5 Pantai di Sumba Timur, Sekali Lihat Pengen Langsung Nyebur

Sumba tak pernah gagal memanjakan mata pecinta alam. Setiap sudut dari pulau ini menawarkan keindahan yang menyegarkan mata. Termasuk pantai-pantai di Sumba Timur yang cantik dengan karakteristiknya masing-masing. Teman Traveler berencana untuk liburan ke Sumba Timur dalam waktu dekat? Berikut pantai cantik yang bisa dikunjungi. Ada yang menjadi tempat surfing para peselancar loh!

1. Pantai Walakiri

Pantai Walakiri
Pantai Walakiri via shutterstock

Nah, tempat wisata di Sumba Timur pertama ini adalah Pantai Walakiri. Destinasi yang memiliki keunikan berupa fenomena sunset yang cantik dan artistik. Pemandangan saat senja tersebut berasal dari siluet pepohonan mangrove yang berliuk bak penari. Biasanya pantai dengan air tenang dan pasir yang landai ini dijadikan spot untuk hunting foto. Terlebih setelah terkenal berkat film Pendekar Tongkat Emas yang menggunakan wisata ini sebagai latar. Tertarik untuk berkunjung ke sini? Langsung saja meluncur ke Desa Watumbaka, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur.

2. Pantai Watu Parunu

Watu Parunu
Watu Parunu via shutterstock

Pantai Watu Parunu terletak di Kecamatan Wulla Waijelu, Kabupaten Sumba Timur. Hamparan pasir putih menjadi salah satu daya tariknya. Terlihat sangat serasi dengan ombak kencang yang menyiram kesegaran. Di sudut lain ada tebing batu putih yang eksotis dengan bagian tengah yang tembus ke bagian lain. Untuk bisa menikmati keindahan di sini, Teman Traveler harus melakukan perjalanan sejauh 135 km dari pusat kota. Jika ingin lebih praktis mengingat aksesnya yang tak bersahabat, sebaiknya sewa motor di Sumba. Pastikan untuk tetap berhati-hati selama perjalanan.

3. Pantai Tarimbang

Pantai Tarimbang
Pantai Tarimbang via shutterstock

Pecinta selancar, pasti tak asing lagi denan Pantai Tarimbang. Bagaimana tidak pantai di Sumba Timur ini memiliki gulungan ombak yang tinggi. Cocok sekali untuk memacu adrenalin menari di atas air. Tarimbang juga dikenal dengan sembilan gulungan ombaknya yang silih datang bergantian. Tak hanya itu, karakteristik pasirnya yang berwarna putih menjadi daya tarik tersendiri. Belum lagi air jernih yang memiliki warna gradasi hijau toska dan biru laut. Pastinya tak akan terlupakan.

4. Pantai Londa Lima

Pantai Londa Lima
Pantai Londa Lima via shutterstock

Berikutnya ada Pantai Londa Lima yang berlokasi di Waingapu. Seperti lainnya, Londa Lima memiliki hamparan pasir yang berpadu dengan golongan ombak. Tidak hanya soal pasir dan ombak, di sini juga terdapat banyak pepohonan yang membuat lebih rindang. Di sudut lain juga terdapat spot foto berupa bangunan dengan tulisan Pantai Londa Lima berwarna merah. Nah, spot ini menjadi tempat paling favorit wisatawan ketika hendak berfoto.

5. Pantai Katundu

Masih sepi dan belum banyak dijelajahi wisatawan adalah ciri khas pantai di Sumba Timur. Termasuk Katundu yang berlokasi Desa Pramadita, Dusun Katundu, Kecamatan Karera. Akses untuk sampai di bibir pantai cukup sulit karena jalan kecil dan berbukit-bukit. Setidaknya sekitar 159 km dari pusat kota. Namun, perjalanan yang melelahkan terbayar lunas dengan pesona alam yang ditawarkan. Pastinya Teman Traveler bakalan betah lama-lama di sini.

Bagaimana, makin tergoda untuk liburan seru ke pantai di Sumba Timur ini kan? Yuk, segera atur jadwal dan ajak temanmu yang hobi mantai. Dijamin liburan makin berkesan.

Tags
Indonesia Nusa Tenggara Timur Sumba Sumba Timur Wisata Sumba Timur
Share