Kuliner Legendaris di Bandung, Jadul tapi Tak Tergantikan

Pesona Bandung memang membuat banyak wisatawan tertarik. Apalagi jika melihat objek wisatanya yang semakin hari bertambah banyak dan mengasyikkan. Namun, tak lengkap jika liburan ke Kota Kembang tapi belum mencoba kuliner yang kelezatannya sudah terkenal sejak dulu. Seperti di bawah ini.

1. Sate Jando Cimandiri

Sate Jando Cimandiri, Bandung
Sate Jando Cimandiri, Bandung [image source]
Jando di sini bukan berarti janda, melainkan gajih yang terletak di bagian punuk atau tulang rawan sapi. Bagian ini pula yang menjadi bahan utama pembuatan sate di Jalan Cimandiri ini. Seporsinya disajikan bersama dengan bumbu kacang yang menggiurkan. Selain gajih, kedai di belakang Gedung Sate ini juga menyediakan sate ayam dan sapi. Konon, kuliner ini sudah populer sejak tahun 90-an. Tentunya, rasa sudah tak diragukan lagi.

Sate Jando Cimandiri
Sate Jando Cimandiri [image source] 

2. Roti Bakar Gempol

Roti Bakar Gempol, Bandung
Roti Bakar Gempol, Bandung [image source]
Meski roti bakar dengan bentuk unik banyak bermunculan, namun kuliner di Jalan Gempol Wetan No. 14 ini tetap difavoritkan. Apalagi kalau bukan Roti Bakar Gempol yang merupakan kuliner legendaris sejak tahun 1958 di Bandung. Jajanan yang pas disantap saat pagi ini diproduksi sendiri. Teksturnya empuk dengan beragam topping seperti cokelat, susu, kacang, selai, telur, serta keju.

Roti Bakar Gempol
Roti Bakar Gempol [image source]

3. Batagor Riri

Batagor Bandung
Batagor Bandung [image source]
Bandung memang ‘surganya’ batagor enak dan legendaris. Salah satu kedai yang terkenal dengan makanan gurih dengan bumbu spesial ini adalah Batagor Riri. Letaknya berada di Jalan Burangrang 21, Bandung. Kuliner ini sudah ada sejak tahun 1985. Tak hanya wisatawan dari luar kota, warung ini juga menjadi langganan arti ibu kota.

Batagor Riri, Bandung
Batagor Riri, Bandung [image source]

4. Es Sekoteng Bungsu

Es Sekoteng Bungsu, Bandung
Es Sekoteng Bungsu, Bandung [image source]
Berburu es segar di Bandung memang menyenangkan. Salah satu yang wajib kamu coba adalah Es Sekoteng Bungsu yang terletak di Jalan Veteran. Buka dari jam 9 pagi hingga 8 malam, warung ini menyediakan es segar yang berisi daging kelapa serta alpukat dengan tekstur lembut. Tentunya, makin seru jika kamu mencobanya bersama pasangan atau teman dekat.

Es Sekoteng Bungsu
Es Sekoteng Bungsu [image source]

5. Ronde Alkateri

Ronde Alkateri, Bandung
Ronde Alkateri, Bandung [image source]
Cuaca dingin di malam hari, bukan berarti waktunya menyudahi jelajah kuliner di Bandung. Pasalnya, ada minungan hangat yang kelezatannya tak terbantahkan. Namanya Wedang Ronde Alkateri yang sudah ada sejak tahun 1984. Seporsinya terdiri dua macam ronde berukuran besar dan kecil, serta jahe yang menghangatkan tubuh. Menariknya, kamu bakalan menemukan kacang tanah di ronde besar yang teksturnya kenyal.

Ronde Alkateri
Ronde Alkateri [image source]
Berbicara mengenai kuliner legendaris di Bandung memang tak ada hentinya. Masih banyak makanan enak yang pastinya enak dan mengenyangkan. Jadi, mana nih yang sudah pernah kamu coba?

Tags
Bandung Indonesia Jawa Barat Kuliner Legendaris
Share