kudus di Jakarta
Soto Kudus Blok M, via Instagram/missnomnomdotcom

Walau menjual soto kudus, cita rasa yang dihadirkan di tempat ini berbeda dari lainnya. Perpaduan antara kuah kaldu ayam yang segar serta tambahan bawang goreng menjadikannya terasa sangat gurih dan lezat. Pertama berdiri sejak tahun 1978, mulai dari rasa, resep, hingga kualitasnya masih dipertahankan.

Selain itu, Soto Kudus Blok M juga memiliki banyak variasi hidangan pelengkap mulai dari sate telur puyuh, sate usus ayam, tempe dan tahu bacem. Saat ini telah memiliki beberapa cabang dan salah satunya dapat Teman Traveler temui di Jl. Tebet Raya No.10 dengan harga mulai dari Rp25 ribuan per porsinya.

Soto Kudus Kencana

Soto Kudus Kencana
Soto Kudus Kencana, via Instagram/adventureequalme

Tempat makan satu ini juga dikenal menyajikan soto kudus dengan rasa paling mantap. Soto Kudus Kencana menghidangkan soto campur bersama dengan nasi dengan harga terjangkau yakni mulai dari Rp17 ribuan. Kuah gurih berwarna kuning keruh tersebut ditemani dengan bawang goreng renyah yang cukup banyak.

Di dalamnya pun juga terdapat tambahan berupa irisan bawang putih yang tidak digoreng. Bertempat di sebuah ruko sederhana, Temaan Traveler bisa menemukan tempat ini di Graha Kencana Jl. Perjuangan No.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat dan buka setiap hari mulai dari jam 08.30 hingga pukul 22.00 malam.

Soto Kudus Kembang Joyo

Soto Kudus Kembang Joyo
Soto Kudus Kembang Joyo, via Instagram/monthysudharmono

Berada di Jl. Sabang, Menteng, rumah makan ini siap melayani pelanggan setiap harinya mulai dari jam 09.00 hingga pukul 21.00 malam. Walau memiliki porsi yang terbilang cukup imut, namun jika berbicara soal rasa tak perlu ditanya.

Kelezatan kuah yang disantap bersama hidangan pelengkap memunculkan rasa yang gurih dan bikin nagih. Untuk harga juga bersahabat, satu porsi bisa didapat dengan mengeluarkan uang sebesar Rp17 ribuan.

Soto Kudus Garuda

Soto dengan ayam kampung
Soto Kudus Garuda, via Instagram/herlin.lay

Juga memiliki banyak cabang yang tersebar di Jakarta, salah satu yang menjadi ciri khas dari tempat ini yakni menyajikan soto kudus dengan menggunakan ayam kampung.

Tekstur daging yang empuk dan disantap bersamaan dengan kuah kuning yang gurih terasa begitu segar dan pas dijadikan sebagai menu buka puasa. Ia juga menyediakan hidangan pelengkap seperti ati ampela, otak goreng, paru goreng, perkedel, dan lain-lain. Alamatnya berada di Jl. KH Abdullah Syafei No.522 dan satu porsi dibanderol mulai dari Rp13 ribuan.

Nggak perlu bingung mau makan apa untuk buka puasa nanti. Langsung saja mampir ke sejumlah tempat yang menjual soto kudus di Jakarta tadi. Siap untuk mencicipinya?

Tags
Indonesia Jakarta kuliner Soto Kudus
Share