8 Ide Olahan Daging Qurban yang Simple dan Anti-Mainstream, Langsung Praktekkan!

Idul Adha sudah datang. Bagi yang merayakan pasti akan ada banyak persediaan daging kambing atau sapi yang melimpah di rumah. Dimasak sate, gulai, dan tongseng? Itu sudah biasa. Kini saatnya membuat masakan yang unik dan berbeda. Masaknya simple, bahannya mudah, tapi hasilnya dijamin enak. Sambil baca, dicatat ya bahan ide olahan daging qurban dari Kontributor Travelingyuk, Annissa Saputri yuk.

Sushi Roll

Sushi isi sapi via Annissa Saputri
Sushi Roll (C) Annissa Saputri/Travelingyuk

Pasti sudah tidak asing dengan masakan asal Jepang ini. Sushi yang biasanya terdiri dari sayuran dan daging tuna atau salmon, memang sudah menjadi favorit semua kalangan. Kita pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Namun tak perlu khawatir, tak ada salmon, daging qurban pun jadi. Sekarang saatnya berinovasi untuk mengkombinasikan daging sapi dalam sushi.

Bahan yang perlu disiapkan tentu saja nasi ketan atau nasi putih biasa juga tidak masalah. Selanjutnya sayuran seperti wortel dan timun, daging sapi yang telah dimasak dengan bumbu dan nori. Dagingnya bisa dimasak dengan kecap atau tumis biasa dengan bumbu penyedap. Setelah semua bahan siap, tata isian di atas nasi dan gulung dengan rapi. Sushi roll daging sapi siap disajikan. Olahan daging qurban yang satu ini mudah, bukan?

Steak

Steak simple tapi lezat via Annissa Saputri
Steak (C) Annissa Saputri/Travelingyuk

Siapa yang tidak suka dengan masakan satu ini? Selain simple bikinnya, bahannya pun juga tidak banyak. Daging dipotong melebar dan dilumuri dengan merica dan garam. Untuk memasaknya cukup menggunakan teflon dan tunggu hingga kematangannya pas.

Untuk sausnya kita juga bisa memasaknya sendiri. Berbahan tepung maizena, saus tomat, kecap, lada hitam, bawang bombay, dan bumbu lainnya sesuai selera. Jangan lupa untuk tambahkan pelengkap seperti wortel, kentang, buncis, dan jagung yang telah direbus. Steak bikinan sendiri siap disantap. Soal rasa olahan daging qurban yang satu ini tak kalah dengan sajian ala restoran.

Kebab Kulit Lumpia

Kebab daging sapi dengan kulit lumpia via Annissa Saputri
Kebab (C) Annissa Saputri/Travelingyuk

Cobalah mengolah camilan yang sangat mudah dibuat. Sebenarnya bisa mengolah menjadi kebab atau lumpia. Namun kali ini saya ingin memasak kebab dengan kulit lumpia karena mengingat bahan yang mudah dicari. Dagingnya pun tidak dipanggang tapi cukup ditumis dengan berbagai bumbu sesuai selera. Dagingnya bisa dicincang atau diiris tipis-tipis.

Setelah daging sapi dimasak dan matang, siapkan kulit lumpia yang sudah dipanggang dengan teflon hingga kering. Tata daging di atas daun selada kemudian tambahkan sayuran seperti bawang bombay, wortel, dan tomat yang telah dicampur dengan mayonnaise. Gulung kulit lumpia dengan rapi dan sajikan dengan mayonnaise pedas. Kebab kulit lumpia siap untuk menemani kita nonton TV.

Kwetiau Sapi

Kwetiau goreng sapi via Annissa Saputri
Kwetiau (C) Annissa Saputri/Travelingyuk

Memasak mie memang jadi alternatif yang mudah. Apapun bahannya jika dikombinasikan dengan mie pasti tidak akan jadi masakan yang buruk. Saya mencoba mengolah kwetiau dengan daging sapi. Bahan yang digunakan juga mudah tinggal menambahkan sayuran seperti kubis, sawi, daun bawang, dan cabai merah. Bisa juga kita menambahkan sayuran lain sesuai selera.

Semua bahan yang telah siap dimasukkan dalam penggorengan dan dimasak dengan minyak yang sedikit. Tambahkan bumbu seperti saus tiram, kecap manis, kecap asin, bubuk cabe, merica, bawang putih, garam, dan lain sebagainya. Setelah matang, sajikan dalam piring dan santap selagi hangat.

Bakso Bakar

Bakso bakar via Annissa Saputri
Bakso bakar (C) Annissa Saputri/Travelingyuk

Jika mendapat daging berlimpah dan bingung mau dimasak apalagi, kita bisa menyisihkan daging kita untuk dibuat bakso oleh jasa pembuat bakso. Bakso yang sudah jadi pun bisa kita masak menjadi olahan seperti bakso mie, sup bakso, atau bakso bakar.

Ketika kita lapar dan butuh cemilan, tapi tak ingin menghabiskan waktu lama untuk memasak, bakso bakar jawabannya. Bakso tinggal ditusuk dengan tusuk sate kemudian dioles dengan bumbu seperti kecap dan saos. Bisa juga menggunakan bumbu siap saji seperti saos barbeque. Setelah itu bakso tinggal dibakar hingga kecokelatan. Bakso bakar siap disantap bersama keluarga atau teman yang sedang berkunjung ke rumah.

Steamboat

Steamboat via Annissa Saputri
Steamboat (C) Annissa Saputri/Travelingyuk

Steamboat adalah pilihan olahan daging qurban lainnya yang bisa dicoba. Bahan-bahan yang digunakan pun sederhana dan mudah ditemukan. Di sini saya menggunakan tahu putih, jamur, brokoli, kubis, wortel, mie kuning, daun bawang, dan daging sapi tentunya. Saya juga menambahkan bakso daging qurban.

Tata semua bahan dalam panci lalu tambahkan air dan masak dalam api sedang. Setelah mendidih, masukkan bumbu-bumbu seperti minyak wijen, bawang putih, lada hitam, garam, bumbu penyedap, dan sedikit gula jika ingin ada rasa manis atau bubuk cabai jika ingin sensasi pedas. Masak hingga semua bahan matang dan sajikan selagi hangat. Stemboat siap dinikmati beramai-ramai bersama keluarga.

Siomay Sapi

Siomay daging sapi via Annissa Saputri
Siomay Sapi (C) Annissa Saputri/Travelingyuk

Tak ada ikan tenggiri, daging sapi pun bisa dimanfaatkan untuk membuat siomay. Untuk membuatnya, kita menggunakan daging yang sudah digiling halus. Daging bisa digiling sendiri atau digilingkan pada jasa penggilingan. Kemudian diuleni bersama tepung tapioka dan telur serta bumbu-bumbu.

Adonan siomay kemudian direbus. Bisa juga kita kukus atau goreng, semua tergantung selera. Sebagai pelengkap tambahkan kubis, kentang, dan pare rebus serta tahu putih kukus. Jangan lupa saus kacang, kecap, dan saus tomat sebagai penyempurna siomay. Soal rasa, siomay daging sapi tidak kalah dengan siomay tenggiri.

Nugget Sapi

Nugget sapi via Annissa Saputri
Nugget Sapi (C) Annissa Saputri/Travelingyuk

Daging sapi giling yang tersisa bisa kita manfaatkan untuk membuat nugget. Kali ini bukan nugget ayam tapi sapi. Membuatnya sangat mudah, yakni daging giling diuleni bersama tepung terigu, dan bumbu-bumbu. Adonan kemudian dibentuk dan dikukus. Setelah itu adonan dibaluri dengan tepung panir dengan merekatkannya menggunakan telur.

Nugget berbalur panir selanjutnya bisa digoreng hingga kecokelatan. Sisa nugget bisa juga disimpan dalam freezer sebagai stok di kemudian hari. Jadi tidak perlu repot ketika malas memasak, cukup goreng saja nugget sapinya.

Itulah beberapa ide masakan atau makanan yang bisa kita bikin sendiri dengan memanfaatkan olahan daging qurban, baik sapi maupun kambing. Jadi, jangan bingung lagi ketika daging sudah tiba di dapur kita. Yuk coba masak menu-menu di atas!

Tags
Indonesia kuliner olahan daging qurban tips dan inspirasi Travelingyuk
Share