Semeru Art Gallery, Kafe Khusus Dewasa yang Nyeni Banget

Mampir ke sebuah kota, pastinya Teman Traveler ingin mengunjungi sebanyak mungkin tempat unik. Selain diabadikan lewat bidikan kamera, mampir ke lokasi yang tak biasa juga bisa hadirkan pengalaman liburan fresh dan tak terlupakan. Nah, jika sedang keliling wisata Malang, kalian bisa mampir ke Semeru Art Gallery.

Sesuai namanya, Semeru Art Gallery merupakan sebuah galeri seni yang sekaligus berfungsi sebagai kedai kopi. Suasana di dalamnya benar-benar beda dari kafe atau tempat nongkrong biasa. Di sinilah Teman Traveler bisa merasakan sensasi ngopi yang nyeni banget. Tak percaya? Yuk, simak ulasan saya berikut ini.

Arstistik dan Instagenic

dsc09834_zVW.jpg
Suasana di pintu masuk (c) Stivian Putra/Travelingyuk

Awalnya tempat ini hanya berfungsi seperti galeri seni pada umumnya. Di dalamnya kerap dipamerkan sejumlah lukisan dan karya seni. Tak jarang pula yang menggunakannya sebagai tempat bedah buku maupun menggelar pertunjukan musik.

dsc09806_nb5.jpg
Tangga menuju lantai atas (c) Stivian Putra/Travelingyuk

Kira-kira tahun 2015, para pendiri galeri lantas sepakat mendirikan kafe di lantai atas. Namun demikian, konsep yang diusung sedikit unik dan nyentrik, beda dengan tempat ngopi pada umumnya. Terbukti di awal buka, tempat ini lebih sering disambangi para pegiat seni dan kolega dari para staff kafe. Namun seiring berjalannya waktu, Semeru Art Gallery jadi makin terkenal dan pelanggannya kini datang dari berbagai latar belakang.

Nyeni Banget

dsc09826_CDh.jpg
Salah satu lukisan ikonik di lantai dua (c) Stivian Putra/Travelingyuk

Hampir tiap sudut dinding di kafe ini dihiasi lukisan alias mural. Semuanya merupakan hasil kreasi para staff Semeru. Buat Teman Traveler yang menaruh minat tinggi pada dunia seni, mungkin bakal langsung terkesima jika melihatnya. Sebab semua karya tersebut menyimpan pesan menarik untuk ditelaah.

Pengelola juga menyediakan sejumlah koleksi buku yang bebas dibaca para pengunjung di tempat. Namun jangan lupa mengembalikan ya.

Soal suasana, kafe ini memang tawarkan atmosfer berbeda dibanding kedai kopi pada umumnya. Terasa sangat berbeda, dengan banyak sentuhan seni di beberapa sudut. Wajib dicoba jika Teman Traveler sedang berada di Malang.

Khusus Dewasa

dsc09828_3vn.JPG
Asyik untuk nongkrong bersama teman (c) Stivian Putra/Travelingyuk

Satu lagi keunikan kafe ini adalah pengunjungnya wajib berusia di atas 18 tahun. Dengan kata lain, semua pelanggan diharapkan berasal dari kalangan dewasa.

Menurut penuturan salah seorang staff aturan tersebut diberlakukan lantaran di dalam terdapat sejumlah karya seni dengan penggambaran yang cukup vulgar. Ditakutkan pengunjung di bawah umur bakal belum siap atau salah mengartikan lukisan yang mereka lihat.

Anti MSG

dsc09824_TfE.jpg
Dinding penuh lukisan mural (c) Stivian Putra/Travelingyuk

Satu lagi keunikan dari kafe ini adalah semua menunya disajikan tanpa MSG alias penyedap rasa buatan. Dengan kata lain, sangat cocok untuk Teman Traveler yang sedang mencoba hidup lebih sehat.

Menu-menu yang jadi favorit di sini antara lain jamur dan tahu goreng. Selain itu kalian masih bisa pesan sejumlah makanan ringan lain seperti olahan mie instan. Untuk minumannya, tersedia beragam jenis kopi dengan rasa khas.

Area Rooftop

dsc09822_qVq.jpg
Area rooftop di lantai tiga (c) Stivian Putra/Travelingyuk

Semeru Art Gallery juga memiliki area rooftop di lantai tiga yang kerap jadi favorit para pengunjung. Duduk di sini, Teman Traveler bisa nikmati pemandangan kendaraan lalu lalang dan mentari terbenam, sembari menyesap secangkir kopi favorit. Namun pastikan kalian datang awal karena area ini biasanya paling diincar pelanggan.

Tertarik mampir? Teman Traveler bisa langsung meluncur ke Jalan Semeru No 14, Oro Oro Dowo, Klojen, Kota Malang. Bangunannya berada tak jauh dari perempatan Bank BCA. Mereka biasanya buka mulai pukul 16.00 hingga 02.00.

Tags
kontributor kuliner malang Malang Travelingyuk
Share