Napak Tilas Sejarah Pers di Indonesia, Datang ke Tempat Ini Saja

Peranan pers tentu bukan hal yang sepele. Tanpanya, arus informasi tak mungkin bisa sederas saat ini. Karena apa yang dibaca atau disaksikan di media massa saat ini tak lain merupakan produksi pers. Kalau kamu mahasiswa Ilmu Komunikasi yang telah berangan-angan untuk menjadi awak media setelah lulus nanti, coba deh datang ke tempat-tempat ini untuk menambah wawasan dan materi diskusi di unit kegiatan mahasiswa.

1. Monumen Pers Solo, Melihat Rupa Koran dari Masa ke Masa

Di dalamnya terdapat sejarah perjalanan pers Indonesia [image source]
Namanya saja Monumen Pers, tentu di dalamnya kamu dapat menemukan segala hal yang terkait dengan perjalanan jurnalis dari masa ke masa. Salah satu koleksi terbaru yang dimiliki museum peninggalan Mangkunegara VII ini adalah koran-koran terbitan zaman penjajahan Belanda, Jepang, Masa Revolusi, Orde Lama, Orde Baru dan Reformasi. Koleksi lain adalah film dokumenter yang menceritakan sejarah berdirinya tempat ini.

Monumen Pers Nasional di Solo [image source]

2. Kantor Medan Prijaji, Saksi Media Cetak Pertama di Bandung

Gedung berwarna pink bekas gedung Medan Prijaji [image source]
Medan Prijaji adalah sebuah surat kabar di Bandung yang terbit pertama kali pada tahun 1907. Sayang, gerakannya harus terhenti pada tahun 1912 karena pemiliknya, Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soerjo, ditangkap dan diasingkan oleh Belanda. Namun saat ini bangunan ex kantor Medan Prijaji masih tetap berdiri dan menjadi Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan sekaligus cagar budaya milik Kota Bandung

Menjadi Yayasan Pusat Kebudayaan [image source]

3. Melihat Mesin Cetak Lawas di Pikiran Rakyat Bandung

Mesin cetak di depan kantor Pikiran Rakyaat [image source]
Mulai tahun 1971, Koran Pikiran Rakyat adalah salah satu surat kabar tersohor di Kota Bandung. Terdapat sebuah benda unik yang terpasang di bagian depan bangunan dan berfungsi sebagai kantor surat kabar. Di bagian depan, tepat bersandingan dengan pedestrian, terdapat sebuah monumen mesin cetak koran. Tentunya sebagai calon jurnalis kamu perlu tahu juga dong bagaimana proses mencetak sebelum segalanya beralih ke digital seperti saat ini.

Kantor Berita di Pikiran Rakyat [image source]

4. Padang, Tempat Lahirnya Surat Kabar Pertama Pribumi

Landmark Kota Padang [image source]
Warta Berita adalah media cetak yang dimiliki dan dikelola oleh pribumi. Dibentuk oleh Datuk Sutan Marajo pada 1901, Warta Berita adalah koran dengan bahasa Indonesia dan ditulis dengan huruf latin. Hari ini, Padang menjadi tuan rumah untuk peringatan Hari Pers Nasional yang diperingati setiap tanggal 9 Februari. Bahkan Presiden Jokowi pun turut hadir untuk meramaikan.

Jam Gadang [image source]
Tempat-tempat yang berkaitan dengan sejarah memang menarik untuk sebagian orang. Apalagi untuk mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan peminatan media massa. Atau kamu termasuk salah satu orang yang memiliki passion untuk menjadi jurnalis?

Tags
Hari Pers Nasional Indonesia Jawa Barat Jawa Tengah Sumatera Barat Wisata
Share