Jadi Habitat Hewan, Savana Indonesia Ini Tak Kalah Indah dari Afrika

Keindahan Indonesia tak hanya terpancar dari pesona baharinya. Pesona lain yang tak kalah memikat adalah hamparan perbukitan savana yang ada di beberapa penjuru Indonesia. Bahkan jika disandingkan dengan hamparan savana di Afrika, Indonesia masih mampu bersaing. Empat tempat yang akan disebutkan di bawah ini menjadi contoh bagaimana indahnya lansekap Indonesia.

1. Puru Kambera, Habitat Kuda Sumbawa

Savana Puru Kambera saat kemarau [image source]
Selain savana yang membentang dan pepohonan yang tumbuh dengan jarak cukup jauh, Puru Kambera juga memiliki hal unik lainnya. Salah satunya adalah habitat kuda liar Sumba yang bergerombol dan hidup bebas menghuni savana yang ada di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur ini. Hewan ini lebih sering menampakkan diri di musim kemarau dibandingkan saat penghujan. Saat musim tersebut, kawanan kuda di Pura Kambera akan lebih aktif merumput.

Kuda liar yang hidup di Savana Puru kambera [image source]

2. Rawa Aopa, Habitat untuk Burung Endemik

Perbukitan di Rawa Aopa [image source]
Burung adalah satwa ikonik yang ada di Taman Nasional Rawa Aopa, Sulawesi Tenggara. Terdapat 155 jenis dan 32 di antaranya adalah hewan langka. Seperti Burung Kacamata Sulawesi, satwa yang memiliki lingkaran putih di sekitar matanya. Spesies ini juga yang makin susah ditemukan di tempat lain. Tak hanya itu, kamu juga dapat bertemu dengan segerombolan rusa dan sapi juga.

Burung Kacamata Sulawesi [image source]

3. Taman Nasional Alas Purwo, Tempat Konservasi Hewan Eksotis

Gambar aerial Taman Nasional Alas Purwo [image source]
Tak hanya Afrika yang mempunyai Padang Savana, panorama serupa ini juga ada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi. Kamu dapat bertemu puluhan banteng, rusa, merak hijau, babi hutan, dan satwa liar lainnya. Selain tempat wisata, Alas Purwo juga menjadi tempat konservasi untuk hewan-hewan di atas.

Hewan yang hidup di Alas Purwo [image source]

4. Padang Mengatas, Peternakan Sapi di Perbukitan Sumatera Barat

Lansekap Padang Mengatas [image source]
Sejauh mata memandang kamu akan melihat savana membentang luas yang menjadi tempat sapi ras Zebu dari India untuk merumput. Panorama Gunung Sago ditambah jajaran Bukit Barisan, adalah daya tarik pendukung yang tak kalah indah. Udara yang masih sejuk tentunya juga akan membuatmu enggan beranjak.

Sapi ras India di Padang Mengatas [image source]
Tak hanya Bukit Teletubies yang ada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru saja yang memiliki savana indah. Masih banyak savana lain yang juga menunggu untuk dijelajahi. Namun ke manapun kalian berkunjung, satu hal yang perlu diingat adalah jangan pernah meninggalkan sampah di tempat-tempat indah ini.

Tags
Indonesia Jawa Timur Nusa Tenggara Timur Sulawesi tenggara Sumatera Barat Wisata
Share