Sop Senerek Bu Atmo di Magelang, Meski Mblusuk Banyak Diburu

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
Sop Senerek Bu Atmo Sop Senerek Bu Atmo

Jalan-jalan Magelang, destinasi paling populer adalah Candi Borobudur. Keberadaan peninggalan arsitektur zaman kuno tersebut ikut memaukan perekonomian daerah setempat. Beragam akomodasi dan fasilitas anyar pun hadir di Magelang. .

Meski begitu, ada pula hal-hal menarik lain yang juga berbau legendaris di Tuin van Java, kuliner salah satunya. Sebut saja Sop Senerek Bu Atmo yang jadi buruan wisatawan saat jalan-jalan ke Magelang.

Dirintis Sejak 1967

Sop Senerek yang menyegarkan, via Instagram/ogjafood
Sop Senerek yang menyegarkan, via Instagram/jogjafood

Sop Senerek Bu Atmo telah ada sejak 1967 silam. Jika dihitung-hitung, sudah buka lebih dari 50 tahun. Karena itulah, saat ada yang mencari sop senerek di Magelang, tempat satu ini selalu jadi rekomendasi utama. Sudah populer dan kondang di telinga wisatawan.

Selama lima tahun pertama, Bu Atmo membuka warungnya di Jl. Veteran. Kini ia meneruskan usahanya di lokasi baru yang sedikit lebih mblusuk. Meski demikian, hal tersebut tetap tak mengurangi antusiasme pelanggan.

Apa Sih Sop Senerek itu?

Kacang merah yang nikmat, via Instagram/triana_wulandari
Kacang merah yang nikmat, via Instagram/triana_wulandari

Buat Teman Traveler yang kurang familiar dengan sop senerek, ada beberapa kisah menarik di balik kuliner ini. Sop senerek adalah salah satu menu peninggalan masa penjajahan Belanda di Indonesia.

Senerek diambil dari kata ‘Snert’ yang dalam Bahasa Belanda berarti kacang polong. Lantaran lidah orang Magelang tidak terlalu fasih mengucapkan Snert, istilah tersebut perlahan berubah menjadi Senerek.

Mengapa bahan utamanya lantas diganti kacang merah? Belum ada yang bisa menjelaskan secara pasti hingga kini. Namun dugaan terkuat lantaran disesuaikan lidah masyarakat atau kacang merah lebih mudah didapat.

Kenikmatan Seporsi Sop Senerek Bu Atmo

Sop Senerek Bu Atmo, via Instagram/tukangngider
Sop Senerek Bu Atmo, via Instagram/tukangngider

Seporsi sop senerek Bu Atmo terdiri dari bahan-bahan seperti kacang merah, wortel, bayam, dan daun bawang. Semuanya lantas disiram kuah kaldu segar berisi daging sapi atau babat. Rasa kaldunya begitu tajam dan memanjakan, Teman Traveler takkan menyesal pernah mencobanya.

Citarasa yang sangat istimewa, via Insatgram/jogjabikinlaper
Citarasa yang sangat istimewa, via Insatgram/jogjabikinlaper

Tidak hanya sop senereknya saja yang banyak diburu, es besar kencur di Warung Bu Atmo juga tidak kalah populer. Bisa dibawa pulang atau makan di tempat. Rasa kencurnya cukup kuat, manis, dan efektif menambah nafsu makan.

Menikmati hangatnya sop senerek, ditutup dengan meneguk segelas es beras kencur. Sungguh perpaduan yang sangat pas. Teman Traveler juga tak perlu khawatir kekurangan pilihan lauk, ada banyak jenis yang bisa kalian coba satu-persatu di sini.

Alamat Sop Senerek Bu Atmo

Begitu menggiurkan, via Instagram/baguscakti
Begitu menggiurkan, via Instagram/baguscakti

Sop Senerek Bu Atmo berada di Jl. Mangkubumi No. 3, Cacaban, Magelang. Mereka buka mulai pukul 07:00 hingga 16:00 WIB. Jangan sampai terlewatkan jika sedang berada di sekitar sini.

Seporsi sop senerek plus nasi hanya dipatok Rp13.000 saja. Sementara es beras kencur dijajakan dengan harga Rp6.000. Pilihan tambahan lauknya beragam, mulai sate keong seharga Rp3.000 hingga tahu/tempe yang ditawarkan seharga Rp2.000 saja.

Dengan cuaca Magelang yang cukup panas, menikmati hidangan segar-segar tentu akan terasa kian nikmat. Sop Senerek Bu Atmo bisa jadi pilihan tepat. Jangan lupa mampir ya.