Sate Madura Haji Ismail, Langganan Istana Bogor

Siapa yang tidak suka sate? Kuliner satu ini memang termasuk sajian yang ‘Indonesia banget’. Peminatnya datang dari segala rentang usia, termasuk saya. Dalam kunjungan ke Bogor tempo hari, saya mendadak ingat belum pernah menjajal Sate Madura Haji Ismail di kawasan Taman Kencana yang terkenal.

Saking enaknya, saya sempat dengar bahwa Sate Madura Haji Ismail sering jadi langganan Istana Bogor. Hmm, jadi bikin penasaran bukan? Yuk, simak ulasan lengkap saya berikut ini.

Lokasi Strategis

img_20190907_180901_uo5.jpg
Kedai tampak depan (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang belum pernah datang ke Bogor, lokasi Taman cukup mudah dicapai. Jika datang dari arah Stasiun Bogor, jaraknya hanya sekitar dua kilometer. Nah, rumah makan Sate H. Ismail bisa kalian temukan di sisi barat taman, tepatnya di Jalan Ceremai Ujung No.6 Babakan, Bogor Tengah. Faktor lokasi inilah yang membuat warga sekitar juga kerap menyebut tempat makan ini sebagai Sate Taman Kencana.

Sate Ayam dan Sate Kambing

img_20190907_184403_BCh.jpg
Sate kambing sedang dibakar (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Buka tiap hari antara pukul 09.30 hingga 21.30, kedai ini tawarkan menu utama berupa sate ayam dan kambing. Masing-masing dibanderol Rp25.000 dan Rp35.000 per porsi. Lantaran penasaran dengan cita rasanya, saya lantas memesan keduanya sekaligus untuk disantap bersama kawan.

img_20190907_181010_Wi0.jpg
Ratusan tusuk sate (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Melihat daftar menunya, ternyata masih ada sajian lain yang bisa Teman Traveler pilih. Mulai dari sate kulit, sate telur, sop, hingga gulai. Khusus sop dan gulai, kalian bisa pilih varian daging ayam, kambing, maupun sapi.

Porsi Besar dan Mengenyangkan

img_20190907_181943_n6e.jpg
Ukuran dagingnya gemuk (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Tak menunggu lama, pesanan saya pun tiba. Tebakan saya tepat, ukuran daging satenya gemuk-gemuk. Sehingga seporsi untuk dimakan berdua dengan nasi atau lontong pun rasanya sudah bisa bikin kenyang.

img_20190907_181829_46V.jpg
Seporsi sate yang tampak menggiurkan (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Seporsi sate di sini disajikan dengan guyuran bumbu kacang, dicampur sedikit kecap, lengkap dengan taburan bawang goreng dan irisan timun. Setiap tusuknya berisi potongan daging ayam tanpa kulit. Teksturnya terasa lembut dan bikin ketagihan. Ada sensasi rasa gurih dari olahan bumbu kacang ketika disantap. Begitu menggugah selera makan!

img_20190907_181856_A86.jpg
Porsi besar bikin langsung kenyang (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Sate kambingnya tak kalah spesial. Dihidangkan bersama bumbu kecap, ditemani bawang goreng, irisan tomat, bawang merah, dan cabai rawit hijau, aroma daging yang baru dibakar tercium begitu legit. Bikin ingin buru-buru menggigit. Tak perlu usaha keras untuk menyantap hidangan ini, karena teksturnya begitu lembut. Sekali coba, Teman Traveler pasti langsung jatuh cinta.

Langganan Istana Bogor

img_20190907_181145_lPJ.jpg
Juru masak siapkan pesanan (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Selidik punya selidik, Haji Ismail, atau kerap dipanggil Abah, sudah berjualan sate sejak 1965. Awalnya ia hanya berjualan keliling. Barulah di tahun 1970, usaha satenya menempati lokasi yang kini ada di dekat Taman Kencana.

img_20190907_184215_wuD.jpg
Ramai pelanggan (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Berjualan lebih dari lima dekade, tak heran jika sate ini selalu jadi serbuan warga Bogor. Memasuki akhir pekan, makin malam meja-meja di sini bakal makin ramai.

Saking lezatnya, sate ini bahkan mencuri perhatian Istana Bogor. Beberapa kali Sate Haji Ismail kerap diundang untuk menjamu para pejabat dan tamu-tamu negara. Tak heran, mengingat kualitas dan rasa sate di sini benar-benar jempolan.

img_20190907_183017_fxP.jpg
Kapan kalian kulineran di sini? (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Itulah sedikit pengalaman saya menyantap nikmatnya di Sate Haji Ismail Taman Kencana. Buat Teman Traveler yang sedang menjelajah wisata Bogor, wajib mampir langsung untuk membuktikan sendiri kelezatannya. Selamat mencoba!

Tags
Bogor kontributor kuliner bogor sate madura Travelingyuk
Share