Patung Burung Terbesar di Dunia dengan Mitos yang Lekat Dibaliknya, Ini Lokasinya

Indonesia memang memiliki salah satu patung burung terbesar di dunia yang berada di Pulau Dewata, yakni Garuda Wisnu Kencana (GWK). Tinggi GWK adalah 121 meter yang melebihi Patung Liberty yang berada di Negeri Paman Sam. Karena ukurannya yang tidak main-main, pengerjaannya bahkan memakan waktu 28 tahun lamanya.

Nah, baru-baru ini ada juga patung burung terbesar di dunia yang baru selesai dibuat, namanya adalah Patung Jatayu.

Patung Bentuk Elang Terjatuh Penuh dengan Mitos

Patung Jatayu, via Instagram/jonny.melon
Patung Jatayu, via Instagram/jonny.melon

Pembuatan patung ini untuk membangkitkan mitos lama. Di dalam Ramayana yang merupakan kitab ditulis dalam bahasa Sansekerta, ada salah satu burung bernama Jatayu. Ia merupakan tokoh protagonis yang melawan Rahwana untuk menolong Dewi Sita. Singkat cerita, Jatayu dengan gagah berani melawan Rahwana.

Namun, Jatayu sudah renta. Saat berusaha untuk menyelamatkan Dewi Sita, sayapnya ditebas oleh Rahwana dengan menggunakan pedang. Karena itulah ia jatuh ke bumi dengan darah yang bercucuran. Namun sebelum mati, ia behasil memberitahu Sri Rama jika Dewi Sita diculik oleh Rahwana.

Diklaim Sebagai Patung Terbesar di Dunia

Mulai banyak pengunjung, via Instagram/sunshinekelly2988
Mulai banyak pengunjung, via Instagram/sunshinekelly2988

Patung Jatayu ini diklaim menjadi yang terbesar di dunia. Patung burung terbesar di dunia ini membentang 200 kaki dari ekor ke kepala. Dibangun di atas menara Jatayapura yang memiliki ketinggian 1000 kaki.

Karena berada di ketinggian, kamu bisa melihat berbagai panorama yang cantik sembari datang ke Patung Jatayu ini. Bentuknya juga begitu megah dan besar, kamu akan ternganga olehnya.

Butuh Pengerjaan Selama 10 Tahun Lamanya

Penampakan dari samping, via Instagram/stamped_diaries
Penampakan dari samping, via Instagram/stamped_diaries

Karya yang sangat mengaggumkan ini diciptakan oleh Rajiv Anchal yang merupakan seorang seniman dari India. Sementara untuk pengerjaannya memakan waktu yang tidak singkat, 10 tahun lamanya.

Pembuatan patung burung terbesar di dunia ini sudah mulai diprakarsai mulai dari tahun 1980-an. Kala itu, Rajiv Anchal mempresentasikan model patungnya kepada Departemen Pariwisata, dan barulah tahun 2018 selesai dan bisa dinikmati umum.

Lokasi Patung Jatayu yang Strategis dan Cantik

Wisata di India, via Instagram/bellukavya
Wisata di India, via Instagram/bellukavya

Jatayu raksasa ini berada di sekitaran Kerala, Jatayu Earth Centre. Ini memang merupakan salah satu tempat yang cantik untuk traveling. Selain menyaksikan patung burung terbesar di dunia ini, kamu juga bisa melakukan beragam aktivitas menarik di sekitarnya. Apa saja? Kamu bisa paintball, rappelling, panjat tebing, dan lain-lain.

India memang memiliki daya tarik yang sangat kuat untuk dikunjungi. Makanannya, budayanya dan ditambah lagi dengan Patung Jatayu ini. Jangan lewatkan kesempatan ke patung burung terbesar di dunia ini jika jalan-jalan ke India ya.

Tags
Luar negeri patng jatayu patung burung terbesar di dunia wisata India
Share