Soto Dahlok, Kuliner Enak di Jember yang Cocok Buat Sarapan

Pernah liburan ke Jember? Kota cantik ini tak hanya unggul dengan objek wisatanya, tapi juga kuliner unik yang cita rasanya istimewa. Jenisnya banyak, mulai dari bakso berbalut telur, gudeg dicampur pecel, hingga wedangan mirip dengan adonan bangunan. Satu lagi, kuliner enak yang pastinya bikin liburanmu makin terkenang. Namanya Soto Dahlok, menu spesial untuk sarapan di pagi hari.

Legendaris dari Tahun 60-an

Warung Soto Dahlok, Jember
Warung Soto Dahlok, Jember, via Travelingyuk/Febri

Soto Dahlok, begitulah orang mengenal kuliner ini. Warung makanan tersebut berdiri di tahun 60-an, tepat di pinggir jalan dekat Apotek Dahlok (kini telah tutup). Karena letaknya yang tak jauh dari apotek, warga Jember menyebutnya dengan nama Soto Dahlok. Sekitar 10 tahunan berdagang di pinggir jalan, pemilik soto ini akhirnya memutuskan untuk pindah ke Jalan Fatahillah no. 1 atau Gang Dahlok. Meski hanya bermodalkan warung bambu sederhana, ternyata pembeli yang datang tak berkurang. Bahkan makin ramai, apalagi saat akhir pekan.

Warung Soto Dahlok di bagian dalam
Warung Soto Dahlok di bagian dalam, via Travelingyuk/Febri

Dimasak Sederhana di Atas Tungku

Kuah Soto Dahlok
Kuah Enak di Warung Dahlok, via Travelingyuk/Febri

Meski hampi melewati setengah abad, ternyata menu yang disajikan tak pernah berubah. Bapak Agus yang merupakan generasi ketiga dari Soto Dahlok menyebutkan bahwa hidangan yang ditawarkan masih sama seperti yang dihidangkan oleh kakek neneknya. Bahkan, untuk menjaga cita rasanya, Bapak Agus masih menggunakan resep yang sama dan memasaknya sederhana di atas tungku. Tak heran jika pelanggan kuliner Jember ini masih setia.

Dapur Soto Dahlok
Dapur Soto Dahlok, via Travelingyuk/Febri

Isian Unik Tanpa Koya

Isian Soto Dahlok
Isian Soto Dahlok, via Travelingyuk/Febri

Seporsi hidangan berkuah yang legendaris ini terdiri dari kecambah, gubis, tomat, irisan telur, serta suwiran ayam yang disiram dengan kuah panas dengan bumbu rempah spesial. Untuk irisan ayamnya memiliki ukuran super besar. Menariknya, irisan kentang di sini tidak digoreng melainkan dikukus. Berbeda dengan soto Lamongan, hidangan lezat yang cocok untuk sarapan ini tidak menggunakan koya. Pun demikian, cita rasanya gurih karena taburan bawang putih goreng yang dominan banyak.

Porsi soto legendaris di Jember
Porsi soto legendaris di Jember, via Travelingyuk/Febri

Menu Spesial dengan Isian Melimpah

Lezatnya soto enak di Jember
Lezatnya soto enak di Jember, via Travelingyuk/Febri

Buka dari jam 8 pagi hingga 9 malam, kamu bisa menikmati berbagai jenis Soto Dahlok. Hingga saat ini, ada tiga jenis menu yang ditawarkan yaitu biasa, istimewa, dan campur. Untuk menu campur, seporsinya tidak hanya berisi sayuran, tapi juga irisan daging porsi dobel dengan jerohan ati ampela. Nah, untuk porsi makanan ini kamu bisa memesannya dengan tambahan sepiring nasi atau lontong.

Kuah soto enak di Jember
Kuah soto enak di Jember, via Travelingyuk/Febri

Porsi Jumbo yang Bikin ‘Klenger’

Porsi jumbo di Soto Dahlok
Porsi jumbo di Soto Dahlok via Travelingyuk/Febri

Tidak hanya soal isinya yang melimpah, porsi Soto Dahlok ini juga cukup banyak. Bahkan, kamu bisa menyantapnya dengan satu atau dua orang lainnya. Jika tak mau klenger sebelum tetes terakhir, sebaiknya memesan dengan porsi setengah. Untuk harganya juga berbeda, tergantung jenis menu yang mana. Hingga saat ini harganya cukup terjangkau mulai dari Rp13.000-Rp19.000.

Seporsi kuliner berkuah di Jember
Seporsi kuliner berkuah di Jember via Travelingyuk/Febri

Bagaimana, sudah siap untuk jelajah kuliner di Jember kan? Jika tak ingin antre lama-lama, sebaiknya hindari jam makan siang dan makan malam. Selain tempatnya yang sempit, parkir di sini juga terbatas.

Tags
Indonesia Jawa Timur Jember Kuliner Sarapan
Share