Sate Ayam Haji Tukri, Kuliner Ponorogo yang Dilirik Presiden

Ponorogo tidak hanya terkenal akan reog-nya. Ada banyak hal menarik yang pastinya bikin kamu penasaran. Termasuk kuliner nendangnya berupa sate. Sajian tersebut sebenarnya mudah ditemukan di kota besar lainnya. Namun, ada yang kurang jika belum mencoba sate ayam Haji Tukri yang fenonemal. Bahkan, menu tersebut pernah dilirik oleh presiden Jokowi. Penasaran apa keunikannya? Yuk, simak ulasannya.

Pusatnya Sate Enak di Ponorogo

Sate Ponorogo yang difavoritkan
Sate Ponorogo yang difavoritkan via instagram/@riderkulineran

Sate Ponorogo memiliki perbedaa dengan sate lainnya. Salah satu perbedaanya terdapat pada potongan daging. Sate Ponorogo tidak dipotong dadu melainkan disayat tipis panjang meyerupai fillet. Ukuran irisan daging yang besar dan memanjang ini membuat satu tusuk hanya berisi dua potong. Menu makanan lezat ini sendiri dapat kamu temukan di Jalan Lawu Gang I Nomor 43 K Kota Ponorogo. Tepatnya di Warung Sate Ayam Ponorogo Haji Tukri Subikun atau Sate Ayam Haji Tukri.

Sate terkenal di Ponorogo
Sate terkenal di Ponorogo via instagram/@viewhyni

Potongan Daging yang Tebal tapi Empuk

Potongan daging yang menggiurkan
Potongan daging yang menggiurkan via instagram/@iamdarrenho

Kuliner Ponorogo yang sudah terkenal 1975 ini tidak hanya menarik karena ukurannya yang besar. Namun, proses memasaknya juga mencuri perhatian. Seperti sate Ponorogo lainya, potongan daging ayam melalui proses perendaman bumbu atau dibacem terlebih dahulu. Proses ini agar bumbu meresap hingga bagian terdalam. Baru kemudian dibakar di atas arang sebelum dihidangkan di atas meja makan.

Seporsi sate Ponorogo
Seporsi sate Ponorogo via instagram/@adindaputra_nakam03

Seporsi Sate yang Nendang

Sate unik di Ponorogo
Sate unik di Ponorogo via instagram/@wisnuaryacahyono

Menunggu antrean untuk dilayani di warung ini memang harus ekstra sabar. Namun, kamu bakalan sumringah ketika menu sajianmu sudah datang. Masih hangat dari api arang, menu ini disajikan dengan bumbu kacang dengan bumbu spesial. Sedikit kental, tapi enak banget. Sangat pas dengan tekstur daging ayam yang empuk. Biasanya menu ini disajikan dengan potongan lontong. Hingga artikel ini ditulis, harganya cukup terjangkau yaitu Rp26.000 dengan isi 10 tusuk.

Sate ayam yang jadi rebutan
Sate ayam yang jadi rebutan via instagram/@yuugotosea

Pernah Dikunjungi Jokowi

Warung sate yang pernah dikunjungi Presiden Jokowi
Warung sate yang pernah dikunjungi Presiden Jokowi via instagram/@nuniek_ei

Sebelum terkenal seperti saat ini, ternyata tempat makan ini bermula dari jualan sate keliling. Setelah bertahun-tahun jualan keliling, baru tahun 1995 memutuskan untuk membuka warung kecil. Siapa sangka, warung tersebut kini semakin besar. Pelanggannya makin banyak, termasuk dari luar kota. Sosok tokoh masyarakat juga sering mampir ke warung ini. Bahkan, mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono pernah ke sini. Begitu pula dengan Presiden Joko Widodo.

Sate khas Ponorogo dengan dua cangkir kopi
Sate khas Ponorogo dengan dua cangkir kopi via instagram/@iamdarrenho

Selain enak dan memiliki banyak cabang, sate buatan Pak Tukri ini bikin nagih. Kamu pun bakalan kembali ke sini untuk mencobanya.

Tags
Indonesia Jawa Timur kuliner ponorogo Ponorogo
Share