Rekomendasi Wisata Bersejarah di Jogja Saat Asian Games 2018, Bikin Makin Cinta Tanah Air

Pesta olahraga bergensi se-Asia, Asian Games 2018 akan kembali digelar. Kali ini, Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah dalam acara yang berlangsung tanggal 18 Agustus- 2 September 2018 mendatang. Selain menyiapkan venue sempurna untuk atlet, beragam rekomendasi destinasi siap memanjakan Teman Traveler yang sekalian ingin liburan. Seperti berikut, rekomendasi wisata bersejarah di Jogja empat hari tiga malam (4D3N) yang bikin makin cinta Indonesia. Apa saja sih?

1. Keliling Candi Prambanan hingga Plaosan

Candi Prambanan
Candi Prambanan via borobudurpark.com

Hari pertama datang ke Jogja? Mampirlah ke candi-candi yang bersejarah di Jogja. Salah satunya Candi Sambisari yang berada di Purwomartani, Kalasan Sleman. Tak jauh dari sini, ada juga kompleks Prambanan yang merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Saat berada di kompleks Prambanan, sekalian pula untuk mampir Candoi Plaosan yang terdiri dari Candi Plaosan Lor dan Kidul. Letaknya memang di Klaten, tapi jaraknya bisa ditempuh dalam waktu 10 menitan saja dengan kendaraan. Sayang kan, tidak mampir ke candi kembar ini?

2. Mampir Candi Borobudur dan Jelajah Kotagede

Candi Borobudur
Candi Borobudur via borobudurpark.com

Belum puas jelajah candi? Hari kedua, Teman Traveler dapat menjelajah bangunan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno. Apalagi kalau bukan Candi Borobudur di Magelang yang dihiasi dengan 2672 arca dan 504 patung Buddha. Puas keliling Borobudur, lanjutkan perjalananmu dengan jelajah Kotagede. Kawasan yang menjadi ibukota Kesultanan Mataram sebelum terpecah menjadi Kesunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta. Ada Sendang Selirang yang menjadi tempat bersih diri peziarah Makam Raja-raja Mataram serta Masjid Agung Kotagede yang khas dengan bangunan lamanya.

3. Nikmati Pertunjukkan Budaya di Keraton

Pertunjukan Seni di Keraton
Pertunjukan Seni di Keraton via instagram/@kratonjogja

Rekomendasi wisata bersejarah di Jogja yang wajib dikunjungi, sudah pasti Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Letaknya di pusat kota yang menyuguhkan aneka pertunjukkan berbalut tradisi dan budaya. Ada pagelaran karawitan, wayang golek, tari klasik khas Jogja, macapatan, hingga wayang orang. Usai menikmati pagelaran seni khas Keraton, lanjutkan perjalanan ke Taman Sari. Destinasi wisata ini tidak hanya bersejarah, tapi juga instagenic dengan arsitektur bangunan yang unik.

4. Tempat Bermalam yang Nyaman di Jogja

Sheraton Mustika Yogyakarta
Sheraton Mustika Yogyakarta via sheratonmustikayogyakartaresort.com

Sebelum keliling kota selama empat hari tiga malam, jangan lupa untuk menentukan tempat bermalam yang nyaman untuk istirahat. Pilihan akomodasi ini banyak, dengan beragam keunggulan tersendiri. Ada Grand Rosella, Fortune Fedt, Grand Palace, hingga The 101. Ada pula Sheraton Mustika yang membanderol harga sekitar Rp1,2 juta permalamnya. Tak hanya pemandangan kota, Teman Traveler juga bisa menikmati fasilitas lain seperti kolam renang. Menyenangkan bukan?

Nah, itulah rekomendasi wisata bersejarah di Jogja saat Asian Games 2018. Bagaimana, tertarik untuk jelajah tempat istimewa di Jogja kan? Jangan lupa untuk dukung atlet-atlet kita di pesta olahraga bergengsi ini ya!

Tags
asian games 2018 Indonesia Jogja Wisata Bersejarah Jogja wisata jogja Yogyakarta
Share