Soto Daging Sapi Pak Syamsul, Kuliner Enak dan Nyegerin di Pasar Kolombo Jogja

Jelajah pasar di Jogja memang menyenangkan. Apalagi ketika mblusuk ke Pasar Beringharjo yang terkenal akan aneka pernak-perniknya. Namun, Jogja tidak hanya punya Beringharjo, ada juga Pasar Kolombo yang memiliki banyak kedai-kedai makanan dengan rasa jempolan. Salah satunya Soto Daging Sapi Pak Syamsul yang tak pernah sepi pengunjung. Apa keistimewaannya? Intip ulasan selengkapnya yuk!

Menu Berkuah yang Pas untuk Sarapan

Potongan daging yang menggugah selera
Potongan daging yang menggugah selera via instagram/@brojajan

Tak susah menemukan kedai milik Pak Syamsul ini. Letaknya di sisi selatan pasar dengan hanya bermodalkan kios berukuran 2,5×2,5 meter dan meja pikul. Pun sederhana dan kecil, antrean untuk mendapatkan menu di sini cukup banyak. Jika tak ingin kehabisan, antrelah pagi hari karena warung ini sudah buka dari jam setengah 7. Nah, teman traveler yang berminat cari sarapan di daerah Kaliurang dan sekitarnya, soto Pak Syamsul yang asli dari Jawa Timur ini bisa jadi rekomendasi.

Racikan Istimewa Sejak Tahun 80-an

Pak Syamsul yang sudah jualan puluhan tahun
Pak Syamsul yang sudah jualan puluhan tahun via instagram/@injogjafood

Warung sederhana di Pasar Kolombo ini bukanlah tempat makan baru, melainkan sudah ada sejak tahun 1985. Tak banyak berubah, termasuk racikan bumbu yang digunakan untuk memasak. Kuahnya menggunakan rebusan daging sandung lamur dan sengkel sapi yang menghasilkan kaldu pekat. Potongan dagingnya cukup besar yang bertekstur empuk dan tak bikin sakit gigi. Seporsinya terdiri dari nasi putih, potongan daging, kuah kaldu, kecambah, serta irisan daun seledri.

Aneka Lauk dengan Rasa Jempolan

Aneka Lauk Soto Pak Syamsul
Aneka Lauk Soto Pak Syamsul via instagram/@voilajogja

Seporsi soto di sini tidak hanya istimewa karena kuah dan dagingnya. Ada juga lauk tambahan mulai dari babat, usus goreng, telur goreng, otak goreng, tempe, paru, hingga perkedel. Lauk pendamping ini tak kalah menggiurkan. Rasanya enak dengan balutan bumbu yang pas. Apalagi ketika dicampur dengan kuah hangat dan ditambah perasan jeruk nipis. Mantap banget. Setelah menyantap soto, jangan lupa pesan minuman teh khas Pak Syamsul.

Harga Terjangkau Bahkan untuk Porsi Jumbo

Kuliner enak di pasar Kolombo
Kuliner enak di pasar Kolombo via instagram/@kokokulineran

Porsi soto yang ditawarkan di sini beragam. Ada soto daging jumbo yang terlihat berporsi banyak karena ukuran mangkuk yang lebih besar dari mangkuk bakso. Hingga artikel ini ditulis, harganya hanya Rp12.000. Sementara soto ukuran kecil hanya selisih Rp4.000 dan disajikan di atas mangkuk lebih kecil. Nah, porsi kecilnya saja sudah mengenyangkan, apalagi yang besar. Bagaimana, makin penasaran dengan makanan berkuah satu ini kan?

Nah, itulah ulasan tentang soto daging sapi Pak Syamsul di Pasar Kolombo. Penasaran dengan rasanya kan? Yuk, buruan ke Jogja dan mampir ke warung sederhana satu ini.

Tags
Indonesia Jogja kuliner Jogja Sleman Yogyakarta
Share