Punya Uang Sejuta-an Bisa ke Sumba? Ini Dia Caranya

Sumba adalah salah satu pulau yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Terkenal karena keindahannya yang belum ternodai. Sebagai backpacker, kamu mungkin seringkali kesusahan untuk mengumpulkan budget liburan yang terbilang mahal. Untuk acuan, TravelingYuk sudah merangkum bagaimana dengan uang sejuta bisa ke Sumba. Biar tak semakin penasaran, berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

1. Naik Kapal

sumba
Kapal via Shutterstock

Naik pesawat memang akan lebih cepat sampai pada tujuan. Namun, naik kapal juga bisa jadi alternatif untuk menuju ke Sumba. Meski menghabiskan perjalanan berhari-hari, dengan memilih kapal PELNI KM Awu akan hemat karena hanya menghabiskan budget sebesar 300 ribu rupiah.

Teman Traveler juga perlu tahu kalau ada banyak rute via laut yang bisa dilewati. Salah satunya adalah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya – Pelabuhan Tenanu Kupang yang menghabiskan 4 hari 2 malam. Sebelum berangkat, baiknya jauh-jauh hari rajinlah mengecek situs pelni.co.id untuk menentukan tanggal keberangkatan.

2. Harga Makanan di Sumba

sumba
Bakso via Shutterstock

Harga makanan yang ada di Pelabuhan di Waingapu berkisar 15 ribu – 20 ribu rupiah. Mungkin Teman Traveler belum banyak yang tahu, mayoritas masyarakat Jawa lah yang menghuni kawasan ini. Tak perlu khawatir, kamu bisa menemukan nasi goreng, capcay, pecel, hingga bakso. Jika kamu di sini selama 5 hari, maka cukup menyiapkan sekitar 300 ribu rupiah untuk biaya makan.

3. Luangkan Waktu untuk Eksplor

sumba
Traveling via Shutterstock

Serunya, Teman Traveler bisa mulai mencari hotel dari harga mulai 165 ribu rupiah. Kalau mau lebih seru, kamu bisa juga mencoba menginap di rumah penduduk. Meskipun kamu sudah mendapat tempat menginap yang murah, jangan lupa untuk menghabiskan waktumu di luar. Pastinya, rasa capek itu akan langsung hilang kalau kamu memang niat untuk mengeksplorasi kecantikan wisata Sumba.

4. Sewa Motor

Motorcycle via Shutterstock

Saat ingin berkeliling, Teman Traveler kamu bisa menyewa motor dengan harga 100 ribu rupiah per hari. Jangan lupa, tentukan dulu destinasi mana saja yang akan kamu kunjungi, agar waktu dan tenagamu tidak terbuang sia-sia. TravelingYuk menyarankan untuk mencoba berkeliling ke tempat eksotis yang ada di Sumba Timur.

5. Bawa Tripod atau Tongkat Selfie

Selfie via Shutterstock

Terakhir yang terlihat sepele namun penting, jangan lupa selalu sediakan alat bantu untuk berfoto. Demi menghemat budget, pastinya kamu tidak perlu menyewa fotografer, bukan? Teman Traveler juga bisa meminta tolong sesama wisatawan untuk mengambil foto untukmu.

Siapa bilang ke Sumba mahal? Asal Teman Traveler tahu triknya, dengan uang sejuta-an bisa ke Sumba dan menikmati keindahan sekitar, lho. Berani coba? Jadi kapan nih mulai ngetrip ke Sumba?

Tags
budget Pulau Sumba Sumba Sumba Barat Sumba Timur wisata sumba
Share