Wedang Cor Mbah As, Kuliner Unik yang Hanya Ada di Jember

Isti

Isti

On Indonesia
Wedang Cor Mbak As Wedang Cor Mbak As

Jember tidak hanya terkenal akan Pantai Papuma atau event karnaval fashion tahunannya. Di kota ini ternyata juga banyak kuliner enak dengan bentuk unik, seperti gudeg pecel. Selain itu, ada juga wedang cor yang hanya ada di Jember. Nah, penasaran seperti apa dan di mana warung wedang unik yang sudah dicoba tim Travelingyuk ini? Yuk, simak ulasan berikut.

Bernama Warung Wedang Cor Mbah As

Mbah Ayu atau Mbah As, pemilik warung wedang cor
Mbah Ayu atau Mbah As, pemilik warung wedang cor via Travelingyuk/Febri

Wedang Cor Mbah As, begitulah nama yang tercetak pada spanduk di  Jalan Pajajaran, Kebonsari, Sumbersari. Sesuai dengan namanya, warung sederhana ini milik Mbah As yang bernama asli Mbah Ayu. Bersama dengan anak dan cucunya, Mbah Ayu sudah mengelola bisnisnya sejak tahun 90-an. Hingga dua puluh tahun lebih, penggemar warungnya tak pernah sepi, terutama di akhir pekan.

Warung Wedang Cor Mbah As
Warung Wedang Cor Mbah As via Travelingyuk/Febri

Kuliner Unik Mirip Adonan Bangunan

Campuran tape ketan dan air jahe
Campuran tape ketan dan air jahe via Travelingyuk/Febri

Wedang cor merupakan minuman yang ditemukan oleh Mbah Ayu puluhan tahun silam. Sajian nikmat yang pas disantap malam hari ini terdiri dari campuran tape ketan, wedang jahe, serta susu kental. Perpaduan dari bahan tersebut membuatnya berwarna abu-abu dengan butiran ketan yang pecah. Dari tampilan yang menyerupai adonan bangunan atau cor-coran, disebutlah namanya wedang cor.

Campuran Susu di wedang cor
Campuran Susu di wedang cor via Travelingyuk/Febri

Kuliner Malam Jember yang Makin Populer di Tahun 2008

Minuman hangat di Jember yang Fenomenal
Minuman hangat di Jember yang Fenomenal via Travelingyuk/Febri

Awalnya coba-coba, ternyata wedang racikan Mbah As ini difavoritkan banyak orang. Saking populernya, banyak wisatawan yang mempir ke warung ini saat berkunjung ke Jember. Bahkan, beberapa artis ibukota hingga tokoh politik penasaran dengan wedangan unik ini. Menurut cerita dari Mbah As, mulai tahun 2008 banyak stasiun televisi yang meliput aktivitas warungnya.

Porsi Wedang Cor yang Menghangatkan Tubuh
Porsi Wedang Cor yang Menghangatkan Tubuh via Travelingyuk/Febri

Menu Pendamping Wedang Cor

Segelas Wedang Cor Mbah As
Segelas Wedang Cor Mbah As via Travelingyuk/Febri

Meski sudah berusia puluhan tahun, warung Mbah As masih difavoritkan. Bahkan ketika banyak pesaing, langganan warung ini tak berkurang. Hal ini tidak lain karena bahan yang digunakan tak berubah. Selain mencicipi nikmatnya wedang cor, kamu juga bisa memesan minuman hangat lain seperti kopi. Menariknya lagi, ada aneka gorengan yang disajikan hangat di atas piring kecil. Ingat, warung ini buka dari jam empat sore hingga satu malam. Namun, kamu bakalan kesusahan mencari tempat duduk saat akhir pekan.

Aneka Gorengan di Wedang Cor Mbah As
Aneka Gorengan di Wedang Cor Mbah As via Travelingyuk/Febri

Warung Sederhana Favorit Mahasiswa

Kuliner Malam Favorit Mahasiswa
Kuliner Malam Favorit Mahasiswa via Travelingyuk/Febri

Warung wedang cor ini tidak hanya difavoritkan wisatawan saja. Banyak penduduk sekitar yang ketagihan dengan keunikan dari wedang racikan Bu As tersebut. Belum lagi mahasiswa Jember. Hampir setiap akhir pekan, banyak mahasiswa yang nongkrong dengan menyeruput minuman hangat di sini. Selain tempatnya yang nyaman, harga seporsinya murah meriah. Hingga artikel ini ditulis, harga seporsi wedang cor tersebut hanya Rp6.000.

Kuliner Jember Favorit Mahasiswa
Kuliner Jember Favorit Mahasiswa via Travelingyuk/Febri

Tak hanya di makan di tempat, kamu juga bisa membungkus wedang cor Mbah As. Tips dari putra Mbah As, minuman ini makin nikmat disajikan dingin. Nah, tertarik untuk mencoba wedangan unik ini? Yuk, buruan ke Jember.