Sayur Khas Kalimantan Tengah, Ada yang Berbahan Rotan!

Setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan beragam. Mulai dari budaya hingga kulinernya. Seperti Pulau Kalimantan yang menjadi topik pembicaraan hangat karena digadang akan jadi ibu kota baru beberapa waktu lalu. Kuliner Borneo nggak hanya masakan berbahan dasar ikan, tapi Kalimantan Tengah juga punya sejumlah sayur khas yang unik. Simak daftarnya yuk!

Kalumpe

Sayur khas Kalimantan Tengah
Kalumpe via Twitter/GreenMerbabu

Makanan khas Kalimantan Tengah yang dijadikan sayur yaitu Kalumpe. Tampilan masakan tradisional suku Dayak ini memang mirip dengan sayur singkong khas Padang namun perbedaannya terletak dari cara pengolahan.

Daun singkong yang digunakan harus terlebih dahulu melalui proses penumbukkan sebelum disatukan ke dalam kuah. Biasanya orang Kalimantan Tengah kerap menambahkan terong pipit ke dalam sayur. Kalumpe akan terasa lebih nikmat jika santap bersama ikan asin dan nasi panas.

Juhu Umbut Rotan

Juhu Umbut Rotan
Juhu Umbut Rotan via Instagram/irsyadwaluyo

Kalau biasanya rotan dijadikan bahan baku dalam pembuatan mebel, namun jika Teman Traveler pergi ke Kalimantan Tengah, akan menemukan sayur bernama Juhu Umbut Rotan. Sayuran ini bisa dikonsumsi karena terbuat dari tunas tanaman rotan muda bernama Umbut.

Cara masaknya mirip dengan sayur rebung. Walaupun dari rotan, setelah diolah teksturnya terasa empuk. Makanan ini bisa disantap dengan ikan nila atau patin bakar, sambal serai, dan lain-lain.

Juhu Kujang

Juhu Kujang
Juhu Kujang via Instagram/duma_pakpahan

Jika sebelumnya terbuat dari tunas rotan yang masih muda, untuk Juhu Kujang bahan dasarnya adalah keladi. Memiliki nama lain gulai keladi, sebelum dimasak daun harus dolah terlebih dahulu.

Tujuannya untuk mengusir rasa gatal yang bisa timbul ketika dihidangkan. Masakan ini juga mengandung bahan tambahan seperti ikan, santan kelapa, serta daun nangka muda.

Tumis Kalakai

Sayur Kalimantan Tengah
Tumis Kalakai via Instagram/dahagalapar

Terakhir ada Tumis Kalakai. Tanaman kelakai memang banyak ditemukan di tanah Borneo dan termasuk jenis paku-pakuan. Sayur ini dikenal kaya manfaat. Biasanya diolah menjadi tumisan atau sup.

Rasanya yang gurih membuat masyarakat suka menyajikan Kalakai sebagai teman nasi dan lauk. Untuk menemukannya juga tak sulit, karena tanaman tersebut tumbuh liar. Sayuran ini juga dijual di beberapa pasar tradisional dengan harga berkisar Rp3000an per ikat.

Teman Traveler pecinta kuliner yang sedang berkunjung ke sana, patut mencoba sejumlah sayur khas Kalimantan Tengah tadi. Bagaimana, berhasil bikin perutmu keroncongan?

Tags
Indonesia Kalimantan Tengah kuliner
Share