Sop Merah Bu Asih Jogja, Kuliner Legendaris di Simpang Tiga Sisingamangaraja

Advertisement

Jogja seakan terus berjaya menyuguhkan beragam destinasi wisata yang banyak jadi incaran. Ada destinasi wisata kekinian, wisata budaya, dan tak ketinggalan adalah kulinernya yang begitu beragam. Gudeg memang jadi salah satu kuliner khas Jogja yang kelezatannya tak perlu diragukan lagi. Namun ada jenis kuliner lain yang tak kalah enak dan nikmat. Contohnya adalah sop merah dari Warung Sop Merah Tungkak atau yang lebih familar disebut dengan Warung Sop Merah Bu Asih.

Sop Merah Bu Asih sudah cukup melegenda dan bisa menjadi rekomendasi kuliner lain yang bisa kamu icip-icip saat sedang berjelajah ke Jogja ya. Apa sebenarnya sop merah dan kenapa Sop Merah Bu Asih melegenda? Yuk mari kita ulas lebih lanjut sebagaimana berikut ini.

Sudah Beroperasi Sejak Tahun 1993

Sop Merah, Via Instagram ildania_mm
Sop Merah, Via Instagram ildania_mm

Sop Merah Bu Asih atau seiring perjalanan waktu berubah menjadi Sop Merah saja merupakan kuliner legendaris di Jogja yang sudah beroperasi sejak tahun 1993 yang lalu. Awalnya, Bu Asih tidak hanya menjual sop saja melainkan juga nasi goreng, mie goreng dan juga mie rebus. Tapi ternyata karena banyak pelanggan yang menyukai sajian spesial supnya akhirnya, hanya menyajikan Sop Merah saja.

Beda Sop Merah dengan yang Lainnya

Seporsi sop merah, Via Instagram jogjabikinlaper
Seporsi sop merah, Via Instagram jogjabikinlaper

Mungkin kamu bertanya-tanya apa yang membedakan sop satu ini dengan yang lainnya. Sebenarnya ini adalah sop ayam biasa, tapi bedanya terletak pada kuahnya. Warna dari kuah sop di sini adalah merah yang ternyata berasal dari pasta yang terbuat cabai rawit dan cabai keriting. Karena hal itulah tidak heran jika citarasanya adalah pedas mantap. Meskipun dominan rasa pedas, tapi tingkat kepedasannya bisa dikurangi sesuai dengan selera. Buat kamu yang tidak suka pedas, kuahnya akan memiliki warna bening.

Enak disantap saat cuaca dingin, Via Instagram riderkulineran
Enak disantap saat cuaca dingin, Via Instagram riderkulineran

Nah, dalam seporsi sop merah ini biasanya akan berisi sayur-sayuran seperti halnya kubis, worte, seledri, tomat, dan juga suwiran ayam. Bagian ayamnya menyesuaikan, ada ceker, kepala, daging, tulang, ati, dan lain-lain. Sayurannya dimasak empuk yang akan makin nikmat kala dipadukan dengan kuah yang memiliki citarasa gurih pedas. Sangat nikmat disantap saat hangat dengan seporsi nasi yang uapnya mengepul.

Lokasi Sop Merah Bu Asih

Warna merah yang menggoda, Via Instagram janitroll
Warna merah yang menggoda, Via Instagram janitroll

Buat kamu yang ingin menyantap kenikmatan seporsi sop merah Bu Asih bisa langsung mampir ke Jl. Kolonel Sugiyono No.74, Brontokusuman, Mergangsan. Atau di simpang tiga Sisingamangaraja. Waktu operasionalnya adalah setiap hari, mulai dari jam 10 pagi hingga 10 malam.

Harga Sop Merah Bu Asih

Kuah-kuah yang sangat sedap, Via Instagram kuliner_manja
Kuah-kuah yang sangat sedap, Via Instagram kuliner_manja

Saat artikel ini dibuat, harga seporsi Sop Merah Bu Asih dan minumannya dibanderol Rp13.000. Selanjutnya untuk harga lauk pauknya, daging Rp5.000, usus Rp3.000, tulang Rp3.000, ati Rp3.000, dan ceker Rp1.000. Harga yang sangat murah meriah dengan rasa istimewa bukan?

Nah, jika kamu memutuskan untuk jalan-jalan ke Jogja, jangan lupa untuk memasukkan Sop Merah Bu Asih ini sebagai salah satu rekomendasi kuliner yang dicicipi. Terutama buat kamu para penikmat kuliner pedas ya.

Advertisement
Tags
Indonesia Jogjakarta sop merah bu asih sop merah jogja
Share