Sate Kambing Mbak Sum, Surga Kuliner Kambing Jogja

Jogja merupakan salah satu kota primadona untuk liburan. Tak hanya keragaman alam indah dan budayanya, Kota Gudeg juga punya banyak destinasi kuliner istimewa. Buat para pecinta kuliner kambing, jangan lupa mampir ke Sate Kambing Mbak Sum.

Sate Kambing Mbak Sum (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Meski lebih dikenal dengan gudeg, ada banyak kuliner Jogja lain yang juga menarik untuk dicoba. Jika Teman Traveler hobi menyantap aneka olahan kambing, langsung saja mampir ke Sate Kambing Mbak Sum. Yuk, simak pengalaman saya makan di warung legendaris ini Teman Traveler.

Eksis Sejak 90an

Area depan tempat makan (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Beralamat di Jalan Bantul no 103, Gedongkiwo, Kecamatan Mantrijeron, Jogja, Sate Kambing Mbak Sum sudah cukup legendaris. Tempat makan ini tercatat sudah eksis sejak tahhun 90an lho Teman Traveler.

Mereka biasanya buka mulai pukul 10.00 hingga 21.00. Soal rasa, kuliner kambing di sini memiliki banyak pelanggan tetap karena cita rasanya sungguh khas dan beda dibanding kedai lain yang sajikan aneka olahan kambing.

Harganya Cukup Terjangkau

Daftar menu (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Sesuai namanya, Kedai Sate Kambing Mbak Sum menyajikan beragam olahan daging kambing. Mulai dari sate, tongseng, gulai, tengkleng, kicik, hingga nasi goreng. Selain itu masih ada beberapa menu masakan lain seperti bebek. ayam goreng, dan ikan goreng.

Bicara soal urusan harga, Teman Traveler tak perlu khawatir. Semua menu di sini dibanderol dengan harga terjangkau. Dijamin isi dompet kalian takkan terkuras usai makan di sini.

Sate Kambingnya Maknyus

Seporsi sate kambing yang menggoda (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Berisi tiga tusuk untuk satu porsinya, sate kambing jadi salah satu menu favorit pelanggan di sini. Dagingnya terasa lembut dan bumbunya sangat meresap. Nikmatnya luar biasa serta mudah dikunyah.

Bau prengus yang identik dengan olahan daging kambing dijamin takkan tercium sama sekali. Tak heran jika sate ini lantas menyandang gelar kuliner legendaris. Harganya juga sangat terjangkau lho Teman Traveler. Seporsi sate kambing bisa kalian tebus hanya dengan bermodal Rp25.000.

Sate Klataknya Bikin Ketagihan

Seporsi Sate Klatak (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang belum rasakan nikmatnya sate klatak, kedai Sate Kambing Mbak Sum adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Di sini seporsinya disajikan terdiri empat tusuk sate. Sangat lezat jika dinikmati dengan bumbu terpisah.

Begitu digigit, dagingnya terasa benar-benar empuk. Agar lebih nikmat, Teman Traveler selanjutnya bisa menyeruput satu sendok bumbu khusus dengan cita rasa gurih. Seporsi sate klatak ini dibanderol dengan harga relatif murah, hanya Rp25.000.

Tongseng & Tengkleng Kambing

Tongseng dan Tengkleng Kambing (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Selain sate, menu favorit lain di sini adalah tongseng dan tengkleng Kambing. Selain harganya relatif murah, hanya Rp30.000, Teman Traveler juga bakal dimanjakan olahan daging lembut, dengan bumbu yang sangat meresap, dan cita rasa gurih memanjakan lidah.

Tempat Makan Nyaman

Suasananya nyaman (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Tak hanya sajikan menu lezat, tempat makan ini juga hadirkan suasana nyaman. Lahannya cukup luas, dengan ventilasi udara yang sangat terbuka. Teman Traveler dijamin bakal ingin berlama-lama di sini.

Homestay Antik

Ada homestay-nya lho (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang butuh penginapan selama liburan di Jogjakarta, tempat makan ini juga sewakan sebuah homestay antik lho. Hampir sekujur bangunannya terbuat dari material kayu. Menginap di sini tentu bakal jadi pengalaman berkesan dan tak terlupakan.

Joglo untuk Gelar Acara

Joglo untuk menggelar acara (c) Billy Ramdani/Travelingyuk

Selain cocok untuk berwisata kuliner, tempat makan ini juga bisa dipilih untuk menggelar acara-acara khusus. Mulai dari resepsi pernikahan, syukuran khitanan, hingga event reunian. Tersedia sebuah joglo luas yang sanggup menampung banyak orang.

Dengan segala kelengkapan dan menu masakannya yang lezat, Sate Kambing Mbak Sum sangat cocok disebut sebagai salah satu surga pecinta kuliner kambing di Jogja. Jika Teman Traveler melewatkan mampir ke sini, siap-siap menyesal lho.

Tags
Jogja Jogjakarta kontributor kuliner Jogja kuliner jogjakarta Travelingyuk
Share