Sate Lokan, Khas Pesisir Minang yang Menggugah Selera

Sumatra Barat dikenal punya khazanah kuliner yang kaya dan menggugah selera. Jenis sajian di Ranah Minang memang cukup beragam, termasuk sate-nya. Jika selama ini Teman Traveler hanya mengenal sate sapi dan ayam, maka di Sumbar ada yang namanya Sate Lokan.

Lokan merupakan hewan laut sejenis kerang, namun ukurannya lebih besar dan dagingnya lebih tebal. Hidangan ini cukup mudah ditemui di daerah pesisir seperti Pasaman, Padang, Pariaman, dan Pesisir Selatan. Penasaran? Yuk, simak ulasan saya selengkapnya soal Sate Lokan.

Bentuknya Unik 

img_20190909_165120_01_fgw.jpeg
Kerang berukuran besar ditusuk via Instagram.com/infosumbar

Sate memang umumnya dibuat dengan bahan dasar potongan daging ayam, kambing, atau sapi. Namun Sate Lokan sedikit berbeda karena dibuat dari daging kerang. Hal ini membuat bentuknya terlihat unik, dengan potongan yang sedikit lebih besar. Satu tusuk sate ini biasanya terdiri dari tiga hingga empat lokan. 

Kaya Rempah

img_20190909_194324_01_RvK.jpeg
Makin nikmat ditaburi bawang via Instagram.com/wulangelis

Sebagai salah satu kuliner khas Minang, sate ini menawarkan cita rasa berbeda dibanding makanan sejenis. Bumbunya kaya rempah, mirip seperti rendang. Semuanya dibalurkan merata ke setiap tusukan lokan sebelum dibakar, menghasilkan aroma yang begitu wangi dan menggoda. 

whatsapp_image_2019_09_09_at_20_s7m.jpeg
Beberapa ketupat di gerobak sate (c) Nella Mr/Travelingyuk

Dari segi rasa, bumbu yang digunakan juga mirip rendang. Rasanya bakal menyatu dengan tekstur lokal yang cenderung kenyal. Hidangan ini biasanya disajikan bersama potongan ketupat dan taburan bawang goreng. Bagaimana Teman Traveler, sudah kebayang nikmatnya sate ini?

Harga Super Murah 

img_20190909_wa0019_01_Aso.jpeg
Salah satu kedai sate di Padang (c) Nella Mr/Travelingyuk

Inilah yang Teman Traveler nanti-nanti, informasi soal harga. Kalian tak perlu khawatir karena kuliner satu ini tidaklah mahal. Bisa banget jadi sajian mantap untuk mengisi perut saat jam makan siang maupun malam. Ditambah lagi aroma rempahnya begitu kuat, berpadu apik dengan cita gurih bercampur pedas. Makin mantap ketika dilahap bersama ketupat.

Sate Lokan biasanya dibanderol Rp2.000 per tusuk. Sementara untuk tambahan ketupat umumnya dibanderol dengan harga sama per bungkus. Cukup bermodal Rp14.000 hingga Rp18.000, Teman Traveler sudah bisa mengenyangkan perut dengan kuliner khas satu ini.

Itulah sedikit ulasan saya mengenai Sate Lokan, sebuah kuliner khas yang punya cita rasa nendang dengan bumbu kaya rempahnya. Jika Teman Traveler sedang menjelajah wisata Sumatra Barat dan sekitarnya, jangan lupa mampir untuk mencicipi sajian satu ini ya.

Tags
kontributor kuliner sumatra barat sate lokan Sumatra Barat Travelingyuk
Share