Sayuran Khas Kalimantan Tengah, Nikmatnya Nggak Setengah-setengah

Selain dikenal dengan wisata alamnya yang indah, kuliner Kalimantan Tengah banyak yang menarik untuk dicicipi. Kebanyakan makanan di sini didasari oleh 3 perpaduan suku yang tinggal di sana, yakni Kutai, Suku Dayak, dan Jawa. Jika sedang jalan-jalan ke tempat ini, jangan lupa mencicipi berbagai kulinernya. Salah satunya adalah sayuran khas Kalimantan Tengah. Yuk intip jajaran sayuran seperti berikut ini.

Terong Mapui

Terong mapui, via Instagram/yulicious09
Terong mapui, via Instagram/yulicious09

Pertama ada yang namanya terong mapui. Ini merupakan makanan yang terbuat dari bahan utama terong yang dibakar sampai empuk. Kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu seperti halnya cabai rawit, serai, terasi, dan juga garam.

Citarasanya pedas, asam, dan manis. Bisa dibilang, terong mapui ini merupakan sambal terongnya masyarakat Kalimantan Tengah. Biasanya, olahan ini dipadukan dengan nasi hangat dan nasi bakar. Membayangkannya saja sudah membuat perut keroncongan.

Juhu Umbut Sawit

Juhu umbut sawit, via Instagram/danniemarcusv
Juhu umbut sawit, via Instagram/danniemarcusv

Juhu umbut sawit memanfaatkan umbut atau pohon kelapa yang masih muda. Bahannya mudah ditemukan di Kalimantan. Tidak hanya umbut saja, biasanya dikombinasikan dengan terong dan ikan baung dan ditambah dengan santan. Citarasanya sendiri adalah asam, asin, gurih, dan sedikit pahit namun masih bisa ditoleransi. Sayuran khas Kalimantan ini biasanya menjadi salah satu menu wajb yang ada dalam acara-acara pernikahan.

Juhu Umbut Rotan

Juhu umbut rotan, via Instagram/pky.foodies
Juhu umbut rotan, via Instagram/pky.foodies

Kemudian ada yang namanya juhu umbut rotan. Bahan utama yang digunakan untuk memasak sayur ini adalah rebung atau rotan yang masih muda. Biasanya dikombinasikan dengan rempah-rempah dan diolah bersama dengan santan, ada juga yang tidak. Untuk membuat rasanya makin nendang, biasanya olahan ini dipadukan dengan nila bakar ataupun ikan patin.

Kalumpe

Karuang, via Instagram/jelitacookpad
Karuang, via Instagram/jelitacookpad

Ada lagi sayuran yang perlu kamu cicip saat berada di Kalimantan Tengah yakni kalumpe atau yang disebut dengan karuang. Ini merupakan makanan yang berbahan dasar daun singkong yang ditumbuk kemudian diolah dengan rempah-rempah dan ditamah dengan santan. Olahan ini merupakan kuliner tradisional khas Dayak yang mudah ditemukan di berbagai tempat.

Juhu Kujang

Juhu kujang, via Instagram/irma_jacob
Juhu kujang, via Instagram/irma_jacob

Juhu kujang merupakan sayuran khas Kalimantan Tengah yang berbahan dasar keladi. Ranaman jenis terna daunnya lebar dan berumbi, banyak ditemukan di alam liar. Biasanya tanaman ini digunakan untuk obat herbal, namun ada beberapa yang membuatnya menjadi masakan. Untuk juhu kujang sendiri biasanya ditambah dengan daun nangka muda, ikan, bumbu-bumbu dan santan.

Menikmati kuliner suatu daerah memang kesempatan yang tak boleh dilewatkan. Jadi, sudah mencicipi kuliner baru dimana akhir-akhir ini?

Tags
Indonesia kalimantan Kalimantan Tengah sayuran khas Kalimantan Tengah
Share