Soto Daging Mbah Jamin, Harga Mini dengan Kelezatan Maksimal

mei indriani

mei indriani

On Indonesia
Soto Daging Mbah Jamin Soto Daging Mbah Jamin

Hasil olahan daging sapi, biasanya memang dijual sedikit lebih mahal dibanding masakan lainnya. Namun hal tersebut tak berlaku di Soto Daging Sapi Mbah Jamin. Tak hanya murah, menu yang disajikan di sini rasanya benar-benar menggoda dan bikin ketagihan.

Terkenal di Jawa Tengah

Soto Daging Sapi Mbah Jamin (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Salah satu cabang Soto Daging Sapi Mbah Jamin beralamat di Jalan Tuk Buntung, Cepu, Kabupaten Blora. Di belokan pertama Gang Mawar, Teman Traveler akan mendapati papan nama warung soto dan banner memanjang warna hijau. Warung soto ini memang sudah terkenal dan ada di hampir tiap kota di Jawa Tengah.

Sederhana tapi Ramai

Tempatnya sederhana (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Pertama melihat, saya langsung penasaran sebab ada banyak pengunjung memadati tempat ini. Tua hingga muda, semuanya ada. Padahal warung soto ini mengusung konsep sederhana, jauh dari interior kekinian ala-ala tempat makan zaman sekarang.

Daftar menu (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Begitu masuk, terdapat beberapa meja panjang dan pendek. Di atas masing-masing meja tersebut ada sejumlah lauk tambahan untuk soto. Teman Traveler bisa pilih telur puyuh, perkedel, kentang, atau kerupuk.

Soto Daging Murah

Sajian mangkok besar dan kecil (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Menu di tempat ini rata-rata mirip dengan warung soto lain, ada versi mangkuk kecil dan besar. Harganya benar-benar bikin geleng-geleng. Mangkuk besar Rp5.000 dan mangkuk kecil Rp3.000, benar-benar murah! Dagingnya beneran daging sapi lho Teman Traveler, bukan babat atau sejenisnya.

Rasanya Luar Biasa

Kuali berisi soto daging (c) Mei Indriani/Travelingyuk
Suasana di dalam warung soto (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Saya pun langsung coba memesan ke pramusaji yang sedang meracik soto di pikulan. Sepintas saya lihat mereka telah menyiapkan tumpukan mangkuk berisi nasi dan daging, tinggal menunggu antrian siraman kuah bening sotonya saja.

Sembari menunggu pesanan, saya lihat keramaian pelanggan di sini memang luar biasa Teman Traveler, apalagi di jam makan siang. Belum lagi antrean pelanggan yang minta dibungkus, mereka terus keluar masuk tiada henti, seperti kancing baju.

Tekstur dagingnya lembut (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Saya sendiri penasaran, bagaimana mereka bisa menjual soto daging dengan harga miring. Lamunan tersebut lantas buyar setelah pesanan soto mangkuk besar saya tiba. Tanpa basa-basi, saya langsung menyendok penuh campuran nasi, kuah bening, irisan daging, taoge, dan potongan seledri serta daun bawang.

Kuahnya terasa sangat segar (c) Mei Indriani/Travelingyuk
Tampilannya menggiurkan kan? (c) Mei Indriana/Travelingyuk

Rasanya lumayan mirip dengan sop sapi yang pernah saya santap di Bali. Sama-sama segar dan enak, hanya saja soto ini menggunakan tambahan taburan taoge.

Irisan dagingnya didapat dengan menggunakan teknik fillet, sehingga potongannya nampak besar, tapi memiliki ketebalan minim. Namun, untuk harga yang cukup murah, kuliner satu ini sungguh bukan kaleng-kaleng. Rasanya benar-benar gurih dan lezat.

Pengunjung terus datang tiada henti (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Jangan buat rasa penasaran Teman Traveler membuncah terlalu lama. Jika tak sempat keliling wisata Blora, kalian masih bisa datang ke cabang lainnya di sekitar Jawa Tengah. Dijamin takkan menyesal deh. Salam hangat dan sehat dari Soto Mbah Jamin.