Soto Girin, Legenda Sragen yang Pantang Dilewatkan

Jalan-jalan ke Sragen rasanya kurang lengkap jika tak mencicipi kulinernya. Buka sejak pukul 04.00, Teman Traveler bisa cicipi nikmatnya Soto Girin. Tempat makan satu ini telah melegenda karena sudah eksis sejak 1953. Pastinya wajib dicoba jika kalian mengaku sebagai seorang petualang rasa.

img_20190830_004325_cVj.jpg
Soto Girin khas Sragen (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Bagi warga Sragen, Soto Girin bukan sekedar makanan biasa. Telah eksis selama lebih dari enam dekade, kuliner milik Pak Girin ini telah jadi salah satu ikon kuliner penting di Kota Fosil tersebut. Lantas apa yang membuat soto satu ini begitu wajib dicicipi? Yuk, simak empat alasannya.

Kuah Gurih Melekat

img_20190830_004304_YHV.jpg
Soto khas Sragen (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Kesan pertama yang bakal Teman Traveler rasakan saat menyantap Soto Girin adalah sensasi gurih dari kuah beningnya. Terasa begitu mantap dan melekat kuat di lidah. Dibuat dari racikan bumbu rempah pilihan, wanginya terasa begitu menggoda, apalagi ditambah taburan bawang goreng di atasnya. Jangan heran jika sekali seruput saja, lidah kalian bakal lupa dengan rasa soto lain. Bisa dibuktikan deh.  

Gunakan Bahan Alami

img_20190830_004233_MXD.jpg
Gunakan beragam bahan alami (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Melegendanya soto ini tak luput dari keseriusan pengelola dalam menjaga resep masakannya. Dari dulu hingga kini, bahan-bahan yang digunakan semuanya alami dan bebas dari zat berbahaya. Jadi, buat Teman Traveler yang mau kulineran di sini, tetap enjoy ya menikmati hidangan yang ada.

Daging Sapi Empuk

img_20190830_004458_YjC.jpg
Tampilannya kelihatan menggoda (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Sejak awal berdiri, soto ini dimasak dengan cara tradisional khas Jawa, yakni menggunakan kuali tanah liat. Hasilnya, bahan utama daging sapi jadi sangat empuk, tak kalah dengan presto. Bumbunya juga begitu meresap hingga ke seluruh bagian daging. Jangan kaget jika sekali mencoba Teman Traveler ingin nambah lagi dan lagi.

Meski demikian jangan khawatir Teman Traveler. Kantong kalian dijamin tetap aman ketika bersantap di sini. Seporsi soto kondang ini hanya dibanderol dengan harga tak lebih dari Rp12.000 per porsi.

Jadi Saksi Sejarah

img_20190830_004421_Kyn.jpg
Penjual sedang mempersiapkan soto (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Mencicipi soto ini, Teman Traveler akan sekaligus melihat salah satu saksi sejarah panjang. Bayangkan saja, sebelum menemukan racikan pas untuk soto andalannya, entah sudah berapa kali Pak Girin bereksperimen. Padahal kala pertama memulai usahanya, Indonesia baru delapan tahun merdeka lho. Benar-benar luar biasa bukan?

Buat Teman Traveler yang penasaran ingin menjajal kelezatan Soto Girin, langsung saja datang ke Jalan Raya Sukowati, Sragen Wetan, Kabupaten Sragen atau tepatnya di sebelah timur Alun-alun. Jika sedang berencana menjelajah wisata Solo dan sekitarnya, jangan lupa mampir ke sini ya.

Tags
kontributor kuliner sragen sragen Travelingyuk
Share