Menilik Wisata Edukasi dan Warisan Budaya Sendang Tirto Kamandanu

Advertisement

Sendang Tirto Kamandanu adalah salah satu wisata edukasi di Kediri, Jawa Timur. Wisata ini merupakan warisan budaya yang sampai sekarang dilestarikan. Lokasinya berada di Dusun  RT 03 RW 03 Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

img_20190825_141958_7kV.jpg
Pintu masuk Sendang Tirto Kamandanu (c) FRN Street/Travelingyuk

Dari salah satu tempat tenar di Kediri, Kampung Inggris Pare, cukup mengendarai sepeda motor sekitar 20 menit sudah bisa sampai ke tempat ini. Untuk masuk dan menikmati keindahan wisata Sendang Tirto Kamandanu, Teman Traveler tak perlu merogoh kocek, alias gratis. Hanya perlu menulis laporan pengunjung sebagai salah satu syarat kita bisa masuk ke tempat wisata ini.

Sejarah Sendang Tirto Kamandanu

img_20190825_143040_tFA.jpg
Sendang Tirto Kamandanu (c) FRN Street/Travelingyuk

Sejarah dinamakannya Sendong Tirto Kamandanu adalah karena tempat ini menjadi situs peninggalan kerajaan di masa pemerintahan Raja Kediri Sri Aji Jayabaya pada abad ke-12 silam. Tempat ini telah dipugar atas prakarsa yayasan Hondodeto Yogyakarta dan didukung oleh segenap lapisan masyarakat. Tempat ini merupakan patirtan (mata air yang dianggap suci) yang digunakan pada masa pemerintahan sang Prabu Sri Aji Jayabaya dan masih lestari sampai sekarang.

img_20190825_142828_9Cc.jpg
Kerap dikunjungi peziarah (c) FRN Street/Travelingyuk

Pada bulan Suro, sangat banyak pengunjung dan peziarah yang datang ke tempat ini. Mulai dari kalangan masyarakat biasa sampai kalangan pejabat. Biasanya tempat ini digunakan untuk berbagai keperluan pengunjung dan untuk peziarah sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Yang berkunjung ke tempat ini bukan hanya sekedar masyarakat Kediri dan sekitarnya, bahkan masyarakat dari luar kota hingga turis luar negeri yang mengunjungi tempat ini.

Fasilitas Sendang Tirto Kamandanu

img_20190825_143221_661.jpg
Pengunjung dari berbagai daerah (c) FRN Street/Travelingyuk

Sendang Tirto Kamandanu memiliki fasilitas yang cukup komplit. Pertama, adanya fasilitas parkir untuk kendaraan yang dibawa pengunjung. Kedua, terdapat fasilitas kamar mandi dan musala, jadi kalian tidak perlu takut jika tiba-tiba ingin menggunakan kamar mandi dan ingin melakukan salat. Ketiga, tempat ini juga menyediakan tempat istirahat seperti gazebo, layaknya rumah tanpa pintu dan jendela jadi kalian bisa beristirahat dahulu sebelum melanjutkan perjalanan.

img_20190825_143321_u3k.jpg
Gazebo untuk beristirahat (c) FRN Street/Travelingyuk

Ada juga kantin yang menawarkan makanan khas Kediri dengan harga sangat terjangkau. Terakhir dan yang paling kerap diburu wisatawan, di sini banyak sekali spot foto yang bagus untuk dijadikan latar atau didokumentasikan bersama teman, sahabat, pasangan atau maupun keluarga.

Advertisement
Tags
Sendang Tirto Kamandanu tempat wisata jawa timur wisata edukasi wisata kediri Wisata Sejarah Indonesia
Share