Tempat Makan Soto di Ponorogo, Alternatif Kuliner Selain Sate untuk Menu Makan Siang

Ponorogo merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur yang letaknya berdekatan dengan Madiun. Berbicara masalah wisata, di wilayah yang mendapatkan julukan sebagai Kota Reog ini memiliki Telaga Ngebel yang selama ini jadi jujukan masyarakat dan wisatawan yang ingin menghabiskan hari libur. Selain wisata alam, terdapat pula wisata kuliner yang dicicipi ketika lapar. Selain sate Ponorogo, ada banyak jenis kuliner lain yang dicoba, misalnya soto. Berikut soto di Ponorogo yang bisa jadi jujukan.

Soto Ayam Borang

Soto Borang, via Instagram/sam_kuliner
Soto Borang, via Instagram/sam_kuliner

Soto Ayam Borang merupakan salah satu tempat kuliner legendaris yang terdapat di Ponorogo. Tempat makan ini telah ada sejak tahun 1983. Di Ponorogo, ada beberapa tempat Soto Borang yang bisa dikunjungi. Pusatnya berada di Jl. Niken Gandini.

Jam bukanya mulai dari jam 07:00 sampai pukul 21:00 WIB. Soto polosan di tempat ini dipatok Rp10.000. Bisa dicicipi kesegarannya jika traveling ke Ponorogo.

Soto Ayam Pak Anas

Soto Ayam Pak Anas, via Instagram/wisatakulinerponorogo
Soto Ayam Pak Anas, via Instagram/wisatakulinerponorogo

Lokasi selanjutnya yang bisa jadi jujukan adalah Soto Ayam Pak Anas. Berada di Jl. Lawu, Hasanudin, Nologaten, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten ponorogo. Jam bukanya mulai dari jam 03:00 sampai dengan 22:00 WIB.

Tempatnya memang sederhana, namun hampir selalu tidak pernah sepi dari pembeli. Satu porsi soto di sini harganya sangat murah, tidak lebih Rp10.000. Kuahnya begitu segar dan pilihan lauknya beragam.

Soto Ayam Kampung Mbak Us

Soto Ayam Kampung Mbak Us, via Instagram/wisatakulinerponorogo
Soto Ayam Kampung Mbak Us, via Instagram/wisatakulinerponorogo

Kemudian ada Soto Ayam Kampung Mbak Us yang memiliki kuah bening tanpa santan. Dipadu dengan soun, irisan kol, kentang goreng, dan bawang goreng, memberikan kenikmatan yang tak tertahankan.

Pilihan lauknya juga beragam, sundukan, perkedel kentang, tempe goreng perkedel, dan lain-lain. Langsung saja arahkan kendaraan menuju Jl. M.T Haryono, di perempatan Tambak Bayan. Bukanya mulai pukul 06:00 pagi. Dan satu porsi sotonya Rp6.000 saja.

Soto Blembem

Soto Blembem, via Instagram/sam_kuliner
Soto Blembem, via Instagram/sam_kuliner

Soto Blembem juga merupakan pilihan tempat yang bisa dikunjungi saat jalan-jalan ke Ponorogo. Tidak seperti sebelum-sebelumnya yang memiliki kuah bening, soto ini kuahnya kental karena mengandung santan. Lokasinya berada di Tunjungan, Blembem, Jambon, Ponorogo.

Satu porsinya akan ada soun, seledri, kecambah, dan juga potongan daging ayam. Untuk harganya, satu porsi Rp5.000 saja. Sangat murah namun perlu usaha untuk mencicipinya karena lokasinya cukup mblusuk.

Jika ingin mencicipi kuliner Ponorogo yang legendaris, ada juga Sate H. Tukri yang melegenda dan jadi langganan beberapa Presiden Indonesia. Saat berkunjung ke Kota Reog, pastikan mampir dan mencicipi sendiri salah satu dari deretan soto di Ponorogo tersebut, ya.

Tags
Indonesia Jawa Timur kuliner Ponorogo soto di ponorogo
Share