Sate Kolombi Khas Minahasa, Rasanya Siap Membuatmu Kecanduan

Indonesia memiliki kekayaan yang luar biasa. Tak hanya keindahan alamnya, budaya Tanah Air pun menjadi daya tarik yang membuat wisatawan terus berdatangan. Tak ketinggalan kuliner nusantara yang sukses bikin rindu. Ada beragam sajian unik Indonesia yang bikin penasaran, salah satunya adalah sate kolombi khas Minahasa. Bukan daging ayam atau kambing, tapi menggunakan siput danau sebagai bahan utamanya. Seperti apa sih?

Kolombi di Danau Tondano

Danau Tondano via Instagram @indonesiajuara

Siput danau atau warga setempat menyebutnya kolombi banyak ditemukan di Danau Tondano. Kolombi berbentuk lebih besar daripada siput biasa, ada yang memiliki warna keemasan dan hitam. Siput danau ini biasanya muncul ke permukaan air saat matahari belum terik, karena kolombi akan menyelam ke danau kalau cuaca panas.

Gunakan Sambal Minahasa

Sate Kolombi di Boulevard Tondano via Instagram @mdofoodies

Selain tekstur kenyal siput, yang membuat sate ini banyak diburu adalah bumbunya. Memasaknya menggunakan cara tradisional, dibakar di atas tungku arang batok kelapa. Sambal Minahasa dibuat khusus untuk menyempurnakan kelezatan sajian ini, dengan citarasa pedas dan aroma jahe yang cukup kuat.

Pendamping Sate Kolombi

Pisang Goroho Goreng via Instagram @muncuang_travel

Selain enak dimakan begitu saja, pecinta kuliner juga bisa makan sate ini dengan jagung bakar atau pisang goroho, yaitu pisang yang digoreng tanpa tepung. Pedasnya makanan ini dipadu dengan gurihnya pisang goroho malah bisa bikin nggak berhenti makan. Teman Traveler juga bisa memesan segelas teh hangat atau kopi panas untuk pelengkap.

Boulevard Tondano

Penjual Sate Kolombi via Instagram @ariiaan

Pecinta kuliner bisa mengunjungi kawasan kuliner di Boulevard Tondano yang memang menyajikan sate kolombi. Terletak di kawasan persawahan yang asri terdapat banyak warung yang menyajikan berbagai macam kuliner. Namun jangan sampai tidak menjajal kuliner satu ini kalau sudah berada di Boulevard Tondano. Menikmati sate yang sedap sembari merasakan semilir angin sawah, tentu menyenangkan.

Percaya kan kalau Indonesia memiliki beragam daya tarik, termasuk dari kulinernya. Bagaimana, apakah Teman Traveler sudah siap menjajal sate kolombi langsung di Minahasa?

Tags
Indonesia kuliner minahasa Sate Kolombi Sulawesi Utara Tondano
Share