4 Sego Sambel yang Pedasnya Menggugah Selera, Ini Daftarnya?

Advertisement
Advertisement

Hidangan tanah air selalu identik dengan sambal. Tak heran jika jenisnya sangat banyak. Salah satunya sambal tomat yang langsung dituangkan di atas nasi hangat. Beberapa orang mengenalnya dengan nama sego sambel. Tempat makan yang menyajikan menu ini juga tidak sedikit. Bahkan, ada yang direkomendasikan oleh Alm Bondan Winarno. Nah, di mana saja warung sego sambel khas Nusantara yang kepedasan sambalnya menggugah selera? Berikut rangkumannya.

1. Sego Sambel Mak Yeye, Surabaya

Sego Sambel Mak Yeye, Wonokromo
Sego Sambel Mak Yeye, Wonokromo via instagram/@amazingindonesiafood

Pecinta kuliner Surabaya pasti tak asing lagi dengan warung Sego Sambel Mak Yeye. Letak warung ini berada di Jalan Jagir Wonokromo Wetan, Surabaya. Seporsi sego sambel khas Nusantara di sini berupa nasi hangat, lauk dan siraman sambal. Pilihan lauknya sangat banyak, mulai dari tempe goreng, telur dadar, hingga ikan pe. Untuk harganya rata-rata Rp18.000, tergantung lauk yang kamu pilih. Ingat, warung makan ini hanya buka tengah malam, yaitu mulai dari jam 9 malam hingga 4 pagi.

Sego Sambel Mak Yeye
Sego Sambel Mak Yeye via instagram/@amazingindonesiafood

2. Sego Sambel Iwak Pe, Jogja

Sego sambel Suroboyo Iwak Pe, Jogja
Sego sambel Suroboyo Iwak Pe, Jogja via instagram/@eatventure.inc

Kuliner pedas di Jogja banyak. Selain oseng-oseng mercon, kamu juga dapat menemukan warung sego sambel. Salah satunya di Jalan Seturan raya Jogja, namanya Sego Sambel Suroboyo Iwak Pe. Menu komplitnya terdiri dari seporsi nasi, telur, tahu, tempe, dan ikan pe. Hingga artikel ini ditulis harganya sekitar Rp15.000. Tentu saja dengan siraman sambal istimewanya. Seperti Warung Mak Yeye, di sini juga malam hari mulai jam 9 hingga 2 pagi.

Sego sambel Suroboyo Iwak Pe
Sego sambel Suroboyo Iwak Pe via instagram/@jogjabikinlaper

3. Sego Sambel Pak Ndut

Sego Sambel Pak Ndut
Sego Sambel Pak Ndut via instagram/@kulinergresik

Berbeda dengan lalapan, sego sambel disajikan tanpa ada tambahan sayur seperti kol, kacang panjang, mentimun serta kemangi. Seporsinya hanya terdiri dari nasi hangat, beragam lauk dari tempe hingga ikan pe serta sambal. Selain itu, ikan wader juga sering dijadikan lauk. Seperti di warung Sego Sambal Pak Ndut. Letaknya sendiri di Jalan Panglima Sudirman Gresik yang buka dari jam 10 siang hingga 10 malam.

Sego Sambel Pak Ndut, Gresik
Sego Sambel Pak Ndut, Gresik via instagram/@kulinergresik

4. Sego Sambel Cak Yudhiss

Sego Sambel Cak Yudhiss
Sego Sambel Cak Yudhiss via instagram/@kulinergresik

Selain Sego Sambel Pak Ndut, ada satu lagi tempat makan yang menawarkan seporsi nasi dengan siraman sambal. Namanya Sego Sambel Cak Yudhis di Jalan Jaksa Agung Suprapto. Letaknya persis di seberang SMPN 1 Gresik. Tempat makan ini siap memanjakan lidahmu dengan seporsi nasi hangat, tempe serta sambal tomat yang warnanya merah. Tak lupa pula aneka lauk menggiurkan seperti ikan asin dan ikan pe. Hingga artikel ini ditulis, harga minimalnya Rp16.000. Sangat terjangkau untuk porsi melimpah. Berniat mampir ke sini? Ingat, warung Cak Yudhiss buka dari jam 5 sore hingga 2 pagi.

Sego Sambel Cak Yudhis
Sego Sambel Cak Yudhis via instagram/@kulinergresik

Bagaimana, sudah coba salah satu sego sambel khas Nusantara ini? Tak hanya enak, pedasnya juga bikin ketagihan. Setuju kan?

Advertisement
Tags
Gresik Indonesia Jakarta Jogja Surabaya
Share