Sate Kambing Muda Hotplate Mbalong, Kuliner Sleman dengan Rasa Nendang

Siapa yang hobi kulineran olahan daging kambing? Jogja khususnya Sleman memang tempat yang tepat untuk berburu menu ini. Ada satu tempat yang menawarkan sate dan tongseng dengan sajian berbeda. Bukan di piring tapi di atas hotplate. Nah, nama adalah Sate Kambing Muda Hotplate Mbalong. Penasaran seperti apa menu di rumah makan ini? Yuk, simak ulasan dari Kontributor Travelingyuk, Annissa Saputri berikut

Letak Rumah Makan Mbalong yang Strategis

Rumah Makan Mbalong Berbah oleh Annissa Saputri
Rumah Makan Mbalong Berbah (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Jika Teman Traveler liburan di daerah Sleman, mampir di Mbalong adalah pilihan tepat. Buka dari pukul 09.00 hingga 21.00 WIB, rumah makan ini beralamat di Jogotirto, Berbah, Sleman di mana lokasi ini berada tak jauh dari objek wisata Lava Bantal. Sesuai dengan namanya, menu andalan di sini adalah sate kambing. Namun, tempat makan ini juga menyediakan menu lain. Soal harga, tidak perlu khawatir, karena cukup terjangkau.

Spesialis Kambing Muda

Spesialis daging kambing muda oleh Annissa Saputri
Spesialis daging kambing muda (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Daya tarik dari Sate Kambing Muda Hotplate Mbalong berasal dari dua hal. Salah satunya penggunaan bahan yang spesial, yaitu kambing muda. Jenis daging ini dipercaya memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan kambing dewasa. Selain rendah lemak, daging ini memiliki kandungan protein, zat besi, antioksidan, vitamin, mineral, dan sebagainya.

Penyajian Unik dengan Hotplate

Penyajian unik dengan hotplate oleh Annissa Saputri
Penyajian unik dengan hotplate (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Setelah dibakar, sate biasanya disajikan dalam piring lengkap dengan sambal kecap atau saus kacangnya. Namun di sini berbeda, karena disajikan menggunakan hotplate, wadah berbentuk piringan besi yang dilengkapi dengan alas kayu di bawahnya. Selain unik, penggunaan hotplate ini agar panas sate bertahan lama. Tentunya, letupan bumbunya yang membalut daging sate bikin ngiler. Setuju kan?

Sajian Istimewa yang Menggoda

Sate kambing muda hotplate oleh Annissa Saputri
Sate kambing muda hotplate (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Harga menu andalan di sini dibanderol Rp20.000 per porsi dengan isi enam tusuk. Ukurannya besar dan pastinya bakalan puas. Di awal memesan, kita akan ditawari saus yang dipilih. Ada saus kacang, sambal kecap, atau keduanya. Seperti pada umumnya, menu ini disajikan bersama dengan irisan kubis, tomat, dan bawang merah.

Daging empuk, bumbu meresap oleh Annissa Saputri
Daging empuk, bumbu meresap (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Ketika sate hotplate tersaji di meja, aromanya begitu menggoda. Dan memang benar, tekstur dagingnya empuk dan tidak melakukan perlawanan ketika digigit. Bumbunya meresap ke dalam dan bakarannya pas. Satu lagi yang penting adalah daging tidak ‘prengus’. Enam tusuk sate dalam keadaan panas karena hotplate, tentu cocok disantap dengan nasi putih. Dicampur dengan bumbu kacang atau sambal kecapnya, rasa sate menjadi lebih sempurna.

Menu Hotplate Lain yang Tak Kalah Nikmat

Tongseng hotplate oleh Annissa Saputri
Tongseng hotplate (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Meski spesialis sate kambing, namun di Mbalong juga menyediakan tongseng kambing hotplate. Satu porsi dibanderol dengan harga Rp12.000 dan kita sudah bisa menikmati tongseng dengan sensasi yang berbeda. Kuahnya gurih khas santan dan pedas dengan rasa cenderung seperti gulai. Terdapat juga potongan tomat dan kubis menambah lengkapnya tongseng.

Tengkleng kambing oleh Annissa Saputri
Tengkleng kambing (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Selain sate dan tongseng, ada menu lain yang tidak boleh dilewatkan yaitu tengkleng. Hanya dengan harga Rp12.000 kita akan mendapat lima potongan balungan kambing lengkap dengan daging yang disajikan dengan kuah segar. Kuah santan kentalnya berwarna merah dengan perpaduan rasa gurih dan asin. Untuk menu tengkleng ini tidak disajikan dengan hotplate, tapi rasanya tak kalah sedap .

View Pedesaan dan Fasilitas yang Ditawarkan

Area outdoor oleh Annissa Saputri
Area outdoor (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Rumah makan ini terdiri atas area outdoor dan indoor. Di bagian outdoor terdapat gazebo dengan pemandangan ladang jagung di depannya. Lokasi ini memang jauh dari keramaian dan tidak banyak kendaraan. Rumah makan Sate Kambing Muda Hotplate Mbalong ini cocok bagi Teman Traveler yang ingin bersantap tapi jauh dari keramaian. Bagi yang ingin mengadakan acara, tempat ini juga cocok karena menawarkan fasilitas tempat pertemuan dan pesta.

Rasanya nendang di lidah oleh Annissa Saputri
Rasanya nendang di lidah (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Penyajian dengan hotplate serta penggunaan daging kambing muda menjadi daya tarik dari tempat makan ini. Harganya juga terjangkau. Bagaimana dengan Teman Traveler? Berminat untuk mencoba kuliner di Sate Kambing Muda Hotplate Mbalong ini kan?

Tags
Indonesia Jogja kuliner Sleman Travelingyuk Yogyakarta
Share