Sentul Eco Edu Tourism Forest, Pusat Edukasi Hutan Hasil Kerjasama Indonesia-Korea Selatan

Advertisement

Bogor memang menjadi alternatif warga ibukota untuk kabur dari hiruk pikik dan kejenuhan setelah lima hari bekerja. Tak heran banyak destinasi wisata hingga hotel yang tumbuh dan berkembang di Bogor, jenis wisatanya pun beragam. Mulai dari kebun teh, paralayang, danau, hingga air terjun. Tapi apakah kamu pernah mendengar nama Sentul Eco Edu Tourism Forest?

Dibangun bersama Pemerintah Korsel

Monumen tanda kerja sama Korea Selatan dengan Indonesia via instagram
Monumen tanda kerja sama Korea Selatan dengan Indonesia via instagram/@tamanhutansentul

Untuk berbagi ilmu mengenai hutan, pemerintah Indonesia mengganndeng Korea Selatan untuk membangun tempat ini pada Desember 2011. Karena itu di tempat ini kamu dapat menemukan sebuah monumen yang ditanda tangani oleh Kim young Sun (Duta Besar Republik Korea) dan Zulkifli Hasan (Menteri Kehutanan RI). Sentul Eco Edu Tourism Forest berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang Sentul, Bogor.

Pintu Masuk Berupa Jembatan Gantung

Pengunjung yang sedang mengambil foto di kawasan Sentul Eco Edu Tourism Forest via instagram
Pengunjung yang sedang mengambil foto di kawasan Sentul Eco Edu Tourism Forest via instagram/@raisyashiva

Kawasan hutan dengan luas 9.257,22 hektar ini terpisah oleh sebuah sungai dengan aliran yang dangkal. Karena itu sebelum memasuki wilayah Sentul Eco Edu Tourism Forest pengunjung harus melewati sebuah jembatan gantung. Ukurannya tak terlalu besar, bahkan untuk sekali melintas hanya diperbolehkan dua orang dewasa saja.

Wisata Sembari Edukasi

Pemandangan dari Sentul Eco Edu Tourism Forest via instagram
Pemandangan dari Sentul Eco Edu Tourism Forest via instagram/@gerardo_el_jefe

Setelah melewati jembatan gantung tersebut barulah tampak pepohonan rindang. Di baliknya pusat edukasi tersebut dapat ditemukan. Selain kawasan yang masih asri dan hijau, tempat ini juga dikelola untuk tujuan wisata sembari edukasi terhadap lingkungan. Pikiran segar pengetahuan juga bertambah, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui.

Fasilitas yang Cukup Lengkap

Salah satu fasilitas yang ada di Sentul Eco Edu Tourism Forest via instagram
Salah satu fasilitas yang ada di Sentul Eco Edu Tourism Forest via instagram/@tamanhutansentul

Tempat ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap, sehingga berwisata ke Sentul Eco Edu Tourism Forest tak perlu ribet. Beberapa fasilitas yang ada di sini adalah:

  • Villa dan Resort
  • Camping Ground
  • Hutan Konservasi
  • Agrowisata
  • Aula Terbuka
  • Tempat Meeting

Tempat yang diresmikan pada tahun 2011 ini telah dibangun pada sejak tahun 2008. Kawasan wisata yang berbasis edukasi ini merupakan salah satu destinasi yang dapat dikunjungi saat ke Bogor. Pernah mengunjungi tempat yang asri dan lengkap ini?

Advertisement
Tags
Bogor Indonesia Jawa Barat Sentul Eco Edu Tourism Forest Wisata
Share