8 Cara Abisin Duit THR, Buat Libur Lebaran 11 Hari

Siapa, nih, yang udah dapat Tunjangan Hari Raya alias THR? Pasti semua merasa seneng, kan? Eits, tapi jangan langsung dibelanjain, loh. Masih ada banyak cara buat abisin duit THR. Salah satunya untuk alokasi dana libur lebaran 11 hari. Yuk, disimak ulasan berikut.

Sebelum Lebaran, Sisihkan Buat Zakat

Ilustrasi Bayar Zakat via Shutterstock
Ilustrasi Bayar Zakat via Shutterstock

Teman Traveler Muslim yang dana THRnya sudah turun, ada baiknya sebagian disishkan buat zakat. Tentunya yang paling wajib adalah zakat fitrah, kalau mempunyai rezeki lebih boleh banget loh sekalian zakat mal. Bulan ini adalah momen yang tepat untuk lebih banyak berbagi. Teman Traveler setuju?

Alokasi Buat Transportasi Mudik dan Balik

Ilustrasi Transportasi Mudik via Shutterstock
Ilustrasi Transportasi Mudik via Shutterstock

Udah siap-siap mudik 2019? Semua jenis transportasi umum tarifnya naik ketika musim libur lebaran tiba, kan? Nah berkat adanya THR, Teman Traveler jadi bisa mengalokasikannya untuk transportasi mudik maupun balik.

Untuk Dana Kulineran di Kampung Halaman

Abisin Duit THR
Ilustrasi Kulineran via Shutterstock

Makanan akan selalu melimpah selama berada di kampung halaman. Teman Traveler tidak akan kehabisan asupan gizi, baik di rumah sendiri maupun tetangga dan keluarga. Tapi terkadang godaan begitu kuat untuk eksplorasi kuliner khas daerah. Tidak usah ditahan, Teman Traveler boleh abisin sedikit duit THR buat kulineran di sana.

Beli Kuota Internet, Upload Foto Lebaran Sepuasnya

Ilustrasi Upload Foto Lebaran via Shutterstock
Ilustrasi Upload Foto Lebaran via Shutterstock

Aktivitas lebaran mulai dari makan di rumah sampai keliling ke rumah keluarga besar, memang pantas buat diabadikan. Bukan cuma buat disimpan di memori hape, tapi sekalian upload ke Instagram. Demi menunjukkan momen kebersamaan, kan.

Tentunya butuh kuota limited supaya tidak usah bingung mau upload yang mana. Jadi bisa aja abisin sebagian kecil duit THR untuk beli kuota internet. Teman Traveler biasanya begitu?

Buat Kasih Galak Gampil ke Adek-adek Kecil

Abisin Duit THR
Ilustrasi Kasih Galak Gampil via Shutterstock

Walaupun THR belum banyak, rasanya pengin ngasih sedikit galak gampil alias uang saku ke sepupu atau keponakan yang masih kecil-kecil. Berasa jadi kakak yang keren, deh. Tidak perlu banyak-banyak, yang penting niat buat berbagi. Coba aja alokasikan dari duit THR.

Demi Libur Lebaran 11 Hari

Abisin Duit THR
Ilustrasi Liburan ke Sekitaran via Shutterstock

Sudah lihat kalender betapa panjangnya libur lebaran tahun 2019 ini? Sampai hampir 2 minggu, loh! Tepatnya, Teman Traveler akan bersantai selama sekitar 11 hari. Daripada berdiam diri di rumah, Teman Traveler bisa sekalian jalan-jalan misalnya ke destinasi wisata terdekat atau buka puasa sekalian kulineran.

Alokasikan Untuk Patungan Halal Bihalal Usai Kembali ke Perantauan

Ilustrasi Halal Bihalal via Shutterstock
Ilustrasi Halal Bihalal via Shutterstock

Kalau sudah puas bertemu dengan keluarga di kampung halaman. Inilah saatnya untuk bertemu kembali dengan rekan kerja atau teman kuliah di perantauan. Demi mempererat tali silaturahmi, tidak sedikit yang mengadakan halal bihalal di restoran atau hotel tertentu. Teman Traveler jangan abisin duit THR saat lebaran aja, tapi sisihkan sedikit untuk biaya patungan halal bihalal.

Tetap Siapkan Dana Tidak Terduga

Ilustrasi Dana Buat Perawatan Mobil via Shutterstock
Ilustrasi Dana Buat Perawatan Mobil via Shutterstock

Namanya juga kehidupan, tidak tahu apa yang akan terjadi. Maka dari itu, Teman Traveler sebaiknya alokasikan beberapa lembar duit THR sebagai dana tidak terduga. Misalnya biaya perbaikan dan perawatan mobil setelah dipakai keliling selama 11 hari.

Begitulah paling tidak 8 cara abisin duit THR dengan kegiatan cukup berfaedah. Bagaimana versi Teman Traveler? Duit THR dipakai untuk apa?

Tags
Indonesia Libur Lebaran Mudik 2019 tips dan inspirasi
Share