Tak Hanya Pecel, Madiun juga Tawarkan 5 Tempat Soto Enak Ini

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
Soto Ndeso Bu Wartinah, Via Instagram sam_kuliner

Pecel merupakan salah satu kuliner khas Madiun yang sudah sangat populer. Bahkan, banyak yang menyebutkan jika tidak ke Madiun jika tak mencoba pecel. Padahal, di Madiun banyak juga kuliner lain yang pantas untuk dicoba kenikmatannya, salah satunya adalah soto. Terdapat beberapa tempat soto enak di Madiun yang bisa dibilang banyak memiliki penggemar dan kenikmatannya tidak perlu untuk diragukan lagi. Inilah soto enak di Madiun untuk jadi jujukan.

Depot Soto Babat Cokro

Soto Babat Cokro, Via Instagram mely_angelina
Soto Babat Cokro, Via Instagram mely_angelina

Depot Soto Babat ini sudah ada sejak tahun 1960-an yang lalu. Perintisnya adalah Tan Han Thiem yang dibantu istrinya yang bernama Djie Kwie Nio. Depot soto babat ini menjual serba babat, ada soto babat, nasi goreng babat, dan juga sambel goreng babat. Di tahun 2000 yang lalu, tempat ini sempat tutup selama beberapa bulan. Namun di tahun yang sama kembali dibuka. Lokasi soto babat ini berada di Jl. Cokroaminoto 73 Madiun, selatan Klenteng.

Soto Kutilang

Soto Kutilang, Via Instagram sam_kuliner
Soto Kutilang, Via Instagram sam_kuliner

Lantaran berada di Jl. Kutilang, jadilah tempat kuliner yang menyediakan soto sebagai menunya ini disebut sebagai Soto Kutilang. Ini merupakan soto daging yang cukup melegenda di Madiun. Selain disebut sebagai Soto Kutilang juga diberi nama Soto Bu Topo. Salah satu ciri khas di sini adalah dagingnya yang melimpah, diberi juga lauk tambahan seperti halnya daging empal, perkedel kentang, usus, babat, dan juga keripik tempe. Rasa yang kaya dalam seporsi soto hangat.

Soto Pasar Kawak

Soto Pasar Kawak, Via Instagram perutkenyang.hatisenang
Soto Pasar Kawak, Via Instagram perutkenyang.hatisenang

Ada juga Soto Pasar Kawak yang jadi langganan banyak orang. Soto ini menjadi salah satu yang sangat laris. Di sini menyediakan soto daging yang sangat lezat. Kamu yang datang bisa memilih jeroan, paru, usus, babat, bahkan sampai otak. Ada pula pilihan lauk yang bisa diambil. Misalnya saja tempe goreng, perkedel, sampai dengan tahu. Satu hal lagi yang tak bolah kamu lupakan saat berkunjung ke sini, yakni es sirup yang dibuat sendiri oleh penjualnya tanpa tambahan bahan pengawet. Satu porsi soto sepertinya akan kurang ya.

Soto Semeru

Soto Semeru, Via Instagram exploremadiun
Soto Semeru, Via Instagram exploremadiun

Lokasi santap soto enak lainnya yang rekomended adalah Soto Semeru. Bisa dibilang lokasinya selalu padat merayap dan dipenuhi dengan kendaraan para pelanggan yang menyantap soto. Tempatnya berada di Jl. Semeru, Pangongangan, Mangu Harjo Madiun. Banyak lauk yang bisa untuk kamu ambil, ada kulit, usus ayam, ampela, perkedel, sampai dengan tempe goreng.

Soto Ndeso Bu Wartinah

Soto Ndeso Bu Wartinah, Via Instagram sam_kuliner
Soto Ndeso Bu Wartinah, Via Instagram sam_kuliner

Namanya memang soto ndeso, meskipun begitu rasanya tidak bisa diremehkan begitu saja. Adalah Soto Ndeso Bu Wartinah yang terletak di Kelurahan Rejosari RT 09, RW 02, Kecamatan Sawahan Madiun yang menyuguhkan kuliner dengan rasa nendang. Meskipun lokasinya mblusuk banyak orang yang tergila-gila dengan kenikmatannya. Jika biasanya soto disajikan dalam mangkok, beda halnya dengan di sini. Soto di sini disajikan dalam piring. Dalam seporsi soto di sini biasanya ada sayuran, irisan daging ayam, jeruk nipis, sambal dan tambahan sate uritan jika mau.

Wah, ternyata banyak juga lokasi yang bisa digunakan untuk menyantap soto enak di Madiun. Jadi, kapan nih rencana untuk traveling ke Madiun?