5 Kuliner Magelang yang Rasanya Nikmat Bukan Kepalang

Mencicipi kuliner tradisional yang ada di indonesia memang tidak akan pernah ada habisanya. Dari ujung barat hingga ujung timur kamu akan menemukan berbagai macam kuliner dengan kenikmatan yang luar biasa. Begitu pula dengan kearifan lokal yang ada di Magelang. Seperti beberapa kuliner di Magelang yang rasanya nggak akan kalah nikmat dengan kuliner lain di Indonesia.

Sego Godhog

Dari fisiknya aja udah bikin kepingin ya [image source]
Dari tampilannya aja udah bikin kepingin ya [image source]
Mungkin dari namanya kamu akan bertanya-tanya, nasi kok di rebus sih? Jadi begini proses pembuatannya, kuah yang sudah diberi bumbu rempah-rempah dipanaskan di atas bara arang. Setelah itu nasi putih dan mie dimasukkan dalam kuah lalu dimasak sampai matang. Baru setelah matang, potongan daging ayam dan telur ditambahkan di atasnya. Bisa juga ditambahkan ati ampela atau ceker sebagai topping tambahannya. Salah satu warung sego godog yang terkenal di Magelang adalah Warung Sego Godog Pak Broto.

Serupa bakmie jawa yang di rebus tapi bahan dasarnya adalah nasi [image source]
Serupa bakmi jawa yang direbus tapi bahan dasarnya adalah nasi [image source]
Alamat: Jalan menuju daerah Salaman

Sop Snerek

Segarnya sop senereg khas Magelang [image source]
Segarnya sop senereg khas Magelang [image source]
Sop Snerek di Warung Bu Atmo memang cukup legendaris. Karena itu, setiap harinya warung ini selalu ramai dikunjungi pelanggan.  Ada dua jenis sop senerek yang dihidangkan di warung Bu Atmo, yaitu sop senerek ayam dan sop senerek babat. Sop senerek ayam berisi sop dengan daging ayam yang dipotong-potong. Sebaliknya, sop senerek babat berisi daging babat yang dicincang kasar.

Topping seperti ayam atau babat bisa kamu tambahkan [image source]
Topping seperti ayam atau babat bisa kamu tambahkan [image source]
Alamat : Jalan Mangkubumi No.3, Cacaban, Magelang Tengah
Jam buka : 07.00 – 16.00
Telepon : 0858-6820-1616

Wedang Kacang

Wedang kacang yang cocok untuk Malam Hari di kota Magelang [image source]
Wedang kacang yang cocok untuk disantap malam hari [image source]
Wedang kacang adalah minuman khas Magelang. Dengan kondisi suasana Magelang yang sejuk dan dingin ini, membuat racikan dari wedang kacang sangat cocok untuk diminum sambil menikmati malam di Magelang. Rasa wedang kacang yang sangat nikmat ini dilengkapi dengan kacang yang empuk dengan dilengkapi kuah yang kental.

Kuah kental segar yang melengkapi wedang kacang [image source]
Kuah kental segar yang melengkapi wedang kacang [image source]

Es Krim Mahkota

Es krim yang dibungkus alumunium foil di toko roti Mahkota [image source]
Es krim yang dibungkus alumunium foil di Toko Roti Mahkota [image source]
Toko legendaris Mahkota ini sudah berdiri sejak 1945. Tempat ini memang selalu rame dikunjungi karena memang tokonya yang disebut legendaris dengan cita rasa yang sangat lezat. Roti yang dijual di toko ini memiliki cita rasa yang sangat enak. Tapi selain roti, es krimnya juga menjadi pilihan pelanggan yang hadir ke toko ini. Es di toko roti Mahkota ini dibungkus dengan kertas semacam alumunium foil, yang bakal bikin kamu segar kembali ketika beraktivitas di Magelang pada siang hari.

Pilihan es lainnya yang bisa dinikmati di Toko Roti Mahkota [image source]
Pilihan es lainnya yang bisa dinikmati di Toko Roti Mahkota [image source]
Alamat : Jalan Ahmad Yani no 41 Magelang

Es Pleret, Depot Es Semanggi

Es Pleret khas Magelang [image source]
Es Pleret khas Magelang [image source]
Andalan dari Depot Es Semanggi yang ada di Magelang ini adalah es pleretnya yang harus kamu coba. Karena es pleret ini hanya bisa kamu jumpai di Jawa Tengah saja. Tidak seperti kuliner khas Magelang yang lainnya, Depot Es Semanggi ini memang tidak semudah menemukan tempat kupat tahu. Namun tetap saja Depot Es Semanggi yang ada di parkir basement area Matahari Department Store Magelang ini sangat ramai dikunjungi oleh pengunjung.

Penyajian yang lebih modern dari es Pleret [image source]
Penyajian yang lebih modern dari es Pleret [image source]
Alamat : Komplek parkir Magelang Plaza, Jl. Alun-Alun Utara, Magelang

Menarik juga kan kuliner kuliner yang ada di Magelang. Jangan lupa mampir ke tempat-tempat ini ya kalau berkunjung ke Magelang.

Tags
Jawa Tengah kuliner Magelang
Share