Sekarbela, Sentra Kerajinan Mutiara Kualitas Terbaik di Lombok

Jika Teman Traveler sedang menjelajah wisata Lombok dan ingin mencari suvenir memorable, pernak-pernik perhiasan mutiara bisa jadi pilihan tepat. Tak perlu bingung mencari di mana akan membeli, kalian bisa langsung datang ke daerah Sekarbela, Mataram.

03_mutiara_HtX.jpg
Perhiasan mutiara asli Lombok (c) Adhi Kurniawan/Travelingyuk

Sekarbela dikenal sebagai daerah perajin mutiara nomor satu di Mataram. Produk yang dihasilkan benar-benar berkualitas top. Yuk Teman Traveler, simak perjalanan saya selama di Sekarbela.

Mutiara Kualitas Dunia

sekarbela
Cangkang kerang mutiara (c) Adhi Kurniawan/Travelingyuk

Lombok adalah salah satu penghasil mutiara kualitas wahid, tak kalah dengan Tahitian Black Pearls dari Samudera Pasifik atau Akoya Pearls dari Jepang. Mutiara Lombok sendiri merupakan South Sea Pearls, jenis yang tak bisa dikembangbiakkan di sembarang tempat.

Hanya alam Lombok, Sumbawa, dan Papua yang mampu menghasilkan mutiara terbaik dari jenis South Sea Pearls. Nilainya pun konon lebih dari setengah total perdagangan mutiara Asia Pasifik.

Berburu Perhiasan Mutiara di Sekarbela

04_mutiara_hny.jpg
Kalung mutiara (c) Adhi Kurniawan/Travelingyuk

Untuk melihat langsung keindahan mutiara Lombok, Teman Traveler bisa mampir ke sentra kerajinan di Sekarbela. Letaknya tak jauh dari pusat kota Mataram. Produksi perhiasan mutiara di kampung ini sudah berlangsung lintas generasi.

Ada dua jenis mutiara dijual di Sekarbela, yakni mutiara air tawar dan air laut. Mutiara air tawar dibanderol sekitar Rp150 ribuan per butir, sementara mutiara air laut dihargai antara Rp300 ribu hingga Rp500 ribu per gram, sesuai kualitasnya.

Wajar jika harga mutiara air laut lebih mahal, sebab proses budidayanya membutuhkan proses lebih rumit dan waktu lebih lama hingga siap panen.

01_mutiara_Ius.jpg
Perhiasan dijual dengan harga variatif (c) Adhi Kurniawan/Travelingyuk

Jika mutiara sudah diolah menjadi perhiasan, harga jualnya bakal lebih tinggi. Sepasang anting paloma sirkon mutiara Lombok bisa dibanderol hingga Rp1,5 jutaan. Sementara gelang dan cincin mutiara harganya mencapai Rp575 rubuan per buah.

Jeli Membedakan Mutiara Asli dan Tiruan

08_mutiara_vJZ.jpg
Teman Traveler harus jeli dalam memilih (c) Adhi Kurniawan/Travelingyuk

Di tangan-tangan terampil maestro Sekarbela, butiran mutiara dirangkai menjadi beragam perhiasan menawan seperti kalung, cincin, anting-anting, gelang, hingga bros. Namun saat berburu perhiasan di sini, Teman Traveler harus jeli. Kalian harus tahu caranya membedakan mutiara asli dan tiruan.

sekarbela
Perhatikan ciri mutiara asli (c) Adhi Kurniawan/Travelingyuk

Ada beberapa ciri yang bisa Teman Traveler perhatikan. Pertama, mutiara asli memiliki permukaan jernih dan tidak merata sempurna. Selain itu terasa kesat dan agak berpasir. Jika terlalu mulus dan licin, bisa jadi kalian sedang memegang mutiara tiruan. Mutiara asli juga tak mempan digores benda tajam.

Kedua, jika dibakar mutiara asli takkan melepuh dan berubah warna. Permukaannya mungkin bakal sedikit hitam, namun setelah dilap tisu atau kain bersih akan kembali seperti semula. Sementara mutiara tiruan bakal meleleh jika mendapat perlakuan sama.

Ketiga, jika digesek ke permukaan kaca, mutiara asli bakal meninggalkan bekas kapur namun mutiaranya sendiri takkan rusak. Kondisi sebaliknya akan terjadi jika dilakukan pada mutiara palsu.

Terakhir, jika ingin lebih yakin Teman Traveler bisa teteskan cairan aseton ke permukaan mutiara. Mutiara asli akan menjadi lebih bersih, sementara mutiara tiruan bakal berubah buram atau warnanya luntur.

Jangan Sungkan Menawar Harga

sekarbela
Jangan sungkan mencoba (c) Adhi Kurniawan/Travelingyuk

Jika piawai menawar harga di Sekarbela, Teman Traveler akan mendapatkan harga lumayan murah. Apalagi jika dibandingkan harga di galeri perhiasan yang ada di kawasan Senggigi. Tak perlu buru-buru saat membeli, bandingkan dulu harga dari beberapa toko. Setelah mendapat opsi terbaik, barulah lakukan pembelian. Jangan ragu juga untuk memastikan keaslian mutiara.

06_mutiara_bW1.jpg
Mencari ukuran dan model yang pas (c) Adhi Kurniawan/Travelingyuk

Itulah sedikit pengalaman saya berburu perhiasan mutiara di Sekarbela. Bagaimana Teman Traveler, tertarik untuk melakukan hal serupa? Jika kalian sedang menjelajah wisata Kota Mataram dan sekitarnya, bisa luangkan waktu sejenak untuk mampir dan membeli perhiasan berkualitas di sini.

Tags
Indonesia kontributor Lombok NTB Travelingyuk Wisata wisata lombok
Share