Sate Kambing H. Mamat di Sukabumi, Kuliner Legend yang Pernah Dikunjungi Jokowi

Jelajah wisata di Sukabumi, Jawa Barat ada salah satu tempat makan kondang yang bisa dikunjungi. Yakni Warung Sate Kambing H. Mamat yang sudah melegenda kelezatannya. Selain itu, ada beberapa olahan kambing yang bisa disantap.

Tempat makan di Sukabumi ini sangat kondang, bahkan sekelas Presiden pun pernah mencobanya. Tentunya ini bisa menjadi salah satu rekomedasi jika ingin menyantap kuliner enak di Sukabumi ya.

Kuliner Legendaris di Sukabumi yang Ada Sejak 1970-an

Sate Kambing H. Mamat, via Instagram/dedesolehsaepul
Sate Kambing H. Mamat, via Instagram/dedesolehsaepul

Warung Sate Kambing Haji Mamat ini sudah ada sejak tahun 1976. Sekarang, sudah dikelola oleh Laksmi (42). Dengan hilir mudik pelanggan yang berdatangan, dalam sehari kira-kira warung di sini menghabiskan sebanyak 2-3 ekor kambing setiap harinya. Menu utama yang ditawarkan di tempat ini ada dua macam. Yakni sate kambing bumbu sambal dan bumbu kecap.

Dalam satu porsi terdiri dari 5 tusuk daging sate yang lengkap dihidangkan dengan nasi putih. Menu pendamping lainnya yang bisa dicoba adalah semangkuk sup kambing. Perpaduan sate dan sop kambing yang banyak membuat orang kembali. Rasanya istimewa dan tidak bararoma prengus.

Sate Haji Mamat Gunakan Kambing Muda

Warung yang begitu rekomended, via Instagram/eatoutbdg
Warung yang begitu rekomended, via Instagram/eatoutbdg

Sate di sini memang juara. Karena rasanya yang enak dan teksturnya yang lembut. Daging yang digunakan di sini adalah kambing muda dan diolah dalam kondisi yang sangat segar. Daging kambing setelah disembelih kemudian dipotong lalu ditusuk dan diberi bumbu.

Karena dagingnya masih sangat segar, rasanya juga makin enak saja. Dipadukan dengan sambal kecap atau sambal kacang sama-sama enak. Ada tambahan acar yang bikin rasanya makin nikmat saja. Perlu dicoba jika jelajah Sukabumi.

Pernah Dikunjungi Presiden Jokowi

Jokowi meyantap sate di Warung H. Mamat, via website/antara.com
Jokowi meyantap sate di Warung H. Mamat, via website/antara.com

Nama besar dari Warung Sate Kambing H. Mamat ini sudah terdengar bahkan sampai kalangan Istana Kepresidenan. Pasalnya, pada tahun 2018 yang lalu, Presiden Jokowi turut mampir dan mencicipi sate yang ditawarkan saat kunjungan kerja di Sukabumi.

Bersama dengan para menteri, Jokowi memesan beberapa menu unggulan, yaitu sate kambing, sate ayam, dan juga sopnya yang rekomended.

Lokasi Sate Mamat yang Begitu Strategis

Olahan sate yang begitu menggiurkan, via Instagram/lukisetia
Olahan sate yang begitu menggiurkan, via Instagram/lukisetia

Teman Traveler yang ingin mencicipi sate di sini, bisa langsung saja datang ke alamatnya yang berada di Jl. Ahmad Yani No. 1. Lokasinya berada di jantung Kota Sukabumi, di sebelah Masjid Agung Sukabumi. Bukanya mulai dari jam 10:00 hingga 22:00 WIB. Harga sate di sini juga terjangkau, satu porsinya di bawah Rp20.000-an.

Tempat makan ini merupakan salah satu yang cukup kondang. Jadi kalau kamu kebingungan, bisa bertanya kepada warga setempat ya. Jangan lewatkan kesempatan emas untuk mencicipi sate di Warung Sate Kambing H. Mamat ini.

Tags
Indonesia kuliner sukabumi Sukabumi Warung Sate H. Mamat
Share