Sekutu Kopi, Cobain Es Kopi Deg-degan yang Unik

Jika Teman Traveler sedang menjelajah wisata Solo, tak ada salahnya sempatkan mampir ke Sekutu Kopi. Coffee shop satu ini punya satu racikan kopi yang pantang dilewatkan. Namanya Es Kopi Deg-degan, dengan cita rasa yang tak kalah unik dari sebutannya. Penasaran? Yuk, simak ulasannya bersama.

Sekutu Kopi Eksis Sejak 2018

Sekutu Kopi
Bar dan area barista di lantai satu (c) Nurlaili Sholaikah/Travelingyuk

Kedai Sekutu sudah meramaikan blantika coffee shop Solo sejak 2018 silam. Mereka tawarkan sensasi ngopi yang tak hanya nyaman, namun sekaligus menyenangkan. Begitu pertama menjejakkan kaki di sini, Teman Traveler bakal langsung disambut area bar dan meja barista yang dipenuhi ornamen bergaya modern di tiap sisinya.

Sekutu Kopi
Meja dan kursi di lantai dua (c) Nurlaili Sholaikah/Travelingyuk

Kedai ini terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama memiliki beberapa meja di dalamnya. Sepertinya khusus untuk pelanggan yang datang bersama rombongan kecil atau sendirian.

Sekutu Kopi
Segelas Es Kopi Deg-Degan (c) Nurlaili Sholaikah/Travelingyuk

Naik ke lantai dua, Teman Traveler akan mendapati ruangan lumayan luas yang didominasi dengan nuansa kayu nan hangat. Sangat cocok buat kalian yang ingin ngopi beramai-ramai bersama sahabat.

Sementara itu, lantai tiga adalah ruangan yang didesain khusus untuk para perokok. Bagaimana Teman Traveler, pilihan area duduknya lengkap banget bukan? Kalian tinggal pilih sesuai mood deh.

Segarnya Es Kopi Deg-Degan

Sekutu Kopi
Es Menipis, Mix Platter dan Es Kopi Deg-Degan (c) Nurlaili Sholaikah/Travelingyuk

Layaknya kedai kopi pada umumnya, Sekutu tawarkan beragam menu menggoda. Jika sedang tidak terlalu lapar, Teman Traveler bisa pesan mix platter berisi sosis, kentang goreng, dan nugget. Sementara untuk minumannya, jangan lupa untuk pesan signature mereka, seperti Es Kopi Subuh, Es Kopi Arumanis, Es Kopi Deg-Degan dan Es Kopi Belia.

Setelah berpikir sejenak, saya lantas putuskan untuk pesan Es Kopi Deg-Degan yang unik. Saat membaca deskripsi menunya, minuman ini ternyata adalah es kopi yang disajikan dengan campuran kelapa muda. Hmm, cukup unik ya Teman Traveler?

dscf1223_DHA.jpg
Daging kelapa muda di dalam kopi (c) Nurlaili Sholaikah/Travelingyuk

Awalnya saya cukup khawatir dengan rasa racikan kopi ini. Namun ketika dicoba, ternyata enak sekaligus menyegarkan. Kehadiran air kelapa mampu menyamarkan pahit kopi. Jadi meski disajikan tanpa susu dan
gula, kopi ini masih bisa dinikmati Teman Traveler yang tak terlalu suka sensasi pahit khas kopi.

Selain itu, lantaran disajikan tanpa tambahan pemanis dan susu, manfaat kopi bisa lebih dirasakan dalam racikan ini. Konon kandungan kafein dalam segelas kopi tanpa gula sanggup tingkatkan metabolisme, hingga cocok untuk menurunkan berat dan membuat badan lebih segar.

Dibuat dengan Cold Brew 

Sekutu Kopi
Es Kopi Deg-Degan (c) Nurlaili Sholaikah/Travelingyuk

Oh iya, Es Kopi Deg-Degan ini dibuat menggunakan metode cold brew. Buat Teman Traveler yang belum tahu, cara ini sedikit berbeda dengan pembuatan es kopi pada umumnya. Tak sekedar menyeduh kopi, membiarkannya dingin, dan kemudian menambahkan es batu.

dscf1218_mgO.jpg
Menikmati kesegaran Es Kopi Deg-Degan (c) Nurlaili Sholaikah/Travelingyuk

Penggunaan metode cold brew akan membuat kopi terasa lebih pekat dan enak. Tambahan es batu takkan merusak rasa kopi, sebab biji kopi yang digiling kasar bakal direndam air dingin selama 12-20 jam sebelum diproses. Semakin lama waktu perendaman, semakin kuat rasa dan aroma yang akan dihasilkan.

Lokasi Sekutu Kopi

dscf1238_hZW.jpg
Situasi di lantai satu (c) Nurlaili Sholaikah/Travelingyuk

Bagaimana Teman Traveler, tertarik mencoba segarnya Es Kopi Deg-Degan? Langsung saja mampir ke Sekutu Kopi. Lokasinya sangat mudah dijangkau karena berada di jantung Solo, tepatnya di Jl. Slamet Riyadi St no. 116, Keprabon, Banjarsari, Surakarta. Mereka biasanya buka mulai pukul 09.00 hingga 00.00. Jangan lupa berkunjung jika sedang menjelajah wisata Solo ya.

Tags
Indonesia Jawa Tengah kontributor kuliner Solo Sekutu Kopi Solo Travelingyuk
Share