Savana Sadengan, Pesona Alam di Tengah Misteriusnya Alas Purwo

Alas Purwo adalah hutan tertua di Jawa yang dikenal menyimpan banyak misteri. Namun terlepas dari hal tersebut, kawasan ini punya sudut alam mempesona bernama Savana Sadengan. Di sini kalian juga bisa melihat sekawanan banteng Jawa yang sudah mulai langka. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Padang Rumput Indah

img_20190811_101947_E7f.jpg
Jalan masuk Savana Sadengan (c) Rosita/Travelingyuk

Alas Purwo masuk dalam wilayah Kabupaten Banyuwangi, kawasan di Jawa Timur yang punya banyak potensi alam memikat. Meski identik dengan cerita-cerita mistis, kawasan yang berada di Kecamatan Tegaldlimo ini ternyata punya sudut cantik bernama Savana Sadengan.

Hamparan padang rumput luas ini juga merupakan ‘kandang’ bagi para satwa penghuni Taman Nasional Alas Purwo. Dengan kawasan mencapai sekitar 80 hektar, tak heran jika Teman Traveler bisa bertemu banyak hewan eksotis di sini.

Savana ini berjarak sekitar dua kilometer dari pintu masuk Resort Rowobendo. Berkendara menyusuri jalan utama Taman Nasional Alas Purwo, Teman Traveler bakal menemukan petunjuk arah menuju sana. Aksesnya masih berupa tanah dan dipenuhi daun-daun kering.

Menara Pantau Berlantai Tiga

img_20190726150505_epJ.jpg
Menara pandang (c) Rosita/Travelingyuk

Berbicara mengenai padang savana di Banyuwangi, selama ini Teman Traveler mungkin lebih familiar dengan Savana Bekol di Taman Nasional Baluran. Namun panorama yang ditawarkan Sadengan tidak kalah cantik lho. Pengelola bahkan sediakan fasilitas khusus berupa pos keamanan berlantai tiga untuk mengamati panorama sekitar dari ketinggian.

Menara ini bisa Teman Traveler sambangi jika kurang puas menjelajah wilayah sekitar savana. Sebab pengunjung hanya boleh melihat-lihat hingga sampai batas pagar kayu. Menaranya sendiri berada tak jauh dari tempat parkir dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Waktu Terbaik Mampir ke Savana

savana sadengan
Pagar kayu pembatas (c) Rosita/Travelingyuk

Ada waktu terbaik untuk mengunjungi Savana Sadengan. Jika ingin melihat banteng Jawa, Teman Traveler sebaiknya berkunjung pagi atau sore hari. Sekitar pukul 06.00-09.00 atau 15.30-17.00. Pada jam-jam tersebut satwa penghuni Taman Nasional biasanya akan keluar mencari makan di sekitar savana. Namun ingat ya, kalian hanya bisa memandangi mereka dari kejauhan.

Kemunculan Banteng Jawa di sini akan lebih banyak saat musim kemarau, lantaran cadangan air di hutan jumlahnya makin sedikit. Namun ingat, butuh kesabaran untuk melihat banteng-banteng ini. Jadi Teman Traveler jangan buru-buru pergi dulu ya.

savana sadengan
Savana dilihat dari menara (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan mengenai Savana Sadengan, salah satu spot yang wajib Teman Traveler kunjungi di Taman Nasional Alas Purwo. Yuk, segera
wujudkan rencana liburan ke Banyuwangi dan jangan lupa mampir ke sini ya.

Tags
Banyuwangi Indonesia kontributor Savana Sadengan Travelingyuk Wisata wisata banyuwangi
Share