Serabi Papuq Senah, Kuliner Kota Tua Ampenan yang Melegenda Sejak 1972

Advertisement

Teman Traveler berencana jalan-jalan ke Lombok tepatnya di Kota Mataram? Jangan lupa untuk mencicipi jajanan tradisional bernama Serabi Papuq Senah di Kota Tua Ampenan. Papuq Senah ini sebenarnya nama seorang nenek penjual serabi yang legendaris. Konon, jajanan ini sudah ada sejak tahun 1972 dan kini memiliki banyak pelanggan setia. Penasaran seperti apa rasanya? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Sidik Al-Anshori.

1. Paling Pas Dijadikan Menu Sarapan

Serabi & lupis Papuq Senah
Serabi & lupis Papuq Senah (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Tempat jualan Serabi Papuq Senah memang paling pas untuk dijadikan sarapan pagi. Kelezatan menu yang disajikan bakal membuat Teman Traveler ketagihan dan tentunya bikin perut kenyang. Seporsinya tidak hanya berupa serabi, tapi juga ada tambahan lupis. Taburan parutan kelapa dengan gula merah cair di atasnya juga menggugah selera.

2. Buka Sejak Pagi Buta

Proses pembuatan serabi
Proses pembuatan serabi(c)Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Teman Traveler yang ingin menjajal sajian istimewa di Kota Tua Ampenan, Mataram ini lebih baik datang di pagi hari. Jangan sampai kesiangan, karena banyak pembeli yang datang untuk antre, terutama saat hari minggu. Jam tepat datang ke sini yaitu pukul 06.00, ketika penjualnya masih bersiap-siap jualan. Nah, hindari pula datang sekitar jam 9 karena menu yang ditawarkan sudah sudah ludes terjual.

Antria pembeli di jajanan Papuq Senah
Antrian pembeli di jajanan Papuq Senah(c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

3. Jajanan Turun-temurun yang Difavoritkan

Serabi yang baru matang
Serabi yang baru matang(c)Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Papuq Senah bisa disebut pahlawan di bidang kuliner. Penjual serabi dan lupis legendaris masih mempertahankan kuliner tradisional dari gebrakan makanan kekinian. Wanita ini sendiri mewarisi resep jajanan tradisional tersebut dari orang tuanya.

Serabi Papuq Senah
Serabi Papuq Senah (c) Travelingyuk/Asnan Affandi

Yap, sebuah resep rahasia yang bertahan dari tahun 1972. Resep tersebut juga telah diteruskan kepada anak dan cucunya yang kini menggantikannya berjualan di kawasan wisata Kota Tua Ampenan.

Serabi dan lupis Papuq Senah
Serabi dan lupis Papuq Senah (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

4. Bekal Sebelum Jelajah Kota Tua Ampenan

Kawasan wisata Kota Tua Ampenan
Kawasan wisata Kota Tua Ampenan(c)Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Karena lokasi berjualannya di kawasan wisata Kota Tua Ampenan, Teman Travaler dapat sekaligus menikmati keunikan bangunan peninggalan zaman Belanda di sini. Ciri khas art deco yang ditawarkan di kota tua ini akan menambah pengalaman seru liburan ke Mataram. Jangan lupa untuk mengisi baterai handphone atau kamera sebelum berangkat. Tujuannya tidak lain untuk memoto setiap sudut Ampenan.

Jadi itu tadi ulasan tentang Serabi Papuq Senah yang juga disajikan bersama dengan lupis. Teman Traveler tertarik untuk mencoba? Datang saja ke kawasan wisata Kota Tua Ampenan di Jalan Pabean, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram. Jangan lupa ajak teman atau pasangan ya!

Advertisement
Tags
Indonesia Kuliner Mataram Lombok Mataram Nusa Tenggara Barat Travelingyuk
Share