Solo Zoo, Wisata Edukasi dengan Beragam Jenis Binatangnya

Advertisement
Ikon Solo Zoo (c) Arfani/Travelingyuk
Ikon Solo Zoo (c) Arfani/Travelingyuk

Wisata edukasi Dunia Binatang yang ada di kawasan Taman Satwa Taru Jurug atau biasa di sebut dengan Solo Zoo. Lokasinya berada di Jl. Ir. Sutami No.109 Jebres, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Gambar Binatang di Tembok (c) Arfani/Travelingyuk
Gambar Binatang di Tembok (c) Arfani/Travelingyuk

Untuk masuk ke dalam kebun binatang ini cukup membayar Rp20.000 saja lho cukup murah kan? Tempat ini sendiri merupakan sarana untuk konservasi, edukasi dan rekreasi. Jadi Teman Traveler bisa berwisata sambil mendapat banyak pengetahuan. Berikut ini adalah beberapa jenis binatang yang ada di Taman Satwa Taru Jurug. Penasaran? Simak ulasan berikut ya.

Burung Kakak Tua Jambul Kuning

Burung Kakak Tua Jambul Kuning (c) Arfani/Travelingyuk
Burung Kakak Tua Jambul Kuning (c) Arfani/Travelingyuk

Jika berkunjung ke area Dunia Burung, Teman Traveler akan menemukan Burung Kakak Tua Jambul Kuning dengan sangat mudah. Pasalnya burung ini biasa mendapat job tambahan untuk berfoto bersama wisatawan. Kakak Tua jenis ini hampir seluruh bulunya berwarna putih. Dikepalanya terdapat jambul berwana kuning yang bisa ditegakkan dan diturunkan. Burung ini memakan aneka buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Burung Enggang Cula

Burung Enggang Cula (c) Arfani/Travelingyuk
Burung Enggang Cula (c) Arfani/Travelingyuk

Burung yang satu ini berukuran sangat besar yang bisa mencapai 110 cm. Bulunya berwarna hitam, bagian paruh berwarna kuning berpangkal merah. Burung ini biasa disebut dengan Rangkong Badak karena memiliki tanduk yang tampak melengkung ke atas seperti tanduk badak. Untuk pakannya, Rangkong Badak ini memakan buah-buahan, serangga, reptil kecil dan burung kecil lainnya.

Lutung

Lutung (c) Arfani/Travelingyuk
Lutung (c) Arfani/Travelingyuk

Pasti sudah pernah mendengar kata Lutung kan? Ternyata Lutung adalah sejenis binatang yang mirip dengan monyet. Lutung di Kebun Binatang Jurug ini lucu sekali lho kebetulan belum lama indukanya yang bernama Lulu baru melahirkan seekor anak yang di beri nama Untung oleh pihak Kebun Binatang. Anak lutung ini berwarna ke emasan yang saat dewasa nanti bulunya akan berubah menjadi kehitaman sesuai dengan umurnya.

Pelikan Kacamata

Pelikan Kacamata (c) Arfani/Travelingyuk
Pelikan Kacamata (c) Arfani/Travelingyuk

Burung Pelikan merupakan burung yang mempunyai kantung lebar pada bagian paruhnya. Pelikan dapat terbang dalam waktu yang lama bersama dengam kawanannya. Makanan utamanya adalah ikan. Di tempat ini burung pelikan ditaruh pada kandang dengan kaca bening sehingga bisa terlihat jelas dari luar.

Harimau Sumatra

Harimau Sumatera (c) Arfani/Travelingyuk
Harimau Sumatera (c) Arfani/Travelingyuk

Harimau merupakan binatang berukuran besar. Pada umumnya memiliki bulu berwarna kuning kecoklatan dengan belang warna hitam. Setiap belang harimau ini berbeda-beda antara satu dengan yang lain sehingga bisa berfungsi sebagai identifikasi individu seperti sidik jari pada manusia. Harimau akan memakan apapun hasil buruannya, kebanyakan rusa. Kandang untuk binatang buas di sini mempunyai sistem keamanan yang lebih bagus dibanding dengan kandang binatang lainnya.

Buaya Muara

Buaya Muara (c) Arfani/Travelingyuk
Buaya Muara (c) Arfani/Travelingyuk

Buaya muara mempunyai moncong yang cukup lebar dan tonjolan berpasangan yang saling bertemu menuju kehidung. Di sini juga ada anak buaya yang bisa diajak berfoto bersama lho.

Berkunjung Bersama Keluarga (c) Arfani/Travelingyuk
Berkunjung Bersama Keluarga (c) Arfani/Travelingyuk

Nah itu merupakan beberapa binatang yang ada di Solo Zoo, sebenarnya masih banyak lagi binatang yang lainnya. Jika berkunjung ke sini patuhi peraturan yang ada untuk tidak mengganggu dan memberi makan binatang. Teman Traveler penasaran binatang apa lagi yang ada di sini? Langsung kunjungi saja ya.

Advertisement
Tags
Kebun Binatang di Surakarta Solo Zoo Wisata Kebun Binatang Surakarta
Share