Dimanja Lezatnya Soto Gurit, Unik dengan Kuah Mirip Opor

Kembali lagi dengan hidangan soto Teman Traveler. Jika kalian sedang berada di Blitar, ada banyak soto enak yang rasanya bikin kangen. Salah satu yang pantang dilewatkan adalah Soto Gurit.

Sesuai namanya, Soto Gurit bisa ditemukan di Desa Gurit, Kecamatan Wlingi. Lokasinya sedikit jauh dari Blitar, kurang lebih 15 km jika berangkat dari pusat kota. Namun jangan khawatir, rasanya dijamin takkan bikin lidah kecewa.

Andalan Desa Gurit

Semangkuk soto menggugah selera (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Seperti disebutkan sebelumnya, Soto Gurit berada di Desa Gurit, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Resepnya sudah diwariskan turun-temurun dan kini dikelola anak terakhir sang pemilik. Kedai ini hanya buka sore hari, tepatnya antara pukul 16.30 hingga 21.00.

Meski tempatnya sedikit sulit dijangkau, kedai Soto Gurit sering jadi jujugan para penikmat soto. Tak sedikit di antara mereka yang menyempatkan datang dari Blitar, maupun mampir di tengah-tengah perjalanan menuju luar kota.

Berada di Utara Pasar

Gapura menuju warung soto (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Tidak sulit untuk menemukan warung soto tradisional ini. Jika Teman Traveler sudah berada di Kecamatan Wlingi, kalian bisa gunakan bantuan aplikasi Maps atau lurus ke utara dari Pasar Wlingi. Jika sudah menemukan gapura besar bertuliskan ‘GURIT’, itu tandanya kalian menuju arah yang tepat.

Warungnya sederhana, hanya menempati teras rumah (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Berikutnya Teman Traveler tinggal masuk gang dan lurus hingga menemukan rumah nomor 2 di ujung sebelah kanan. Kalian akan melihat sebuah tempat mungil dengan deretan meja dan kursi, plus tirai anyaman bambu sederhana. Jangan sampai terlewat karena tempat makan ini tak mencantumkan nama soto di depan bangunannya. 

Jika tak mau antre usahakan datang sebelum Maghrib (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Oh ya, lokasi parkir di sini cukup terbatas dan sempit Teman Traveler. Hanya cukup untuk kendaraan roda dua. Bagi kalian yang menumpang mobil, bisa memarkirnya di luar gapura, tak jauh dari warung soto.

Tampilannya Mirip Opor

Soto dengan dominan warna kuning (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Kuah Soto Gurit tampak lebih cerah, dengan santan kuning. Sekilas tampak seperti opor ayam. Namun saat dicicipi, tidak ada rasa opor sama sekali. Rasa khas soto justru langsung menyeruak. Saya sendiri sempat bingung untuk mendeskripsikannya.

Seporsinya dijamin nagih (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Rasanya seperti ada bumbu spesialnya. Membuat soto ini terasa berbeda dari soto lain yang pernah saya santap. Cita rasa santannya memang sedikit kuat dibanding soto lain. Namun akan terasa pas setelah Teman Traveler campur dengan sambal dan kecap.

Porsinya bisa dibilang ‘standar mangkok ayam jago’. Menurut saya potongan ayamnya cukup melimpah. Sekali mencoba dijamin bakal ketagihan deh.

Datang Lebih Awal Jika Tak Ingin Kehabisan

Sudah diwariskan ke menantu terakhir (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Info dari beberapa teman, Soto Guring sering tutup lebih awal karena
sajiannya kerap habis sebelum pukul 21.00. Pastikan Teman Traveler datang sebelum pukul 20.00 jika tak ingin gigit jari kala mampir ke warung sederhana ini.

Rasanya mirip kuah opor ayam (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Daerah Wlingi sejatinya punya banyak kuliner nikmat dan sedap. Namun jika Teman Traveler ingin menyantap hidangan berkuah, saya sangat merekomendasikan Soto Gurit yang gurih ini.

Rasa gurih di kuah soto terasa sangat khas (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Harga satu porsinya hanya Rp7.500, sangat ekonomis dibanding hidangan soto di kota lain. Sudah bukan rahasia bahwa Blitar memiliki banyak sajian kulliner ramah kantong, terutama untuk para wisatawan.

Rasanya serasa bikin lidah meleleh (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Di tengah sejuknya udara Wlingi, menyantap Soto Gurit benar-benar memberikan kenyamanan tersendiri. Jadi bagaimana Teman Traveler, kapan giliran kalian menikmati lezatnya sajian soto satu ini? Jangan lupa mampir jika sedang berada di sekitar Blitar atau Wlingi ya.

Tags
Blitar kontributor kuliner blitar kuliner wlingi Travelingyuk wlingi
Share