Sate Jando Cimandiri, Kuliner Legendaris Sekitar Gedung Sate yang Antrinya Panjang

Isti

Isti

On Indonesia
Sate Jando Cimandiri Sate Jando Cimandiri

Gedung Sate merupakan salah satu bangunan ikonik di Bandung. Tak hanya unik dengan bangunan berarsitektur kolonial Belanda, tempat ini juga memiliki banyak fasilitas yang pasti menambah pengetahuanmu. Menariknya, kuliner di sekitar sini juga enak, bahkan ada yang legendaris. Seperti Sate Jando Cimandiri yang berada di belakang gedung ini.

Kuliner Kaki Lima Favorit Wisatawan

Sate Enak di Belakang Gedung Sate
Sate Enak di Belakang Gedung Sate via instagram/@lets.go.eat

Bukan restoran mewah atau rumah makan lengkap dengan AC. Sate Jando Cimandiri ini dijual sederhana di trotoar jalan belakang Gedung Sate. Tepatnya di Jalan Cimandiri atau berada di depan gedung Magister Ekonomi Terapan Unpad. Pun hanya kuliner kaki lima, penggemar makanan ini cukup banyak. Bahkan, tidak sedikit yang rela antre demi seporsi sate jando. Pembelinya bukan hanya warga lokal, tapi juga wisatawan yang selesai keliling Bandung.

Sate unik di Bandung
Sate unik di Bandung via instagram/@lets.go.eat

Sate Unik dari Gajih

Sate Jando di Bandung
Sate Jando di Bandung via instagram/@capturethefoods

Tak seperti sate pada umumnya, makanan ini sudah dijajakan sejak pagi. Seporsinya terdiri dari beberapa tusuk sate yang disajikan bersama lontong. Sangat sederhana dan disajikan di atas daun pisang yang beralaskan kertas. Bahan sate jando ini terbuat dari bagian lemak susu dari sapi yang disebut dengan gajih. Biasanya, kamu bisa memesan campur dengan sate daging serta ayam yang rasanya tak kalah juara.

Seporsi Sate di Gedung Sate
Seporsi Sate di Gedung Sate via instagram/@duniakulinerbdg

Cita Rasa Unik dari Bumbu Istimewa

Bumbu kacang di Sate Jando
Bumbu kacang di Sate Jando via instagram/@lamakbanagallery

Baik sate sapi maupun jando, melalui proses pembumbuan sebelum dibakar di atas bara api. Daging tersebut dilumuri bumbu kuning yang terbuat dari jahe, kunir, sirih, dan beberapa rempah lainnya. Racikan spesial inilah yang membuat cita rasa dari sate ini meresap hingga bagian terdalam. Konon, resep ini sudah digunakan sejak pertama kali jualan secara keliling di tahun 80-an. Tak heran, jika makanan ini jadi salah satu kuliner legendaris di kota Kembang.

Sate Jando Berbumbu Istimewa
Sate Jando Berbumbu Istimewa via instagram/@ericekos

Bumbu Spesial dengan Tumbukan Kacang Kasar

Sate dengan bumbu istimewa
Sate dengan bumbu istimewa via instagram/@hayurangjajan

Keunikan dari sate jando ini karena teksturnya yang empuk dan kenyal ketika dikunyah. Sangat pas dengan bumbu spesial yang terbuat dari adonan kacang dan kecap. Bumbu tersebut tidak terlalu ditumbuk halus, terlihat dari kasarnya kacang yang berada di sela-sela bumbu. Pun demikian, rasanya mantap. Apalagi kalau satenya masih hangat dan baru diangkat dari pembakaran.

Sate Fenomenal di Kota Kembang
Sate Fenomenal di Kota Kembang via instagram/@rizkihiro

Kuliner kaki lima ini cukup difavoritkan, apalagi saat hari libur. Bahkan, kamu bisa antre hingga sejam untik bisa menikmati jajanan ini. Nah, untuk kamu yang berniat mencobanya, siapkan uang sekitar Rp23.000 untuk dapat seporsi lengkap.